Istilah Komputer Yang Harus Kamu Tahu Biar Gak Ditipu Abang Komputer

Kamu berminat membeli komputer baru? Atau pengen benerin komputer? Udah tahu pengen punya komputer yang gimana? Emang kamu ngerti spek komputer yang baik buat kamu?

Seringkali ketika membeli komputer baru, kamu dateng ke toko komputer tanpa pengetahuan apapun soal barang yang akan kamu beli. Ngehenya, ketidaktahuan kamu ini biasanya dimanfaatkan sama abang penjual. Tenang. MBDC sebagai teman yang baik akan menyelamatkan kamu dari dikerjain.

Ini dia beberapa istilah komputer yang harus kamu tahu biar gak ditipu abang komputer:

1. RAM

Apa ini? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Bukan RAM yang ini tapi ya.

daft-punk-random-access-memories-e1368478815367

 

Buat apa sih? RAM itu fungsinya untuk nyimpen data kamu sementara. Semakin gede RAM nya, semakin cepet juga komputer yang kamu pake. Penting banget buat kamu yang pengen ngedesain atau main game untuk ngeliat kapasitas RAM.

2. VGA

Apa ini? Video Graphics Accelerator

Buat apa sih? VGA fungsinya ngolah data graphis untuk ditampilkan pada layar monitor, VGA juga memiliki prossesor yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory.

Gini nih VGA Card untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Semakin tinggi, semakin mahal, tapi semakin berkualitas juga hasil yang kamu dapetin.

3. HDD

Apa ini? Hard Disk Drive. Jangan salah ngomong. Ucapkan dengan benar. Hard. Disk.

Buat apa sih? HDD ini fungsinya sebagai media penyimpan data dalam computer yang bersifat permanen selama HDD tersebut tidak rusak, baik berupa data umum ataupun data system. Gampangnya gini nih, HDD itu lemari buku kamu. Buku itu datanya kamu. Standar yang ada di pasaran sih 500 giga, tapi udah ada juga yang 1 T. Kalo kamu ngerasa gak cukup, bisa beli Hard Disk External yang gedenya udah nyampe 2 T.

4. OS

Apa ini? Operating System

Buat apa sih?  OS itu program yang ngatur jalannya aplikasi dan kerja sebagai perantara/penghubung antara aplikasi dan hardware computer. Kalo kamu anaknya Apple banget, OS paling baru Yosemite. Terus, kalo Windows sekarang yang paling canggih Windows 10.

5. Monitor Inch

Apa ini? Ukuran layar monitor komputer

Buat apa sih? Nah, ini sering terjadi kebingungan. Ada berbagai pilihan. Dari yang kecil 17’ atau kalo pengen puas 21’

Segitu aja dulu ya. Jangan sampe ketipu lagi pas beli komputer ya. Selamat membeli!

Komenter ada mau bantu nambahin istilah komputer yang awam gak tahu? Share di comments.

 

 

 

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!