Ternyata di Hal-hal Ini Orang Indonesia Lebih Jago dari Bule! Bikin Bangga Banget!

Indonesia sebagai negara dunia ketiga seringkali masih dianggap rendah dibanding negara-negara bule di barat sana yang udah maju. Penduduknya juga sama, masih dipandang sebelah mata dalam berbagai macam hal. Orang Indonya sendiri juga banyak yang punya inferiority complex, nganggep dirinya lebih rendah dibanding bule. Padahal sama-sama manusia. Sama-sama napas dan kalo beol warnanya coklat, apapun warna kulitnya. Dan orang Indonesia juga gak cupu kok, banyak hal yang orang kita lebih jago daripada bule. Ini nih diantaranya.

Main Badminton

Badminton_Semifinal_Pan_2007

Olahraga Badminton ini adalah olahraga paling populer di nusantara tercinta ini. Orang mungkin bilang sepak bola lebih populer, tapi menurut MBDC sih badminton. Bola yang demen kebanyakan cowo-cowo doang, sementara badminton cowo, cewe, tua, muda, kaya, miskin, semua suka main badminton dan pasti pernah main badminton di jalan depan rumah. Bener-bener olahraga rakyat.

Karena itu, orang Indonesia jago dan merupakan salah satu negara paling berprestasi di dunia dalam cabang badminton. Bahkan dulu, dari tahun 70an sampe awal 2000an, semua kompetisi badminton tingkat dunia didominasi sama atlet-atlet Indonesia. Negara-negara bule yang lumayan jago paling cuma Denmark ama Jerman. Sekarang sih prestasi Indonesia lagi menurun, kalah sama Cina atau Malaysia. Tapi tetep lebih jago daripada bule.

Makan Pedes 

[caption id=“attachment_19227167869” align=“aligncenter” width=“630”]Tuh kan jago abis Tuh kan jago abis[/caption]

Sambel buat orang Indonesia itu bisa dibilang hampir pentingnya sama nasi. Semua daerah punya sambel masing-masing, biarpun makanan khas daerah situ udah pedes dari sononya kayak masakan Padang atau Manado. Bahkan buat segelintir orang Indo, makan kalo gak pake sambel ato gak ada rasa pedesnya itu gak ada rasanya. Pokoknya kalo urusan pedes-pedesan, lidah Indonesia tuh kuat banget deh.

Nah kalo bule.. Yah coba kamu bawa bule makan sambel ijo di restoran Padang. Ato gak usah jauh-jauh deh, suruh mereka makan ayam crispy di KFC. Paling besokannya mencret. Sedangkan kamu kalo misalnya jalan-jalan ke negara bule, coba beli sambel yang extra hot di supermarket atau di restoran, paling pedesnya kayak pedes indomi gitu, kagak ngepek.

Bikin Trending Topic

Ya ini juga masuk sih. Walaupun kamu harusnya gak usah bangga kalo ada trending topic worldwide di Twitter yang asalnya dari Indonesia. Tapi emang kenyataannya, hampir tiap hari trending topic karya anak (baru gede) bangsa selalu mendominasi trending topic worldwide di Twitter. Sementara kalo bule-bule, kalo ada trending topic sih palingan emang ada marketing campaign, bukan kerjaan abege galau yang pengen mendunia.

Cebok

Cebok tuh kayaknya skill khusus orang Indonesia deh. Negara-negara asia lainnya juga kayaknya gak ada yang punya praktek cebok. Gak usah jauh-jauh, kalo kamu ke WC di Singapur atau di Malaysia, gak ada selang, ember atau semprotan jet stream buat cebok.

Apalagi di negara bule. Buat mereka konsep cebok adalah sesuatu yang asing. Abis beol, yaudah di-lap aja pake tisu sampe rasanya bersih. Tapi kan tetep aja, lebih bersih kalo dicuci pake air dan sabun. Tapi yang aneh, orang Indo kan saking menjaga kebersihannya abis beol cebok ya, tapi kok masih pada doyan buang sampah sembarangan.

Klenik

9 hantu

Sama seperti sambel, hampir semua daerah di Indonesia punya klenik-klenik khasnya. Entah itu jenis hantu, atau sihir-sihir santet. Dukun di Jawa sama dukun di Kalimantan, jenis-jenis sihirnya beda. Tokoh-tokoh jagoan cerita rakyat, juga beda-beda ilmunya. Cara menghadapi orang yang kesurupan juga macem-macem. Hal-hal klenik gini masih kental banget sama orang Indonesia, dan kita lebih ahli dalam berurusan sama beginian.

Sedangkan di negara bule, hal-hal kayak gini jarang banget. Banyak orang bule yang gak percaya dengan hal-hal spiritual kayak gini. Hantu-hantu di cerita mereka aja juga cuma itu-itu doang. Hantu biasa, vampir, ato manusia serigala. Basi. Coba deh kamu nyantet bule, pasti bingung dia mau ngapain. Kalo kamu nyantet orang Indo, sehari-2 hari juga udah panggil pak haji tuh.

Pengobatan Alternatif

Orang Indonesia kalo sakit, banyak yang gak mau ke dokter. Karena buat sebagian orang masih mahal, masih ada juga yang emang gak percaya sama ilmu medis. Dan kadang, ada penyakit-penyakit yang lebih cepet diobati secara alternatif daripada secara resmi medis, kayak kalo keseleo lebih mending dibawa ke tukang urut.

Dan pengobatan alternatif di Indonesia juga banyak banget. Ada dukun, terus tukang urut. Tukang urut pun macem-macem. Ada yang cuma bisa nyembuhin keseleo, ada juga yang ngakunya bisa nyembuhin penyakit-penyakit dalam atau bawaan, kayak asma. Terus ada yang berobatnya ke “orang pinter.” Yang berobatnya pake air yang udah dibaca-bacain sama pak haji juga ada. Banyak deh.

Sementara di negara bule, dikit banget pengobatan kayak gini. Paling akupuntur. Atau mentok-mentok, pake ganja medis. Itupun juga aturan dan regulasinya ketat banget. Coba kalo misalnya ada tukang urut disana, pemain-pemain bola yang cidera diobatin sama mereka, pasti bisa lebih pendek masa cideranya. Kayaknya sih.

Menurut kamu, apalagi hal yang orang Indonesia lebih jago daripada bule? Coba share di comment.