Kenapa Lukisan Mona Lisa Special Banget?

Kenapa-Lukisan-Monalisa-Special-Banget-

Pasti tau dong lukisan Leonardo da Vinci yang paling terkenal ini? Kalaupun gak tau gambarnya, pasti tau lah nama lukisan Mona Lisa. Tapi sebenernya kamu tau gak sih kenapa Mona Lisa itu spesial banget sampe-sampe udah ratusan taun gini masih tetep diomongin? Enggak tau? Oke MBDC kasih tau ya.

Gambar Perempuan

Sisi yang paling menonjol dari lukisan Mona Lisa ini tentu saja adalah gambar si perempuan ini sendiri. Lukisan perempuan ini sangat detil dan proporsinya sempurna, konon katanya kalau ngelihat lukisan Mona Lisa ini secara langsung, kamu akan berasa seperti ngeliat orang beneran. Segitu detilnya.

Disamping detil dan proporsi yang sempurna, Mona Lisa juga memberikan senyuman yang sungguh unik. Sampai hari ini  banyak apresiator-apresiator seni yang memperdebatkan arti senyum tanggung yang ada di wajah Mona Lisa ini.

Poin ketiga ini mungkin banyak yang gak sadar, Mona Lisa digambarkan menggunakan kerudung transparan di kepalanya lho. Gak lihat kan? Coba lihat lagi dengan seksama. Ini adalah salah satu teknik melukis da Vinci yang sampai sekarang masih dikagumi oleh para seniman.

Selain itu, lukisan Mona Lisa ini juga revolusioner. Pada jaman pembuatan lukisan ini, umumnya sebuah lukisan portrait itu menggambarkan seluruh anggota tubuh si model, dari kepala sampai ujung kaki. Tapi ternyata si da Vinci ini orangnya rebel dan memutuskan untuk menggambar close-up setengah badan.

Model dalam lukisan Mona Lisa ini sendiri juga menyimpan misteri. Siapa dia sebenarnya? Yah ada banyak sih spekulasi tentang ini, salah satu teori yang terkenal mengatakan bahwa Mona Lisa itu self-portraitnya da Vinci sebagai perempuan. Gitu deh.

Background

Background lukisan Mona Lisa ini agak-agak surrealis gitu, dan pada jaman ini tidak ada yang menggabungkan lukisan portrait dengan background surrealis. Lagi-lagi da Vinci pelopornya. Wah bener-bener dah ni orang.

Selain memiliki background yang rada-rada berbau surrealis, lukisan Mona Lisa ini backgroundnya juga fading ke blur gitu. Jadi gambarnya tajem di Mona Lisa, terus makin jauh kebelakang, gambarnya makin blur. Mungkin ini biasa aja buat kita yang udah dimanjain sama kamera-kamera dengan fokus yang tajem. Tapi pada jaman Mona Lisa dibuat, hal ini sangatlah spektakuler. Penikmat lukisan Mona Lisa bener-bener dimanjain oleh teknik melukis da Vinci.

Cerita Pencurian Lukisan Mona Lisa

Ini panjang banget sih ceritanya, tapi kalau kamu pengen tau banget, nih tonton:

Cerita pencurian lukisan ini wow banget, sampe-sampe melipat-gandakan ketenaran lukisan ini.

Oiya info tambahan nih, katanya, da Vinci katanya bisa nulis pake satu tangan dan gambar pake tangan lain dalam waktu yang bersamaan. Gak kaya kamu yang bisanya satu tangan ngupil, satunya lagi benerin orbit.