5 Alasan Kenapa Naik Mobil Bisa Bikin Ngantuk

Alasan-kenapa-naik-mobil-bisa-bikin-ngantuk

Saat kamu berkendara, dalam hal ini naik mobil, pasti kamu pernah ngerasain yang namanya ngantuk. Terlepas dari kamu emang lagi ngantuk karena kurang tidur, semaleman ngejar revisi kerjaan, mobil itu punya magisnya tersendiri yang mengakibatkan orang yang sedang berada di dalamnya jadi terlelap. Lantas apa sih sebenernya yang bikin orang ngantuk kala naik mobil? Nah MBDC berusaha menguaknya buat kamu.

Adem

Mobil jaman sekarang pasti udah ada ACnya semua. Ya ada sih mobil ekonomis yang gak dilengkapi AC, tapi jarang banget orang yang make, kecuali angkot. Nah, di mobil yang ada ACnya, kamu akan ngerasain hawa yang sangat sejuk nan membuai kalbu. Dari hawa ini lah kemudian timbul rasa-rasa seperti sedang ditiup-tiup sama cewek sexy, yang akhirnya bikin kamu ngantuk. Gak heran makanya kalau orang yang ngantuk saat sedang mengendarai mobil kerap buka jendela dan menjulurkan tangannya keluar, ini dilakukan biar adanya perubahan suhu yang bikin badan jadi kaget dan mata akhirnya pun melek.

Mobil yang gak pake AC juga bikin kamu ngantuk juga sih. Misalnya kamu lagi naik angkot nih, trus karena ada semilir udara dari luar seiring angkot yang sedang melaju, lambat laun kamu pun akan terbuai dan ngantuk. Hati-hati, jangan sampe ketiduran di angkot, nanti dibawa kamu sampe pangkalan sama pak supir.

[caption id=“attachment_19227174798” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Ngantuk banget” url=“http://biru.blogdetik.com"} {source name=“Ngantuk banget” url=“http://biru.blogdetik.com"}[/caption]

Suara Monoton

Setiap kendaraan pasti punya suara lah yah, yang ditimbulkan dari mesin. Suara mesin kendaraan ini cendrung sangat monoton. Nah suara monoton ini kalau kamu denger terus menurus bakal jadi alat yang sempurna untuk menina bobokan kamu. Ya, suara bising kendaraan yang monoton ini masuk dalam kategori white noise, yang sangat mungkin bisa bikin kamu ngantuk. Ini sama kayak kenapa kamu bisa tidur nyaman kalau dengerin suara hujan. Trus ini juga ngejawab kenapa anak bayi bakal cepet tidur kalau dibawa jalan-jalan naik mobil. Nah kalau ada temen kamu yang setiap kali naik mobil langsung tidur, mungkin di masih bayi.

[caption id=“attachment_19227174799” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Lucu ya” url=“communities.washingtontimes.com"} {source name=“Lucu ya” url=“http://communities.washingtontimes.com"}[/caption]

Bergetar

Selain ngeluarin suara, mesin mobil juga nimbulkan efek getaran, yang terkadang bisa kamu rasakan sampai ke tempat duduk kamu. Tapi kalau mobil kamu mahal banget gitu, biasanya kamu gak bakal gitu ngerasain getarannya, cuma tetep aja ada getarannya. Nah getaran dari mesin mobil ini juga bisa nimbulin efek nina bobok yang cukup baik, sehingga dengan perlahan atau pasti kamu pun akan mengantuk. Semakin lama kamu berada dalam mobil, maka semakin mungkin banget kamu ngantuk karena getaran mesin. Kalau kamu mau bukti efek dari getaran ini, coba deh kamu berentiin mobil dan matiin mesin mobil, pasti temen atau orang yang lagi tidur bakal bangun, tanpa kamu bangunin. Adiknya ikutan bangun juga gak? Ya itu tergantung sih.

[caption id=“attachment_19227174800” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Sedang menikmati getaran” url=“http://dailymail.co.uk"} {source name=“Sedang menikmati getaran” url=“http://dailymail.co.uk"}[/caption]

Garis Lurus

Nah ini dia efek yang sering dirasain sama pengendara mobil. Kalau kamu mengendarai mobil di jalan lurus dalam waktu yang cukup lama, niscaya kamu akan ngerasa cepat ngantuk. Ini merupakan efek monoton juga, tapi bedanya yang kamu liat itu hal yang sama. Jadi kamu semacam kehipnotis gitu deh karena kelamaan liat jalan lurus. Makanya ada yang bilang kalau perjalanan jauh gitu, orang yang duduk di sebelah supir harus senantiasa ajak ngobrol sang supir, biar dia gak ngantuk. Tapi jangan ngobrolnya keseruan juga sih, nanti si supir malah gak fokus. Oiya, kadang untuk menghilangkan efek ngantuk karena jalan lurus yang panjang ini, orang suka berenti dulu di peristirahatan buat bobok-bobok sejenak dan ngapain lah yang enak buat orang tersebut. Trus kadang juga keluar dari jalur lurus untuk masuk ke jalan yang lebih berkelok dan mungkin sedikit bergelombang, biar gak ngantuk.

[caption id=“attachment_19227174801” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Yang gini nih yang bikin ngantuk” url=“http://jamesvsworld.com"} {source name=“Yang gini nih yang bikin ngantuk” url=“http://jamesvsworld.com"}[/caption]

Pelor

Kalau udah nempel molor mah bukan cuma di mobil doang, di atas air banjir juga bakal tidur. Nah kalau temen kamu ada yang modelnya kayak Nobita gini, mendingan sih jangan diajak kalau kamu mau liburan bareng temen-temen, gak asik soalnya, dikit-dikit tidur. Eh tapi, mungkin kamu suruh temen kamu cek ke dokter aja, ya siapa tau ternyata dia sakit liver.

[caption id=“attachment_19227174802” align=“alignnone” width=“630”]{source name=“Jawaranya tidier” url=“http://kasamago.wordpress.com"} {source name=“Jawaranya tidur” url=“http://kasamago.wordpress.com"}[/caption]

Intinya sih MBDC mau kasih tau kalau rasa kantuk itu bisa muncul kapan aja, termasuk saat kamu sedang naik mobil. Nah kalau posisi kamu sedang menjadi pengendara, ada baiknya sih berenti sejenak kalau rasa kantuk udah mulai muncul. Demi menghindari hal-hal yang gak diinginkan juga kan. Coba share artikel ini ke temen kamu yang suka bebal bawa mobil dalam keadaan ngantuk.

Oiya, kalau kamu tau alesan lain kenapa orang ngantuk saat di mobil, boleh lho share di komen.