Perbandingan Sakit Gigi dan Sakit Hati

Perbandingan-sakit-gigi-dan-sakit-hati

Sebelumnya mari kita nikmati dulu satu tembang lawas milik Meggy Z berikut ini.

Dalam lagu tersebut secara terang-terangan Meggy Z bilang mendingan sakit gigi ketimbang sakit hati. Pertanyaannya apakah waktu menyanyikan bait liri tersebut Meggy Z udah melakukan riset aka kroscek terlebih dahulu? Apa iya mendingan sakit gigi daripada sakit hati? Untuk itu MBDC akan mengupasnya.

Sakit Gigi

Rasanya nyeri yang datang dari dalam gigi. Banyak sebab kenapa orang bisa sakit gigi, tapi umumnya karena gigi berlubang yang merupakan hadiah dari makanan yang kamu makan. Ada juga abses gigi, penyakit gusi, iritasi akar gigi, sindrom gigi retak, TMJ, impaksi, dan erosi gigi. Kamu ngerti kan istilah-isitlah tersebut? Kalau gak ngerti, tanya ke dokter gigi aja deh.

[caption id=“attachment_19227174221” align=“alignnone” width=“630”]Sakit gigi aja masih cantik Sakit gigi aja masih cantik[/caption]

sumber foto: formulaoralcare.com

Level Kesakitan

Untuk level terendah, gigi kamu akan cenat-cenut hilang, cenat-cenut hilang. Kalau kayak gini biasanya sih kamu tinggal negak painkiller, beres deh. Nah level selanjutnya bisa bikin kamu uring-uringan, kepala pusing, gak bisa makan sampai gak bisa tidur. Biasanya orang juga bakal negak painkiller sih buat sembuhinnya, tapi ada beberapa yang langsung periksa ke dokter juga.  Trus dilevel paling parah, kamu cuma bisa nangis dan jedot-jedotin kepala ke tembok. Ya, sakit gigi bisa banget bikin kamu menderita teramat parah. Bahkan kalau kamu gak segera obati, sakit gigi bisa juga bikin kamu kena penyakit jantung dan stroke. Hiiii.

Biaya Berobat

Harga berobat kalau sakit gigi itu beragam banget, tergantung dari rumah sakit dan dokter yang nanganin. Nah kalau sakit gigi kamu cuma bisa ditangani sama rumah sakit tertentu, dan dokter tertentu, selamat kamu bakal ngeluarin dana juta-jutaan. Tapi kalau sakit gigi kamu masih level yang biasa-biasa aja sih mending ke puskemas aja, jauh lebih murah. Makanya para dokter gigi itu selalu nyaranin mencegah sakit gigi ketimbang berobat.

Sakit Hati

Sakit hati yang dimaksud di dalam lagu Meggy Z adalah kiasan, yang merupakan kegagalan akan cinta. Nah kalau sakit hati kayak gini banyak banget penyebabnya, bisa diputusin, diduain, sampe ditinggal nikah.

Sakit-1

sumber foto: indopos.co.id

Level Kesakitan

Dalam tahapan terendah, orang yang terjangkit sakit hati jenis ini bakal ngerasa gundah gulana. Hidup terasa hampa tanpa dirimu di sisiku. Kalau yang udah pada tahapan aku bisa aja sih orang bakal gak makan dan gak minum, mengurung diri atau bahkan sampai bunuh diri. Serem juga ya. Tapi sebenernya sakit hati jenis ini bisa cepet banget hilang kalau kamu udah nemuin orang baru yang lebih ok dari orang yang ninggalin kamu. Cis.

Biaya Berobat

Hampir gak ada sepeser uang yang kamu keluarin buat nyembuhin sakit hati jenis ini. Palingan kamu cuma butuh beberapa rupiah buat neraktir temen kamu yang mau kamu curhatin. Ya, obat dari penyakit ini sebenernya cuma ngobrol alias curhat, dan tentunya dapetin orang baru sih

Sakit Hati (Liver)

Nah kalau sakit hati yang sesungguhnya itu adalah liver kamu jadi meradang. Bisa disebabkan karena virus, yang akhirnya menjadi sakit hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis non A dan non B, bisa juga disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat.

Level Kesakitan

Pada level awal kamu gak bakal ngerasain apapun dari sakit liver ini. Paling kamu cuma ngerasa cepet cape doang. Nah kalau udah pada tahapan yang parah, maka kamu bakal depresei, nyeri di sisi kanan perut, nafsu makan ilang, mual, muntah, diare, warna kulit dan bola mata kuning, dan air kencing berwarna gelap. Dengan kata lain sakit liver gak cuma ngerusak bagian tubuh kamu tapi juga ngerusak penampilan kamu.

Biaya Berobat

Konon sih penyakit ini gak bsa disembuhkan total gitu deh. Jadi kalau kamu udah pernah kena sakit liver, maka sewaktu waktu penyakit tersebut bakal muncul lagi. Nah kalau biaya pengobatannya sendiri sangat beragam, namun katanya orang Indonesia yang berobat penyakit jenis ini di negara tetangga mau ngerogoh kocek sampe ratusan juta rupiah buat perawatan satu bulan. Itu juga belum tentu sembuh.

Kesimpulan

Sakit hati (karena cinta) dan sakit gigi punya level kesakitan yang cendrung sama, namun karena biaya pengobatan sakit gigi relatif lebih malah, maka MBDC nyimpulin kalau sakit gigi itu lebih gak enak ketimbang sakit hati (karena cinta). Dengan kata lain, lirik lagu Meggy Z terbantahkan. Tapi jelas sih, sakit hati (karena cinta) dan sakit gigi gak ada apa-apanya kalau dibandingin sama sakit hati (liver).

Gimana, kamu setuju gak? Apa kamu punya tanggapan lain? share dong di komen.

RELATED POST

RECENT POST

6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!


7 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan Sebelum Nonton Avengers: Endgame