Ilmu Komputer yang Diajarin di SD Jaman Dulu (Sekarang Udah Gak Kepake)

Pelajaran-pelajaran-Komputer-yg-Diajarin-di-SD-Jaman-Dulu-

Inget gak kapan pertama kali kamu mainin komputer? Nah kalau kamu mainin komputer dari awal tahun 90an, yang mana di beberapa Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai masukin pelajaran komputer, pastinya kamu masih tau dong beberapa ilmu yang diajadin. Ya walaupun beberapa ilmu tersebut udah gak kepake lagi sih di era komputer yang semakin canggih kayak sekarang.

1. Make Disket

Coba kamu liat komputer kamu, ada gak lubang tipis kecil yang kurang lebih seukuran kaset? Pastinya udah gak ada. Kalau masih ada berarti komputer kamu peninggalan Om kamu ya? Nah lubang tersebut adalah tempat bersemayamnya sebuah Floppy Disk Drive atau Diskette. Kalau di Indonesia sih bilangnya Disket.

Apa itu disket? Ini adalah sebuah tempat penyimpanan file atau data komputer. Kalau jalam sekarang mungkin kamu kenalnya flashdisk/usb, malah sekarang udah ada teknologi penyimpanan di awan. Balik lagi, dikset dulu adalah barang yang sangat penting buat mainin komputer. Karena beberapa program cuma bisa dimainin kalau kamu punya datanya yang mana disempen di dalam disket. Makanya walaupun cuma bisa menampung data sebesar 1 megaan doang, disket pasti dieman-eman.

Jadi dulu sih ilmu yang diajarin seputar gimana masukin disket ke dalam komputer, menyimpan data ke dalam disket, sampai gimana memperlakukan disket (biar gak rusak). Sekarang ilmu tersebut kepake gak? Ya nggak lah!!!! Mana ada komputer yang masih ada Floppynya?

[caption id=“attachment_192271” align=“alignnone” width=“560”]01 Nih dia keluarganya disket[/caption]

sumber foto: adityarizki.net

2. Dir/W dan Rekan-Rekan

Dir itu kependekan dari directory. Dir sendiri adalah salah satu perintah dalam komputer yang pake OS berbasis DOS. Nah jaman dulu ilmu menggunakan Dir-Diran ini sering banget diajarin pas jaman SD, tujuannya buat ngeliat file atau folder di direktori tertentu. Dir sendiri ada banyak banget kombinasi dan kegunaannya, makanya MBDC kasih poinnya pake kata rekan-rekan

DIR /a-d: Ngelihat daftar file DIR /ad: Ngeliat dafter folder DiR/w: Nampilin nama file secara melebar (wide) DIR/c: Nampilin file pada drive C Dir/h: Nampilin help Dir/p: Nampilin file perhalaman (page)

Sebenernya masih banyak banget rekan-rekan dir yang lainnya, tapi MBDC udah lupa, hahaha. Apakah sekarnag ilmu ini masih kepake? Kayaknya sih udah nggak ya. Sekarang kan kalau mau ngelakuin perintah apa-apa di dalam komputer tinggal klik dan double klik. Tapi kalau kamu mau nyoba atau sekedar nostalgia sama dir-diran ini, di Windows bisa kamu klik Start menu -> All programs -> Accessories -> Command prompt.

[caption id=“attachment_192271” align=“alignnone” width=“560”]command-prompt-windows-7 Nanti keluarnya kayak gini[/caption]

Kamu tinggal masukin aja tuh dir-diran yang kamu ketahui atau mungkin ilmu DOS lainnya yang kamu masih inget.

3. Make WordStar

Sebelum ada Microsoft Words jaman dulu kalau mau nulis-nulis di komputer masih pake WordStar. Jadi pas komputer udah kenal DOS, WordStar jadi salah satu aplikasi yang sangat populer. Dan kalau gak salah waktu itu dijualnya masih pake disket. Nah anak-anak jaman dulu pas di sekolah pastinya diajarin nih cara make WordStar yang tampilannya masih bisa dibilang alhamdulillah dari pada gak ada sama sekali.

Sekarang sih WordStar udah gak kepake, karena udah makin banyak aplikasi serupa yang tentunya jauh lebih canggih nan menawan dari segi tampilan.

step-2 sumber foto: klneidecker.com

4. Lotus 1-2-3

Merupakan program spreadsheet yang dimiliki oleh software Lotus. Sebenernya Lotus punya banyak progam lainnya, tapi gak ada yang lebih populer selain Lotus 1-2-3 ini. Lebih gampangnya, Lotus 1-2-3 itu mirip kayak Microsoft Excel. Nah program Lotus 1-2-3 ini juga jadi salah satu program wajib yang diajarin di sekolah waktu itu. Tapi sayangnya IBM yang punya hak atas software Lotus konon mau ngilangin si Lotus 1-2-3 barengan sama beberapa program lainnya. Kalau jaman sekarang sih kayaknya kamu kenalnya cuma Microsoft Office aja kali ya?

[caption id=“attachment_19227168095” align=“alignnone” width=“560”]Ni dia tampilan lotus 123 di DOS Ni dia tampilan lotus 123 di DOS[/caption]

sumber foto: guidebookgallery.org

Itu aja sih ilmu komputer jaman SD yang MBDC inget. Kamu sendiri masih inget gak sama hal-hal di atas? Atau mungkin kamu tau ilmu yang lainnya? Share dong

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!