4 Hutang yang Gak Mungkin Terbayar

Dalam hidup pasti ada kalanya kamu akan mengalami kesulitan. Untuk melewati kesulitan tersebut kita butuh bantuan orang lain, kalau kita gak bisa nyelesain seorang diri. Misalnya kamu lagi kesulitan ekonomi, maka yang kamu minta dari orang lain adalah uang. Nah kalau kamu udah dipinjemin uang, maka kamu masuk dalam kategori berhutang yang harus kamu lunasi. Percaya deh kalau hutangnya cuma uang sih pasti bisa dilunasi, tapi ada nih hutang-hutang yang mau sampe kapan pun gak akan bisa kamu lunasin.

Hutang Kasih Sayang

Kasih sayang itu paling susah banget kamu bayar, dan gak akan bisa terbayar sampe kapan pun. Gini deh, misalnya pacar kamu itu sayang banget sama kamu, trus karena itu akhirnya kamu sering kasih pacar kamu tersebut hadiah. Percaya deh, hadiah-hadiah yang kamu kasih tersebut sebenernya gak ada niliainya kalau dibandingin sama tulusnya rasa sayang pacar kamu ke kamu, terlebih muka kamu jeleknya minta ampun. Tapi dari sekian banyak kasih sayang, cuma kasih sayang Ibu lah yang paling juara, dan sampe bumi diserang alien atau kiamat sekalipun kamu gak bakal bisa bayar. Buat ngegambarin gimana powerfullnya kasih sayang Ibu, nih MBDC kasih sebuah lirik lagu klasik:

Kasih Ibu kepada Beta Tak terhingga sepanjang masa Hanya memberi, tak harap kembali Bagai sang surya, menyinari dunia

Tuh liat, level kasih sayangnya Ibu itu disamain kayak matahari yang nyinarin bumi. Kebayang gak kamu betapa hebatnya kasih sayang Ibu? Kamu suka kasih Ibu kamu uang hasil kerja kamu? Kamu sering ajak Ibu kamu jalan-jalan ke luar negeri? Kamu selalu bikin Ibu kamu bahagia? Jangan bangga nan ngerasa hebat, karena hal tersebut masih belum bisa ngebayar apa yang udah Ibu kamu kasih ke kamu. Makanya, mulai sekarang sayangi lah Ibu kamu.

Hutang Ilmu

Ini hampir sama kayak hutang kasih sayang, dimana kamu pasti gak akan bisa ngebayarnya. Nah orang yang kamu hutangin gak lain dan gak bukan adalah guru kamu. Ya, guru-guru yang sangat berjasa ngajarin kamu penjumlahan sampai persamaan kuadratDan dengan jasanya tersebut, kamu mungkin sekarang udah ada yang jadi menteri, jadi presiden, jadi orang kaya, jadi orang sukses, dan sebagainya. Nah dibalik kesuksesan kamu tersebut, apa kamu inget sama orang yang paling berjasa ngasih kamu ilmu pengetahuan? Jawabannya pasti nggak. Oleh karena itu lah guru sering dibilang sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hiks.

Trus kamu ngerasa udah yang paling bener banget dengan masih inget guru sekolah kamu dulu (padahal yang diinget hal-hal lucunya doang), dan pas hari guru, kamu ngucapin selamat di social media dengan hashtag tertentuSini MBDC kasih tau, yang kamu lakuin tersebut sia-sia dan gak ada artinya ketimbang apa yang udah dikasih guru ke kamu. Makanya kalau jadi orang pinter, sukses, dan kaya itu jangan sombong, karena sebenernya ada hutang yang gak akan kamu bisa bayar di dalam sana.

Hutang Nyawa

Dengernya aja udah serem, apalagi terlibat di dalamnya nih, hiii. Jangan sampe deh kamu berhutang nyawa sama orang lain, bukan apa-apa, karena kamu gak bakal bisa dan mampu bayarnya. Frankenstein juga mungkin gak bisa kali bayar hutang nyawa, walapun konon dia mampu menciptakan kehidupan. Secara logika, selama kamu masih hidup, dan orang yang kamu hutangin masih hidup, maka hutang nyawa ini bakal terus berlangsung. Beda dengan kalau kamu hutang duit, begitu kamu bayar, maka seketika hutang kamu lunas. Kamu jadi gak punya beban, dan dikejar-kejar sama orang yang kamu utangin. Singkatnya, hutang nyawa itu cuma bisa dibayar dengan nyawa. Kalau kamu berhutang nyawa sama seseorang, maka dengan kata lain nyawa kamu udah dipegang sama orang tersebut, dan dengan seketika hidup kamu pun akan mengikuti arahan orang tersebut. Cara nyelesain hutang nyawa ini gimana? Pilihannya cuma dua, kamu yang mati atau orang yang hutangin kamu nyawa yang mati. Serem banget kan!

Hutang Budi

Hutang yang ini pasti gak bakal kamu bisa bayar sih, kecuali kamu si Budi. Kalau kamu bukan Budi, ngapain juga kamu bayarin hutangnya dia. Gimana kalau ternyata si Budi hutangnya hutang nyawa, emangnya kamu mau bayarin nyawa kamu buat si Budi? Saran MBDC mendingan kamu cari deh tuh si Budi, suruh dia lunasin hutangnya ke orang.

Tapi sebenernya yang namaya hutang mau kayak apapun bentuknya tetep gak bakal ngenakin. Makanya kalau gak perlu atau kepepet banget, jangan deh kamu ngutang. Ya, MBDC juga nyinggung kamu yang suka belanja pake kartu kredit juga. Enak emang, pengen sesuatu tinggal gesek, tapi begitu udah dateng tagihannya, baru deh kebingungan mau gesek kemana.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!