6 Momen Sinetron Yang Gak Mungkin Terjadi di Kehidupan Nyata

Sinetron adalah suatu kearifan lokal yang masih terus dilestarikan. Walaupun jelas gak ada manfaatnya dan gak penting banget bagi rakyat Indonesia. Hanya saja, sinetron masih populer karena terus menjual mimpi. Jualan macam ini akan terus laku, mengingat orang Indonesia seneng diberikan delusi dan janji palsu.

Kamu yang penggemar sinetron sudahkah menyadari kalau momen-momen macam ini gak mungkin terjadi di kehidupan nyata? Kalau belum, coba baca dan resapi setiap poinnya:

1. Nabrak Lantas Pacaran

Pernah ngelihat kecelakaan lalu lintas? Apakah mereka yang mengalami kecelakaan lantas jatuh cinta? Nabrak orang lalu pacaran hanya bisa terjadi di dunia fantasi, lebih spesifik lagi hanya ada di dunia sinetron.

Kronologi kejadiannya selalu sama, si cowok sedang asik mengendara mobil, si cewek sedang menyeberang jalan dan gak fokus, eh secara mendadak, kamera close up ke cewek, lalu ke cowok dan balik lagi ke cewek dimana si cewek berteriak. Kemudian, shot dari jauh, si cewek jatuh dengan sangat tak meyakinkan. Si cowok keluar dari mobilnya dan mengecek keadaan si cewek. Mereka pun jatuh cinta.

Entah bagaimana caranya dua orang yang gak kenal sama sekali, bisa langsung jatuh cinta gara-gara musibah. Sangat mustahil terjadi. Tahu dong, tabrakan di Indonesia gak pernah berlangsung baik bagi pelaku maupun korban. Kalo kamu sok mau praktekin ini di dunia nyata, siap-siap aja kamu digebuk massa.

2. Mati Lalu Hidup Lagi

Salah satu keajaiban dunia sinetron adalah kebangkitan kembali. Karakter apapun bisa mati dan kemudian hidup lagi di episode berikutnya, dengan penjelasan yang seringkali maksa. Semua dilakukan untuk menambah rating dan menarik ulur cerita. Setelah tokoh yang mati hidup lagi, biasanya cerita jadi makin rumit.

Tentu aja, kejadian kebangkitan kembali gak bisa terjadi di kehidupan nyata. Ya kali. Bisa repot kalo beneran kejadian.

3. Pacaran Beda Kasta

ftv-pacarku-tukang-gali-kubur

MBDC tahu, di dalam benak kamu, kamu pasti pengen hal ini benar-benar kejadian. Siapa sih yang gak mau punya pasangan kaya? Kalau Andhika Kangen Band yang dulunya jualan es dawet aja bisa jadi playboy, masa kamu gak bisa upgrade status? Ye gak? Mikir gitu kan?

Sayangnya, kamu gak akan bisa mendapatkan itu di dunia nyata. Maaf aja nih. Kalo kasta kamu gak setinggi gebetan kamu, ya siap-siap aja gigit jari. Belum tentu karena gebetan kamu yang gak naksir sama kamu, tapi kemungkinan besar orang tuanya yang males lihat kamu. Kenyataan hidup.

4. Operasi Plastik 360 Derajat

Salah satu yang bikin plot berjalan di dunia sinetron adalah operasi plastik. Ceritanya, setelah mengalami kecelakaan yang aneh, si tokoh akan terpaksa mengubah wajahnya. Nah, yang aneh adalah di sinetron, muka kayak Tukul bisa berubah jadi Too Cool.

Sementara itu, di dunia nyata, jika kamu operasi plastik, paling banter jadinya gini:

beautybrazil

 

5. Dikit-Dikit Ngomong Sendiri

Mungkin di dalam benak pembuat sinetron, gak lengkap sebuah adegan jika tidak diimbuhi dengan voiceover dari si tokohnya, tentu dengan kalimat-kalimat yang disedih-sedihin. Bukannya empati, malah jadi males ngeliatnya. Karena seringkali adegan ngomong sendiri ini bisa tampil semenit sekali.

Kamu mungkin bisa mencoba bermain drunk game setiap kali tokoh di sinetron ngomong sendiri dan lapor sama MBDC gimana keadaan kamu setelahnya.

6. Bule Tapi Miskin

Supaya makin greget dan orang mau nonton sinetronnya, logika pembuat sinetron adalah cari orang berwajah bule atau blasteran. Masalahnya adalah casting ini sering gak tepat karena peran yang mereka mainkan adalah orang miskin. Bule miskin mungkin kamu pernah lihat, tapi blasteran miskin? Agak gak masuk akal.

Apa segitu begonya kah orang Indonesia sampai hal-hal di atas masih juga dikonsumsi? Hmm mungkin gak segitunya, tapi pembuatnya aja yang males berinovasi dan penonton pun hanya bisa pasrah. Menyedihkan? Jelas. Sampai kapan coba masih juga dibohongi sama hal-hal basi yang dibawa sinetron?

Yuk ah demo.

Kamu punya kegelisahan yang sama? Coba share artikel ini dan berikan komen terbaikmu.