Dari Hukum Sampe Film Porno, Ini Dia Budaya-budaya Jepang yang Aneh

Kamu selalu melihat Jepang dari kemajuan teknologi dan perkembangannya yang mengagumkan? Boleh aja, gak salah kok. Kalo kamu kagum sama etos kerja mereka, juga mengagumi pelaku seni dari negeri sakura itu pun memang gak ada salahnya. Tapi ada nih yang perlu kamu tau. Di Jepang juga ada lho budaya-budaya aneh yang kamu gak sangka kalo ini beneran terjadi.

 

Hikikomori

[caption id=“attachment_19227191242” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Mengurung diri aja" url="http://www.bigbookstinyvoices.com/"} {source name=“Mengurung diri aja” url=“http://www.bigbookstinyvoices.com/"}[/caption]

Hikikomori ini adalah sebuah fenomena di kalangan remaja Jepang, di mana mereka menarik diri dari kehidupan sosial dan mengurung diri. Mereka menolak untuk keluar rumah dan mengisolasi diri mereka sendiri dari masyarakat luar selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Diduga sih ini muncul karena masalah psikologis, dan bermula dari kecenderungan untuk males sekolah. Mungkin gara-gara sekolah di Jepang itu disiplinnya minta ampun kali ya makanya pada lelah gitu. Apalagi sekarang segalanya bisa online, makin memfasilitasi para Hikikomori ini deh.

 

Kejahatan

[caption id=“attachment_19227191243” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Tok tok tok, nyaring bunyinya" url="money.howstuffworks.com"} {source name=“Tok tok tok, nyaring bunyinya” url=“money.howstuffworks.com”}[/caption]

Kejahatan di sana sebenernya cenderung rendah, dan kepemilikan akan senjata api pun dilarang. Tapi jika terjadi sidang untuk mengadili, hampir dipastikan hukumannya akan masuk penjara. Nah untuk masalah hukuman mati, setiap tahun ada 2-3 orang tahanan dieksekusi gantung. Gak seperti negara kebanyakan, si terpidana mati dan keluarganya akan diberi tau kalo waktu mereka udah abis alias udah saatnya mereka dieksekusi itu hanya beberapa jam sebelum eksekusinya dilakukan! Kejam apa gimana ya? Bagusnya sih si terpidana berarti tuh menjalani hari-harinya seperti akan menghadapi kematian biasa aja gitu, yang tiba-tiba dan tanpa ada peringatan terlebih dulu, sehingga mereka akan menjalani hidup tanpa beban dan tanpa ketakutan.

 

Budaya karoke dan minum sake

[caption id=“attachment_19227191244” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Mabok sambil nyanyi" url="www.londonpopups.com"} {source name=“Mabok sambil nyanyi” url=“www.londonpopups.com”}[/caption]

Jepang itu adalah di mana budaya karoke berasal. Yap, para pekerja di sana, yang nota bene hampir semua pada stres dan tertekan karena beratnya pekerjaan, menghibur diri mereka sendiri dengan minum-minum sake, sambil bernyanyi di karoke sehabis pulang bekerja. Wajar juga sih, kayaknya narik urat banget kalo kerja pake etos kerja mereka. Emangnya kamu, yang kalo ngerjain skripsi bab 1 baru dapet 3 paragraf langsung istirahat nonton serial 3 episode? Itu sih kayaknya agak berlebihan ya.

 

Kodokushi

[caption id=“attachment_19227191245” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Hati orang tua kodokushi pasti sedih.." url="www.pinterest.com"} {source name=“Hati orang tua kodokushi pasti sedih..” url=“www.pinterest.com”}[/caption]

