7 Hal yang Orang Betawi Lebih Jago Dari Kamu

x-Hal-yang-Orang-Betawi-Lebih-Jago-dari-Kamu

Kalau kamu tingal di kerasnya Ibu Kota, kamu pastinya akan bersinggungan langsung dengan orang-orang Betawi. Ya, suku ini lah yang merupakan pendudukan asli kota Jakarta. Nah setiap suku itu kan pasti punya keunikan dan spesialisasinya tersendiri, yang secara gak langsung kamu pun akan terbawa ke dalamnya karena kamu tinggal di Jakarta. Namun mau sedalam apappun kamu sudah mengenal suku Betawi, tetep aja ada beberapa hal yang gak mungkin kamu capai levelnya kecuali kamu emang orang Betawi.

Silat

Orang Betawi itu deket banget sama budaya bela diri yang disebut pencak silat.Emang sih di beberapa suku ada juga pencak silat, tapi rasanya cuma orang Betawi deh yang anak cowoknya itu sejak kecil kudu dan wajib punya keahlian silat. Nah dalam Betawi sendiri banyak banget gaya silat. Kalau gak salah ada sekitar 300 aliran silat yang dimiliki Betawi, salah satu yang paling populer adalah Cingkrik, dimana orang yang terkenal menggunakannya adalah si Pitung. Kamu tau kan gimana hebatnya itu si Pitung, mungkin jago-jago berantem abad 20 juga gak bisa ngalahin kehebatannya. Jadi kalau kamu macem-macem sama orang Betawi, ya hati-hati aja. Diberi sekali, kamu bisa langsung gak bangun-bangun.

Ngelawak

Orang Betawi itu agak mirip sama orang Inggris, yang setiap omongannya pasti diselipin lawakan. Begitu lah orang Betawi, senang becanda dan membuat orang lain tertawa. Gak heran kalau banyak pelawak Indonesia yang keren berawal dari lenong, yang merupakan acara lawakan Betawi. Jadi mau sehabat-hebatnya kamu menjadi stand up comedian, tetep aja kamu bakal kalah lucu dari orang Betawi walaupun mereka bukan stand up comedian.

Nyela Orang

Salah satu bentuk lawakan orang Betawi itu adalah nyela orang. Ya, orang Betawi itu selalu menjadikan hal-hal yang biasa dari setiap orang menjadi suatu hal yang bisa dijadikan celaan, misalnya nama orang. Menariknya, kata yang digunakan untuk nyela itu terkadang gak mempunyai arti dan makna. Ya punya arti sih, tapi yang tau dia doang gitu. Dengan doyan nyela, bukan berarti orang Betawi itu jahat atau gak suka sama kamu, tapi emang kayak gitu wujud komunikasi mereka. Dan bisa dijamin, orang Betawi itu ramah dan baik-baik kok.

Ngaji

Konon sih seperti itu, orang-orang Betawi itu jagi banget ngajinya. Hal ini tergambar dalam lirik lagu Si Doel Aduh sialan, nih Si Doel anak Betawi asli Kerjaannye sembayang mengaji

Tuh, kerjaannya aja sembayang dan mengaji, harusnya sih jago banget ya ngajinya.

Bikin Soto Betawi

Ya namanya aja udah Soto Betawi, udah pasti yang paling jago bikin ya orang Betawi. Dan emang sih soto Betawi itu gak bisa sembarangan dibikinnya. Ada hal-hal terntentu dalam racikannya yang bikin soto Betawi itu terlihat berbeda dengan soto-soto lainnya. Walaupun kamu bisa dan cukup otentik ngebuat soto Betawi, tapi kalau kamu suruh orang Betawi nyobain, maka dia bakal ngomong,“Ah, sotonye kurang berase!”

Pantun

Sama halnya dengan silat, pantun juga udah mendarah daging dalam diri orang Betawi. Kalau kamu liat nikah-nikahan orang Betawi, ada yang namanya Palang Pintu, yang merupakan acara silat-silatan sebelum cowok bisa menikahi cewek. Filosofinya mungkin seorang cowok harus benar-benar memperjuangkan cewek yang dicintainya, dan juga sebagai tanda kalau cowok tersebut benar-benar bisa menjaga si cewek kalau lagi dalam bahaya. Nah dalam acara Palang Pintu itu juga termasuk di dalamnya pantun-pantunan. Nah yang menarik dari orang Betawi dan pantun adalah mereka bisa menciptakan pantun secara spontan walaupun sebelumnya belum pernah berpantun sama sekali.

Males

Ini sebenernya stereotype. Padahal sih orang Betawi gak males. Mereka cuma seneng duduk-duduk di teras sambil ngerokok dan ngupi, nungguin bayaran kontrakan masuk. Wah kalau orang Betawi males berarti cocok banget dong kerja di Malesbangetdotcom? Belum tentu, karena kan orang-orang yang kerja di Malesbangetdotcom ini sebenernya rajin-rajin.

Ngomong Betawi

Orang Betawi itu ngomong dengan kekhasannya tersendiri. Dan ada berapa macam gaya ngomong orang Betawi, pertama itu yang akhiran “A” diganti jadi “E” misalnya kenapa jadi kenape. Trus ada juga yang setiap kata akhiran “A”nya ditekankan atau ditegaskan seperti ada koma atas setelah huruf “A” misalnya kenapa jadi kenapa”. Oiya, mereka juga gemar menyingkat-nyingkat kata, misalnya kenapa jadi napa atau nape. Nah gaya ngomong kayak gini cuma bisa dilakukan sama orang Betawi aja. Kamu peratiin deh sinetron-sinetron yang berusaha mengangkat budaya Betawi, pemerannya itu keliatan banget maksain berbahasa Betawi. Jadinya malah kayak ngeledek gitu deh.

Nah itu dia beberapa hal yang kiranya cuma orang Betawi aja yang bisa ngelakuin dengan cara yang benar. Kamu tau hal yang lain? Share dong

 

 

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!