4 Fitur Kendaraan Yang Sering Disalahgunakan Orang Indonesia

Membeli kendaraan seharusnya adalah sesuatu yang eksklusif. Harganya yang mahal secara umum membuat pemakainya jadi terbatas untuk orang-orang yang punya banyak duit. Ternyata hal itu tak menghalangi orang Indonesia untuk berbuat bodoh menyalahgunakan fitur kendaraannya.

Bisa beli barang yang harganya selangit sepertinya gak berbanding lurus dengan kepinteran otak. Seakan-akan bisa seenaknya aja. Padahal, punya mobil aja udah cukup ribet. Masih juga harus menemui keanehan-keanehan di jalan.

Beberapa adalah kesalahan penggunaan yang sering MBDC temui di jalan:

1. Klakson

Sejatinya klakson diciptakan oleh pembuat mobil sebagai “Kode”. Di Undang Undang pun disebutkan kegunaan klakson hanya diperlukan untuk keselamatan lalu lintas dan melewati kendaraan lain yang ada di depan. Semakin minim klakson dipake, semakin berguna juga fitur kendaraan yang satu ini.

Jadi, klakson dipake bukan buat ganggu orang yang ada di depan kamu. Dikit dikit klakson. Lampu merah masih nyala 3 detik sebelum lampu ijo, kamu udah klakson kendaraan di depan kamu. Itu sih gak beradab namanya. Klakson juga bukan dipake buat cari perhatian. Misalnya, di tengah macet, kamu make klakson berkali-kali. Yang ada kamu digampar.

2. Pedal Gas

Untuk poin yang satu ini, kamu baca cerita ini dulu deh:

B2cTKHmCcAAc-Cp

 

MBDC masih gak habis pikir deh. Sama orang-orang yang menganggap karena udah bisa bawa kendaraan, terus dia berubah status jadi pembalap. Ya kaleee. Kalo jadi pembalap bukan buat di jalan raya lah. Ada tempatnya buat adu kenceng-kencengan. Mau gak ada orang juga bukan berarti kamu bisa nginjek pedal gas seenaknya. Bahkan di saat terdesak pun, kamu gak disaranin untuk ngegas.

Berhati-hatilah dalam make fitur yang satu ini ya. Jangan sampe kamu ngecewain orang di rumah. Kredit belum lunas juga udah kamu rusakin. Jangan ya? Oke?

3. Lampu Hazard

Dari namanya harusnya udah cukup ngejelasin ya. Hazard = bahaya. Harusnya lampu ini dipake sebagai tanda darurat, untuk mengabarkan sedang dalam bahaya.

Sering terjadi lampu hazard diidupin saat hujan deras, tanpa alasan yang jelas, yang ada pengguna mobil di belakang jadi keganggu karena kelap kelip lampu. Mana udah susah konsentrasi, ditambah lagi ada lampu hazard. Makin bingung deh.

[caption id=“attachment_19227172654” align=“alignnone” width=“560”]Cukup Hazard yang ini yang bikin kocar-kacir ya. Cukup Hazard yang ini yang bikin kocar-kacir ya.[/caption]

Selain itu, lampu hazard gak penting banget kalo dipake buat konvoi atau pas masuk terowongan yang harus make lampu. Kaga perlu diidupin woy. Pakelah fitur kendaraan sesuai kodratnya. Kalo mobil kamu mogok di bahu jalan atau ngasih tahu ada bagian yang malfungsi dan harusin kamu jalan lambat, barulah kamu pake tuh lampu hazard. Gak perlu bikin orang puyeng karena kegaktahuan kamu ye.

4. Lampu Sein

Setiap fitur yang dirancang di mobil tentu ada kegunaannya. Sekecil apapun. Kayak Lampu Sein. Diciptain sesederhana untuk ngasih kode ke mobil belakangnya kalo mau belok. Lah udah sesimpel ini juga masih buanyak yang gak ngerti. Banyak mobil yang ketika mau pindah jalur, malah takut make lampu sein. Takut orang di belakangnya gak ngasih. Yang mana adalah hal yang bikin bingung. Dua-duanya gak jelas kenapa berbuat begitu.

Tapi yang paling gampang ditemui itu adalah lampu sein cuma dipake buat belok kanan. Kalo belok kiri nggak, mobil mundur masuk ke area parkir nggak, belok kanannya dikit aja pun nggak mau make lampu sein. Kemungkinan besar sih kamu dimaki sama yang di belakang kamu. Dan kemungkinan besar orang di belakang kamu akan ngelakuin kesalahan bego yaitu: ngidupin klakson keras-keras buat marah.

Tekhnologi diciptain untuk mempermudah hidup, bukan menyulitkan hidup, apalagi hidup orang lain. Sudah saatnya kalo kamu bisa beli kendaraan mahal, otak di upgrade juga lah. Malu. Kebanyakan yang punya SIM nembak kali ya. Jadi suka gak sinkron pemikiran dengan peraturan. Sebaiknya dikurang-kurangin lah. MBDC ngarepin kamu gak melakukan kesalahan di atas ya. Atau jangan-jangan kamu gak cocok pake kendaraan, coba ikuti tesnya.

Ada lagi kesalahan penggunaan yang bagi kamu ganggu banget? Coba share di comments.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!