Sopan Santun Penggunaan Gym

Kamu sering ke gym untuk meningkatkan kebugaran tubuh? Sering diliatin orang di sana? Sering mukanya pada males kalau liat kamu dateng? Itu mungkin karena kamu gak tau sopan santun penggunaan gym. Apa? Ada sopan santun penggunaan gym? Ya iyalah namanya juga tempat umum, pasti ada peraturannya.

Okeh sebelum kamu digebukin seisi gym, MBDC kasih tau sopan santun yang berlaku di gym.

1. Gym Bukan Café

Cuma mau cengar cengir doang sambil sekali-sekali minum air putih atau shaker dan ngobrol Gak usah ke gym deh, bukan tempatnya. Ya tentu aja kamu boleh ngobrol di gym, emang gak ada salahnya. Tapi kalau motivasi kamu ke gym cuma buat kongkow doang, mending ke tempat lain aja ya dari pada menuh-menuhin.

Biasanya orang yang begini nih ke gym cuma biar gak merasa bersalah doang udah bayar bulanan tapi gak pernah dateng. Kalau kamu salah satu dari orang yang suka begini, mending sekalian kamu ngegym beneran deh, toh kamu udah bayar dan udah di gym juga.

[caption id=“attachment_19227175106” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Berotot” url=“http://duniafitnes.com"} {source name=“Berotot” url=“http://duniafitnes.com"}[/caption]

2. Jaga Kerapian

Udah selesai angkat barbell? Abis geser-geser adjustable bench? Rapihin lagi dong. Masa kamu abis angkat-angkat dua puluh kilo kanan kiri tiga set, tapi gak kuat balikin barbellnya ke rak lagi?

Terus kalau mau balikin barbell, sekalian yang rapi lah. Kalau emang udah ada urutan bebannya, jangan ngasal naruhnya. Selain biar enak dilihat, kalau bebannya urut kan jadi gampang nyari beban yang kamu mau. Benchnya juga, kalau dibalikin ke tempat semula kan orang jadi tau kalau kamu udah gak pake lagi, jadi bisa gantian.

[caption id=“attachment_19227175107” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Rapih” url=“http://fitnesmurah.com"} {source name=“Rapih” url=“http://fitnesmurah.com"}[/caption]

3. Jangan Lama-Lama

Ngomong-ngomong soal gantian nih, jangan lama-lama juga kalau kamu pake alat. Iya, kamu emang harus istirahat beberapa menit diantara set, tapi jangan latian 10 menit duduk-duduknya setengah jam dong, yang lain kan juga mau pake alatnya. Orang lain juga bayar membership kok di gym, gak cuma kamu doang. Jadi ya bukan kamu doang yang berhak pake fasilitas gym.

Lagi pula sebaiknya ngegym itu gak terlalu lama juga kok, yang penting efisien. Gitu lhoooo.

4. Jaga Kebersihan

Iya, emang namanya orang olahraga, wajar kalau keringetan. Tapi kalau kamu tau keringet kamu banjir, gak ada salahnya kamu bawa handuk kecil setiap kali ngegym. Terus tentang kebersihan juga, banyak yang dilemma kalau mau ngegym, mandi dulu atau enggak. Banyak yang bilang ngapain mandi kan mau ngegym, tapi kalau badan kamu baunya udah kaya bangke kadal, ada baiknya kamu mandi dulu sebelum ngegym, demi kemaslahatan bersama.

[caption id=“attachment_19227175110” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Tuh si mbak aja bawa handuk” url=“http://worldlifestyle.com"} {source name=“Tuh si mbak aja bawa handuk” url=“http://worldlifestyle.com"}[/caption]

Terus kalau di gym kamu disediain tissue, ada baiknya juga kamu lap alat-alat yang abis kamu pake, berharap orang lain bersihin juga abis mereka pake.

Gitu loh teman-teman. Jangan semena-mena ya di gym!