Penjelasan-Penjelasan Mengenai Norma Sosial

Manusia adalah makhluk sosial, yang gak mungkin bisa hidup tanpa adanya orang lain. Tapi MBDC gak ngerti sih kenapa sampe sekarang kamu masih bisa sendiri tanpa ada orang lain di hati. Anyway, sebagai makhluk sosial tentunya kamu akan bersinggungan dengan orang lain. Nah dalam kondisi seperti itu kemungkinan yang terjadi bisa bagus, bisa juga jelek. Biar meminimalisir hasil yang jelek, maka dibuatlah sebuah norma dalam kehidupan bersosial. Dengan adanya norma ini diharapkan kehidupan umat manusia bisa berlangsung dengan damai nan tentram. Tapi sayangnya sampe sekarang masih ada aja yang gak tau perihal norma sosial ini, bahkan untuk urusan yang simpel sekalipun.

Menahan Pintu

Jadi gini, saat kamu misalkan mau masuk ke dalam mall, kamu kan biasanya buka pintu tuh, nah saat pintu kamu buka sebenernya kamu semacam harus ngeliat ke belakang gitu deh. Kalau ternyata tepat di belakang kamu ada orang lain, maka seharusnya kamu tahan pintu tersebut jangan sampai tertutup.

Buat yang ada di belakang, kalau pintunya udah ditahan sama orang yang ada di depan kamu, bukan berarti kamu bisa seenaknya nyelonong masuk duluan layaknya bos, tapi kamu harus ikut juga menahan pintu tersebut seraya orang yang ada di depan kamu mulai melepas pegangan ke pintu tersebut. Tapi kalau orang yang ada di depan ternyata ngerasa gak masalah buat pegangin pintu sampe orang yang ada di belakang masuk duluan juga gak apa-apa sih.

2cebfdae7a8ea5d691033c085990a9d4_l

sumber foto: mondayramble.com

Kursi dan Tas

Kursi adalah benda yang bisa kamu duduki, sedangkan tas itu tempat buat menaro barang-barang kamu (asalkan muat). Trus apa hubungannya kursi sama tas? Gak ada sama sekali, tapi kamu lah yang akhirnya bikin tas ketergantugan sama kursi. Ya, kamu pasti pernah deh di tempat umum meletakan tas di kursi yang ada di sebelah kamu. Bahkan kalau pun ternyata gak ada kursi di sebalah kamu, kamu bela-belain narik kursi biar si tas bisa duduk. Emangnya tas kamu bakal ngambek kalau gak dikasih duduk? Emangnya dia bisa pegel kalau gak duduk? Padahal kursi yang didudukin tas kamu itu bisa berguna banget buat orang lain, yang siapa tau aja ternyata jodoh kamu.

Intinya adalah ngasih kursi ke orang lain itu jauh lebih penting ketimbang kotor di bagian pantat tas kamu yang merknya ratusan juta tapi kamu beli di Mangga Dua ratusan ribu.

[caption id=“attachment_19227172647” align=“alignnone” width=“560”]Lebih aman kalau tasnya dipeluk Lebih aman kalau tasnya dipeluk[/caption]

sumber foto: ujungaspal.com

Naik Lift

Ini harusnya sih udah pada ngerti sih, karena hampir disetiap lif ada pemberitahuannya yaitu: DAHULUKAN ORANG YANG KELUAR. Eh masih ada gak ya tulisan kayak gitu? Ya pokoknya kalau kamu mau naik lift, jangan kayak orang kebelet boker, main serobot masuk aja. Kamu harus ngasih dulu jalan orang yang mau keluar lift. Kalau udah, baru deh kamu naik ke dalam lift. Nah di dalam lift juga jangan berasa lagi di kamar kamu sendiri yang kalau pengen kentut, ya tinggal kamu kentutin aja. Kamu harus tahan dong. Kasihan kan orang-orang yang nyium kentut kamu.

di Escalator

Biasa juga disebut tangga jalan. Escalator sangat ngebantu banget kalau mau berpindah lantai tapi tetep ingin ngeluarin tenaga. Kan beda kalau lift kamu tinggal berdiri doang. Sedangkan kalau naik escelator kamu masih bisa memilih buat berjalan atau berlari. Nah karena pengguna escalator kadang ada yang jalan atau lari, maka diharapkan kamu yang cuma berdiri aja berada di posisi kiri dari escalator. Jadi bagian kanan itu bisa buat orang yang jalan atau lari gitu deh. Sistemnya sama kayak kalau berkendara, dimana kalau mau mendahului harus dari kanan.

medellin_escalator_rtr2vpfq_ah_55130

sumber foto: knowledge.allianz.com

Saat di Kasir

Antri di kasir emang kadang bikin sebel, apalagi kalau akhir bulan, dimana mayortias orang-orang baru pada gajian. Mau kasir berapa pun jumlahnya udah jaminan mutu penuh semua. Tapi yang lebih nyebelin lagi sebenernya adalah orang-orang yang gak sabaran di kasir. Kamu pasti pernah deh nemuin orang yang letakin barnag belanjaannya di meja kasir padahal saat itu kamu yang lagi bertransaksi. Nah yang kayak gini-gini lah yang gak ngerti norma sosial. Apa susahnya sih nenteng barang belanjaan sebentar?

DSC01455

sumber foto: Jombloku.com

Make Toilet Umum

Namanya juga toilet umum, udah pasti dibikin bukan buat kamu doang. Nah maka dari itu karena ini adalah toilet punya bersama, seharusnya udah jadi tanggung jawab kamu juga buat ngejaga kebersihannya. Normanya sih gampang banget, kalau abis pipis ya disiram, kalau abis pup ya disiram, dan yang terkahir kalau udah tau tempat pupnya itu yang model duduk, ya gak usah kamu jongkokin. Demen banget susah deh ih.

sumber foto: health.detik.com

Setelah Makan

Minum. Yaiyalah kalau nggak kamu keselek. Tapi setelah kamu minum dan merasakan kenikmatan luar biasa, seharusnya bisa dong sampah bekas makanan kamu itu kamu buang ke tempat yang udah disediain. Jangan sok jadi bos, abis makan main langsung pinggat dengan kondisi meja yang berantakan. Inget kalau kamu makan itu yang kamu bayar cuma makanannya aja, gak termasuk bersihin bekas makanan kamu. Ya, kecuali kalau yang model restoran pake piring gitu kali ya. Lagian apa susahnya sih buang bekas makanan kamu ke tempat sampah? Malu, dikira salah seorang pelayan nantinya? Tsk, ah. Oiya satu lagi nih. Kalau kamu abis makan di restoran gitu, jangan pake acara ngobrol ngalor ngidul. Kasihan orang yang udah nunggu giliran.

norma

sumber foto: jengdwinda.tumblr.com

Bilang Terima Kasih

Nah ini dia yang paling penting banget. Bilang terima kasih kalau kamu udah dibantu, kalau kamu dikasih sesuatu sama seseorang, kalau kamu udah dilayani, kalau kamu udah dipuasi, pokoknya kamu harus bilang terima kasih. Kalau ada kata yang bisa bikin kamu tetep menjadi manusia, maka jawabanya adalah Terima Kasih!

Sebenernya masih banyak banget sih norma sosial yang pengan dibahas, tapi buat kali ini segitu dulu kali ya. Nanti MBDC lanjutin lagi deh. Atau kamu mau nambahin?

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!