Ini Dia 5 Tipe Orang Bego! Nomer 5 Makin Banyak Nih!

Waktu kamu sekolah dulu, pasti bapak atau ibu guru pernah – untuk memberikan motivasi buat mereka yang nilainya jelek – bilang “Tidak ada orang bego, yang ada hanyalah orang malas.” Lalu kamu pun jadi semangat belajar, tapi sayangnya nilai kamu tetep jeblok. Nah sekarang ceritanya kamu udah gede, udah ngeliat pahitnya dunia, udah sadar lah ama kebohongan-kebohongan masa kecil kamu dulu. Dan kamu udah ngeliat sendiri kalo ternyata orang bego itu beneran ada. DAN BANYAK.

Orang-orang bego selalu ada di sekitar kamu. Di daerah rumah kamu. Di jalan. Di kantor. Di emol. Di pemerintahan. Apalagi di internet. Banyak banget. Dan macemnya juga banyak lho. Yuk kita bahas, biar gak ikutan bego.

Si Bego yang Lucu

Tipe ini mungkin tipe bego yang paling menyenangkan, karena biasanya sih jadi hiburan orang sekitarnya. Orang bego ini sebenernya gak bego beneran sih. Secara akademis dia ya okelah. Terus tingkat intelejensia juga gak dibawah rata-rata. Untuk membuat keputusan-keputusan penting dalam hidup, dia juga cukup bertanggung jawab dan mumpuni. Tapi kelakuannya yang suka bego, ato yang suka lemot gitu deh. Misalnya kamu dan temen-temen lagi ngobrol yang serius, tau-tau dia nyeletuk yang gak nyambung, dan semua orang ketawa. Yang model-model begini lah.

Si Bego yang Sadar Diri

Bisa dibilang bego yang pinter lah, karena dia tau batasan-batasan dalam dirinya. Dia tau kalo dalam beberapa hal, dia gak sepinter orang lainnya, dan gak sotoy. Misalnya kalo lagi ada debat politik gitu dan si bego ini tau kalo dia gak ngerti-ngerti amat topiknya dan gak ngikutin perkembangan, dia memilih untuk jadi kaya karena diam itu emas. Dia gak komentar macem-macem. Gak ikut-ikutan atau cuma nge-beo orang lain, dan gak mempermalukan dirinya sendiri dengan menunjukkan kebegoannya.

Si Belagak Bego

Sebenernya dia pinter, tapi belagak-belagak bego aja. Kenapa dia begitu ? Ya macem-macem lah. Mungkin takut kalo ketauan pinter nanti dapet kerjaan banyak terus. Mungkin pengen ngejilat orang aja, biar orang ngerasa pinter kalo ngomong sama dia. Mungkin buat nipu, misalnya pura-pura bego kalo lagi ditilang sama polisi. Ato ya lagi iseng aja. Orang kalo udah kepinteran kan suka aneh kelakuannya.

Si Bego yang Pasrah

Kata-kata andalannya “Iya deh tau deh yang pinter” atau “Ya maaf deh kalo gue bego.” Dia mirip sama si tipe sadar diri, tapi bedanya tipe ini malah jadi nyolot. Dia merasa kebegoannya adalah nasib dan kesialan, dan dia adalah korban ketidak-adilan alam semesta. Orang-orang kayak gini biasanya ngerepotin, karena ngerasa dirinya bego jadinya bergantung sama orang yang dia anggep lebih pinter.

Si Bego Absolut

Jadi ini orang bego. Tapi dia gak tau kalo dia bego. Terus jadinya sotoy. Orang bego kalo sotoy, apa yang terjadi anak-anak? Salah kan? Nah abis salah, dia tetep sotoy, tetep ngerasa bener. Kalo ada yang ngasi tau benernya gimana, langsung tersinggung, emosian, terus nyolot deh. Kalo udah gini, gimana mau pinter kan. Dikasi tau yang bener malah nyolot.

Oh ya, kalo si bego absolut ini kebetulan orang terkenal/hebat atau anaknya orang terkenal/hebat, biasanya bakal ngomong “KAMU GAK TAU SIAPA SAYA/BAPAK SAYA?” Duh. Ini yang paling parah deh pokoknya. Udah bego, gak sadar, nyolot, idup dan ada dimana-mana lagi. Kalo saja membunuh manusia itu legal….

Dah ah. Emosi sendiri ngomongin orang bego. Komen dong. Yang pinter ya, kan udah sering baca MBDC, pasti pinter dong.