Cara Milih Headphone yang Sesuai Kebutuhan Kamu

Salah satu alat pendukung buat kamu menikmati musik adalah headphone. Alat ini diciptakan biar kamu terbebas dari gangguan suara lain ketika menikmati musik. Jadi kamu bener-bener dengerin suara musiknya aja tanpa harus denger suara temen kamu yang berisik di sebelah kamu gitu deh. Dengan headphone orang juga berasa lebih intim mendengarkan lagu dan tentunya lebih pribadi gitu deh, dimana orang lain belum tentu denger lagu apa yang sedang kamu nikmati. Nah, seirin perkembangan jaman, headphone pun mulai banyak jenisnya. Ada yang emang berfungsi buat rekaman musik, dengerin musik doang, sampai ada yang sekedar buat gaya. Oleh karena itu ada baiknya nih buat kamu memilah headphone mana yang harus kamu beli, yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Untuk Dengerin Lagu

Kalau niat kamu beli headphone cuma buat dengerin lagu aja, dan kamu gak peduli sama yang namanya frekuensi, detail, dan lain-lain tetek bengek urusan audio, kamu gak perlu lah beli headphone yang mahal dengan range frekuensi 20HZ-20KHZ, walaupun hampir semua headphone dewasa ini menyantumkan hal tersebut. Jadi, kamu beli aja headphone yang emang bisa ngeluarin suara aja, dan gak gampang rusak. Sama kalo bisa sih cari yang udah ada manipulasi suara bassnya, biar lebih sedap gitu deh kalau dengerin lagu ajep ajep.

[caption id=“attachment_19227176882” align=“alignnone” width=“630”]{source name="lumayan nih" url="http://kaskus.co.id"} {source name=“lumayan nih” url=“http://kaskus.co.id"}[/caption]

Untuk Penikmat Musik

Nah kalau kamu termasuk dalam kategori penikmat musik, dimana kamu benar-benar memposisikan musik sebagai hal yang sangat penting, kamu mesti sedikit lebih ngulik lagi. Cari deh headphone yang lumayan detail memecah tiap frekuensi, jadi kamu masih bisa dengerin tuh suara petikan gitar, suara backing vocal, sampai panning kanan dan kirinya. Sebisa mungkin cari headphone yang lumayan flat, maksudnya gak memanipulasi frekuensi gitu deh. Kan banyak headphone murah yang suara bassnya udah dikencengin sama mereka, padahal sih musik aslinya gak sekenceng gitu juga bassnya. Untuk membuktikan headphone ini layak kamu beli atau nggak, coba deh kamu dengerin lagu-lagunya Radiohead, Bjork, atau Sigur ros, yang emang secara rekaman mereka sangat detail dan bermain-main dengan secara teknik.

[caption id=“attachment_19227176883” align=“alignnone” width=“630”]{source name="Boleh juga nih" url="http://en-us.sennheiser.com"} {source name=“Boleh juga nih” url=“http://en-us.sennheiser.com"}[/caption]

Untuk Gaya

Kalo kebutuhan kamu akan headphone hanya sekedar gaya, gak perlu kamu peduliin lah kualitas suaranya. Kamu cari tau aja headphone yang lagi banyak orang gunain di jalan apa, trus kamu cari deh KW orinya, yang jauh lebih murah. Toh kebutuhannya kan cuma buat kamu kalungin doang.

[caption id=“attachment_19227176884” align=“alignnone” width=“630”]{source name="Murah nih" url="http://tokopedia.com"} {source name=“Murah nih” url=“http://tokopedia.com"}[/caption]

Untuk Rekaman

Nah kalau kamu adalah orang yang berprofesi di bidang musik, dalam hal ini seorang sound engineer, terkadang kamu butuh juga headphone buat proses mixing. Oleh karena itu kamu harus milih headphone yang bener-bener bagus, yang emang diperuntukan buat proses rekaman. Cari yang flat, range frekuensinya bener-bener 20HZ-20KHZ biar kamu bisa dengerin detail tuh suaranya. Yang terpenting lagi adalah kedap suara dan nyaman ditelinga. Harga headphone kayak gini sih emang kelawatan mahal, tapi buat investasi sih penting banget.

[caption id=“attachment_19227176885” align=“alignnone” width=“630”]{source name="kayaknya ok nigh" url="http://musicmatter.co.uk"} {source name=“kayaknya ok nigh” url=“http://musicmatter.co.uk"}[/caption]

Untuk DJ

Kalau kamu seorang DJ, gak perlu juga lah cari-cari high end audiophile headphone. Lagian kamu kan gunain headphone cuma buat pas masak mie instan. Iya kan!

Serius deh, emang headphonenya gak bisa ditaro dulu gitu?

Nah kira-kira gitu deh tips dari MBDC yang sedikit sok tau ini dalam memilih headphone. Semoga kamu bisa tercerahkan ya. Kalau kamu ada yang lebih ngerti, boleh loh share pengetahuannya di komen.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!