6 Dampak Negatif Keseringan Buka Media Sosial

Kayak yang udah pernah MBDC kasih tau dulu, sosial media itu emang penting. Kali ini MBDC mau kasih tau ke kamu alasannya kenapa kamu gak boleh keseringan buka media sosial. Ya, karena kita semua kalo sesuatu yang kebanyakan itu gak bagus. Yaudah ayuk simak dampak negatifnya.

1. Kecanduan

Keseringan buka media sosial bisa bikin kamu jadi kecanduan. Rasanya gak enak kalo gak update sehari aja. Kamu pun akhirnya jadi gak bisa hidup tanpa gadget kamu. Kalo gadget kamu abis batre atau gak bisa buka media sosial, kamu jadi panic sendiri dan kegatelan karena gak bisa buka media sosial kamu. Nah! Kalo udah kecanduan gitu, kamu jadi ketergantungan sama media sosial dan seakan-akan, media sosial adalah hal yang penting banget buat hidup kamu dan kamu gak bisa hidup tanpa itu. Takut jadi gak update.

[caption id=“attachment_19227173186” align=“aligncenter” width=“630”]Saking udah kecanduannya, Facebook pun harus disuntikin ke badan. Saking udah kecanduannya, Facebook pun harus disuntikin ke badan.[/caption]

Sumber: lit.genius.com

2. Kehilangan Waktu

Iya sih bukanya waktu lagi jam kosong aja, tapi kan jam kosong itu sebenernya bisa dipake buat hal yang lebih efektif lagi loh. Bahkan kadang-kadang karena sangking kecanduannya, orang bisa sengaja kosongin waktu buat buka media sosial. Ada juga yang gunain waktunya yang seharusnya bisa jadi waktu yang berguna, malah buat media sosial. Seperti waktu tidur atau waktu buat ngerjain tugas misalnya, akhirnya dampak ke yang lainnya juga kan.

3. Ansos

Media sosial yang seharusnya jadi media untuk bersosial, justru terkadang malah membuat kita jadi anti sosial. Waktu kita lagi kumpul sama temen-temen kita, bukannya kita saling ngobrol atau main bareng, eh tapi malah sibuk sama gadgetnya buat buka media sosial.

4. Hasrat Untuk Pamer Lebih Besar

Orang jadi lebih pengen pamer, karena tahu di media sosial, banyak yang melihat dirinya. Ada juga temen-temen media sosialnya yang pamer, sehingga membuat dirinya pamer juga. Ini kan jadi gak sehat. Orang lebih menjadi lebih konsumtif dan gila hormat. Yang tadinya ke tempat gym supaya sehat, malah ke tempat gym supaya bisa pamerin check in dan foto tempat gymnya. Secara sekarang juga lagi jaman gitu trend hidup sehat.

[caption id=“attachment_19227173188” align=“aligncenter” width=“630”]"Guys, otot baru nih. Like dong." “Guys, otot baru nih. Like dong.”[/caption]

Sumber: fitwithmitch.com

5. Boros

Selain boros karena menjadi konsumtif akibat hasrat ingin pamer yang tadi, keseringan buka media sosial juga boros listrik yang artinya ngaruh ke lingkungan, dan boros ke uang (pulsa) karena butuh internet. Padahal listrik dan pulsa gak bisa dipamerin, kecuali norak aja.

6. Tau yang Gak Perlu Kamu Tau

Keseringan buka media sosial memunculkan hasrat ingin stalking, dan walaupun gak ngestalk juga, kamu bisa jadi tau info-info yang seharusnya gak perlu kamu tau atau yang justru bisa bikin down kamu. Tau kalo gebetan kamu tiba-tiba pacaran sama orang lain misalnya. Ya bagus kalo pacarnya lebih jelek dari kamu. Ya kalo ternyata lebih cakep? Ah sudahlah.

[caption id=“attachment_19227173187” align=“aligncenter” width=“630”]Kalo pacar baru mantan kamu kayak gini kan repot. Kalo pacar baru mantan kamu kayak gini kan repot.[/caption]

Sumber: extremefansonly.com

Sekarang kamu tau kan apa dampaknya keseringan buka media sosial? Kalo kamu sering gak buka media sosial? Komen dong!

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!