Gak ada yang lebih tragis dari mati sendirian. Tapi, di Jepang hal ini sering banget terjadi lho. Banyak banget orang renta di sana meninggal di rumahnya sendiri, sendirian. Orang Jepang kan umurnya panjang-panjang tuh, dan fenomena Kodokushi ini kerap dialami sama mereka yang berusia 65-90 tahun. Akibat sedikitnya kenalan yang para orang tua ini miliki dan sedikit pula yang nyariin mereka, kematian mereka menjadi tidak terdeteksi hingga berbulan-bulan lamanya, bahkan hingga mereka menjadi mumi dengan sendirinya dan meninggalkan jejak mumi di tempat tidur. Sedih banget ya…

 

Porn

[caption id=“attachment_19227191240” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Hmm keramiknya bagus ya" url="zbporn.com"} {source name=“Hmm keramiknya bagus ya” url=“zbporn.com”}[/caption]

Ada beberapa budaya unik di porn-nya Jepang. Meskipun kegiatan berhubungan seksual secara hardcore dan eksplisit diperbolehkan di dalam film, tapi genitalia dari si aktor ini harus kudu wajib banget disembunyikan, yang katanya untuk menjunjung tinggi moralitas. Makanya kemudian muncul fenomena bukkake di Jepang, yaitu menampilkan cairan yang sebagai simbolis menunjukkan bahwa si pemain film porno itu memang melakukan hubungan seks.

 

Pachinko

[caption id=“attachment_19227191235” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Pachinko" url="dondake.it"} {source name=“Pachinko” url=“dondake.it”}[/caption]

Pachinko ini seperti percampuran antara pinball dan slot machine, yang mana menggunakan bola dan apabila bola yang dilontarkan itu masuk ke dalam lubang tertentu yang tepat akan mengeluarkan bola yang lebih banyak lagi. Meskipun perjudian itu ilegal di Jepang, tapi si pemenang di Pachinko ini bisa menukarkan poin mereka dengan uang di manapun. Katanya dilarang, tapi difasilitasi. Gimana sih?

 

Yaeba

[caption id=“attachment_19227191237” align=“alignnone” width=“500”]{source name="Duh manis amat neng" url="blog.asiantown.net"} {source name=“Duh manis amat neng” url=“blog.asiantown.net”}[/caption]

Kalo kamu pengen pake kawat gigi biar gigi tonggos kamu rapi dan gingsul gigi kamu yang melintir-melintir gak karuan itu rapi dan rata sama gigi lain, gak begitu yang terjadi di Jepang. Kalo wanita yang punya gigi gak rapi atau bahkan hanya gingsul sedikit atau bahkan punya taring itu malah dianggap lebih menarik dan lebih disukai. Di Jepang, orang yang giginya udah rapi malah pake kawat gigi biar gigi mereka dibikin gingsul dan bertaring. Coba kamu yang punya gingsul atau gigi kamu gak rapi dateng aja ke Jepang siapa tau dapet jodoh.

 

Bunuh Diri

[caption id=“attachment_19227191234” align=“alignnone” width=“560”]{source name="Aokigahara" url="j-cul.com"} {source name=“Aokigahara” url=“j-cul.com”}[/caption]

Meskipun pembunuhan itu hampir gak pernah ditemukan di Jepang, tapi Jepang punya rekor bunuh diri tertinggi di seluruh dunia. Bunuh diri kerap dilakukan dan dianggap lazim untuk menjaga kehormatan keluarga serta harga diri. Paling sering sih bunuh diri dilakukan dengan terjun ke depan kereta yang melaju, dan juga dilakukan di sebuah hutan menyeramkan dekat gunung Fuji yang disebut dengan hutan Aokigahara.

 

Meskipun kamu liat suatu negara tuh kayaknya keren banget, tapi pasti ada sisi gelapnya, seperti yang dimiliki Jepang ini nih. Jadi tau kan budaya Jepang yang absurd alias aneh?

RELATED POST

RECENT POST

Akhirnya Bisa Juga Nonton Konser Paramore di Jakarta


Tahuri, Alat Musik Kerang yang Ajaib dari Maluku


Situs Layanan Informasi Kesehatan DokterBaBe Berganti Nama Jadi OkayDoc


5 Pertanyaan Tentang Video Klip Seringai Bareng Iko Uwais