5 Metode Hemat Energi yang Kamu Belum Tahu

X Metode Hemat Energi yang Kamu Belum Tahu

Selama ini mungkin kamu taunya hemat energi itu sekedar matiin lampu kalo gak perlu, matiin TV kalo gak ditonton, atau jangan sering nyalain AC. Itu pasti kamu udah jelas kan ya. Tapi apa cuma itu aja caranya biar hemat energi? Tentu tidak, karena masih banyak lagi metode yang sebenernya sangat simpel untuk menghemat energi.

1. Pas nyalain AC, Pastiin Jendela dan Pintu Ketutup Rapat.

Tinggal di kota besar kaya Jakarta yang panasnya semakin hari semakin gak ketulungan, rasanya punya AC itu udah jadi kebutuhan yang utama. Padahal ya AC itu memiliki beban listrik yang cukup besar, yang akhirnya bikin energi listrik dan tagihan listrik kamu membengkak. Makanya kamu harus lebih pintar gunain ACnya, salah satu caranya adalah dengan menutup rapat pintu, jendela, dan ventilasi yang ada. Tapi hati kamu jangan ditutup rapat juga ya, nanti kamu jomblo terus dong. Dengan begini AC pun bakal bekerja dengan energi yang lebih efesien.

[caption id=“attachment_19227172035” align=“alignnone” width=“560”]Kalau udah kedinginan mending ACnya matiin aja Kalau udah kedinginan mending ACnya matiin aja[/caption]

sumber foto: homeguides.sfgate.com

2. Servis AC Secara Rutin

Kalau udah gunain AC secara efesien, maka langkah selanjutnya biar kamu bisa hemat energi adalah dengen rutin servis AC kamu. Kalau kamu orangnya serba bisa, boleh aja kamu servis sendiri tuh AC, tapi sebenernya kamu bisa panggil tukang servis AC yang bikin kerjaan kamu jadi gak nambah. Biasanya nanti si tukang servis AC itu bakal bersihin filter, coil kondensor, dan sirip AC. Biar pastinya kamu ingetin aja si tukang servis buat bersihin ketiga hal tersebut. Servis AC ini sebisa mungkin kamu lakukan minimal 3 bulan sekali ya. Nah kalau udah sering diservis maka kamu akan menghemat listrik sampai dengan 20%.

3. Rajin-Rajin Bersihin Kulkas

Selain AC, kulkas juga barang elektronik yang menggunakan beban listrik yang cukup besar. Fungsinya gak jauh beda sama AC, yaitu membuat suhu jadi dingin. Nah biar beban yang dipake kulkas gak makin besar, kamu juga harus rutin ngebersihin. Dengan rajin ngebersihin kulkas kamu bukan hanya bakal menghemat energi, tapi juga bikin makanan yang kamu simpan di kulkas selalu tampil fresh dan higienis.

Oiya, kamu harus paham nih. Walaupun sama-sama bikin suhu jadi dingin dan pengen banget hemat energi,  jangan pernah kepikiran buat tidur di dalam kulkas.

[caption id=“attachment_19227172036” align=“alignnone” width=“560”]Jangan dicontoh Jangan dicontoh[/caption]

sumber foto: dailymail.co.uk

4. Pastikan Alat Elektronik Mati Dengan Sempurna

Selama ini mungkin kamu mikirnya barang-barnag elektronik itu menggunakan beban listrik yang cukup besar saat awal dinayalakan. Makanya kamu pun memilih mode standby saat mematikan alat elektronik. Nah sebenernya ini pemikiran yang kurang benar, karena bagaimanapun juga dalam posisi standby, alat elektronik tetap menyerap energi listrik. Jadi alangkah baiknya kalau udah gak digunain, alat elektronik tersebut kamu matikan secara sempurna. Eh tapi kalau kulkas sih jangan kamu matiin, yang ada lumer dan basi nanti makanan kamu.

5. Cabut Chargeran Kalo Udah Gak Dipake

Salah satu kebiasaan jelek orang jaman sekarang adalah membiarkan chargeran tetap tercolok ke listrik, padahal Handphone atau tab udah gak dicas. Mungkin kamu beranggapan kalau gak nyolok ke handphone atau tab, maka listriknya gak bakal kepake. Kamu salah besar anak muda, karena walaupun gak dicas, chargeran yang menyolok ke listrik tetap menyedot listrik. Lagian apa susahnya sih nyabut chargeran? Kalau nyabut yang satu itu sih emang kadang sulit.  Kalau mau lebih hemat, mendingan kamu ngecasnya pake aki.

chargehpnokiaaki

sumber foto: kymco.or.id

Sekarang kamu udah ngerti kan gimana caranya buat lebih menghemat energi. Tapi kalau ternyata kamu ngerasa lebih jago lagi buat berhemat energi, mendingan kamu ikutan kompetisi hemat energi. Caranya gampang banget. Kamu tinggal bikin video yang nyebarin semangat hemat energi berbentuk video kampanya berdurasi maksimal 1 menit. Kalau kamu beruntung, uang tunai 30 juta dan kamera GoPro Hero 3 jadi milik kamu. Info Lebih lengkapnya bisa kamu kunjungi www.guehematenergi.com

Oiya, jangan lupa juga ya follow akun twitter @guehematenergi dan like Facebook fanpage Gue Hemat Energi. Pas ngeshare pake hashtag #guehematenergi. Lewat akun itu, kamu juga bisa bertanya tata cara lomba kampanye videonya.

Kalo pengen tau cara-cara kreatif hemat energi, coba aja dateng ke Forum Diskusi  “Lebih Kreatif – Anak Negeri”

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!