Jam Alarm Fibonacci Ini Pasti Bikin Kamu Makin Melek Pagi-pagi. Ngitung Dulu Sob!

Keberadaan benda yang satu ini emang bikin orang yang bukan morning person alias orang yang susah bangun pagi jadi keki. Yap, siapa sih yang gak benci sama jam alarm? Lagi enak-enak tidur gitu kan, terus tau-tau eh alarm bunyi. Orang lagi mimpi juga, kan jadi nanggung keluarnya. Nanggung keluar dari mimpinya gitu maksudnya. Yah tapi gimana pun alarm itu udah bantuin kamu lho supaya kamu tetep tepat waktu. Makanya ada nih seseorang bernama Philippe Chretien yang pengen bikin varian baru jam alarm.

 

 

Kenalin, ini dia jam alarm Fibonacci, yang akan bikin kamu makin melek kalo dibangunin sama jam ini pagi-pagi. Soalnya kamu harus ngerti dulu Deret Fibonacci, dan kalo mau tau saat itu jam berapa kamu harus pake ngitung dulu.

[caption id=“attachment_19227191682” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Jam alarm Fibonacci" url="http://gizmodo.com/"} {source name=“Jam alarm Fibonacci” url=“http://gizmodo.com/"}[/caption]

Gimana caranya?

Pertama kamu harus tau dulu apa itu Deret Fibonacci. Deret Fibonacci adalah urutan angka yang diciptakan oleh matematikawan Fibonacci Italia di abad ke-13. Urutan dimulai dengan 1 dan 1, di mana setiap nomor berikutnya adalah jumlah dari dua sebelumnya. Nah di jam ini sendiri digunakan 5 angka pertama dari deret Fibonacci, yaitu: 1, 1, 2, 3, dan 5.

Layar jam Fibonacci ini terdiri dari lima kotak yang panjang sisinya cocok dengan lima nomor Fibonacci pertama: 1, 1, 2, 3 dan 5. Kotak berwarna merah menunjukkan jam, dan kotak warna hijau menunjukkan menit. Saat kotak berwarna biru maka artinya digunakan baik untuk jam maupun menit. Kotak putih diasumsikan sebagai null atau diabaikan.

Untuk membaca jam, tambahin aja nilai kotak yang berwarna merah dan biru. Untuk membaca menit, tambahin nilai kotak hijau dan biru. Jumlah nilai kotak menit (0-12) selalu dikalikan dengan 5 untuk mendapatkan waktu yang sebenarnya.

Contoh:

[caption id=“attachment_19227191683” align=“alignnone” width=“476”]{source name="Udah cukup pusing?" url="www.kickstarter.com"} {source name=“Udah cukup pusing?” url=“www.kickstarter.com”}[/caption]

Biar lebih paham coba tonton dulu nih penjelasannya:

Kelemahannya sih cuma satu, yaitu jam ini kurang akurat karena hanya bisa menampilkan menit dalam kelipatan 5. Gak bisa nunjukkin jam 5.31 atau 6.57 gitu misalnya.

Ribet ye. Tapi namanya juga penemuan. Harus menemukan yang belum pernah ada dong. Nah jadinya terciptalah jam alarm Fibonacci ini. Keren kaaan. Cocok nih untuk kado buat para geek.