Teknologi Tak Selamanya Baik. 5 Skill Manusia Ini Sekarang Terkikis Karena Kehadirannya.

Jaman sekarang ini katanya sih udah jaman teknologi. Banyak banget gadget-gadget canggih yang kalau kamu nggak ngikutin perkembangannya bisa bikin kamu ngerasa malu bergaul sama temen-temen kamu. Nah sebenernya teknologi itu sendiri diciptain untuk lebih mempermudah kehidupan manusia. Tapi sekarang giliran teknologinya tambah canggih, giliran skill manusianya yang lama-lama berkurang. Kira-kira skill apa aja sih yang lama-lama bisa terkikis sama teknologi?

Komunikasi

Yang pertama kelihatan banget itu adalah skill manusia dalam berkomunikasi. Emang sih setelah teknologi itu semakin canggih, komunikasi antar manusia juga menjadi lebih cepet. Tapi kan yang kita bicarain di sini bukan masalah kecepatannya, tapi skillnya. Skill manusia untuk berkomunikasi itu pada dasarnya adalah dengan berbicara satu sama lain. Dan dalam berbicara itu pasti dibutuhkan penguasaan teknik berbicara yang baik. Terutama kalau sedang berbicara di hadapan publik. Dengan semakin berkembangnya teknologi, sekarang teknik berbicara mulai tergantikan dengan teknik mengetik. Seseorang akan lebih dianggap keren jika mampu mengetik dengan cepat pada layar yang relatif kecil. Karena itulah semakin lama banyak orang yang jadi nggak pede ketika pengen ngomong sesuatu ke orang lain. Mereka merasa lebih nyaman ngetik aja. Kegiatan sosialisasi di dunia nyata pun mulai diganti dengan nongkrong-nongkrong online.

Chat

ngobrol sama sebelahnya aja sekarang lewat chat…

Matematika

Coba kamu bandingin deh, sekarang ini berapa banyak orang-orang muda yang punya skill melakukan hitung-hitungan perkalian dua digit. Mereka kalau bingung paling ya ngeluarin kalkulator yang rata-rata udah ada di fitur handphonenya, terus mencet-mencet tombol gitu. Katanya sih lebih cepet. Tapi sekali lagi kita kan nggak lagi ngebicarain masalah kecepatan, tapi masalah skill. Bandingin deh sama orang-orang dulu yang begitu bangga sama kemampuan berhitung mereka. Sementara orang-orang jaman sekarang pada payah-payah. Kasir aja sekarang udah nggak bisa ngitung. Kerjaannya cuma scan barcode, terus neken tombol doang, ting, keluar deh hasil itung-itungannya.

Matematika

yuk belajar matematika lagi…

Membaca Peta

Orang dulu jago banget kalau urusan membaca peta atau navigasi. Kalau orang sekarang mah boro-boro. Dikasih koordinat aja bingung itu apaan. Paling-paling ngandelin waze sama google map doang. Terus kalau tersesat di gunung atau di hutan gimana coba. Emangnya di sana ada sinyal? Terus kalau adanya cuma peta, emangnya kamu bisa baca? Ya masih untung kalau petanya lengkap disertain legenda. Lha kalau yang ada itu cuma peta buta. Eh btw ada yang inget kalau dulu pernah diajarin peta buta nggak sih?

Terus orang sekarang itu nggak cuma payah dalam menemukan sebuah lokasi, tapi juga payah dalam navigasi hati. Ya iyalah, masa nemuin cowok atau cewek di sekitarnya aja musti pake aplikasi segala.

Tinder

masa ada cewek-cewek kayak gini disekitar kamu, kamu bisa nggak tau sih???

Menulis

Kemampuan lain yang pelan-pelan diambil alih sama teknologi itu adalah menulis. Maksudnya menulis di sini bukan kemampuan merangkai kata-kata lho ya. Tetapi lebih kepada kemampuan menulis tangan. Karena makin lama makin jarang digunain, tulisan  tangan generasi muda sekarang ini rata-rata jadi jelek. Malahan banyak yang nggak bisa kebaca.

Tulisan Tangan 01

kira-kira ini bacanya apa ya?

Tulisan Tangan 02

kalau ini maksudnya apa sih?

Tulisan Tangan 03

terus Imam Arief Rachman itu siapa?

Hayo coba siapa diantara pembaca MBDC yang tulisan tangannya masih bagus nanti bisa dipost di kolom komentar.

Mengingat

Dengan menggunakan pembelaan teknologi itu sebagai alat untuk mempermudah kehidupan manusia, orang sekarang banyak banget yang males gunain kemampuan otaknya untuk mengingat-ingat sesuatu. Tinggal dicatet di handphone aja terus direminder beres udah. Masalah ntar baterainya habis pas waktu alarm remindernya bunyi itu urusan belakangan. Kan lumayan jadi ada alesan buat lupa.

Lupa

wah iya saya kelupaan…

Nah sekarang biar nggak pada lupa, coba deh kamu inget-inget lagi artikel MBDC favorit kamu. Terus share ya di kolom komentar. Kalau sampe lupa ntar nggak jadi dikasih tau lho siapa foto cewek yang lagi megang kertas tadi. Ya udah komen gih.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!