Mainan Pistol-Pistolan

pistol-dor-dor-(yg-bisa-meletus-itu-lho)

Mainan pistol-pistolan gak akan pernah tua. Karena orang tua pun masih ada yang suka mainan pistol-pistolan, bahkan beberapa udah ada yang main pistol beneran. Permainan ini umumnya digemari sama cowok, bukan karena cowok udah punya pistol abadi yah. Karena kesannya macho aja gitu kalo nenteng-nenteng bawa pistol. Trus kenapa cewek gak boleh main pistol-pistolan? Ya kan cewek imagenya selalu lembut dan patut dilindungi, makanya cowok pun melindunginya dengan pistol.

[caption id=“attachment_19227164221” align=“alignnone” width=“382”]tuh cowok berpistol melindungi cewek hamil tuh cowok berpistol melindungi cewek hamil[/caption]

Nah, di era 90an ada satu jenis pistol-pistolan yang terkenal banget, namanya Doblis atau Cap Gun. Bentuknya beramacam-macam, tapi yang paling sering itu revolver. Bahannya pun ada yang dari plastik dan besi, kamu tau lah ya yang mana yang lebih mahal. Pistol Doblis dilengkapi dengan peluru terbuat dari plasik berbentuk llingkaran berwarna merah. Tapi peluru ini gak bisa keluar (ih kasian banget gak bisa keluar)hanya bisa berbunyi…TAR. Karena di dalam pelurnya ada semacam bubuk mesiu yang akan meledak kalau kena pelatuk pistol ini.

[caption id=“attachment_19227164220” align=“alignnone” width=“560”]Nih dia pistol dan pelurunya Nih dia pistol dan pelurunya[/caption]

Mainan Khas Lebaran

Bagi anak-anak kecil di tahun 90an pistol Doblis ini adalah mainan yang cukup mewah dan bersahaja. Tapi anak-anak jaman dulu kan suka susah kalo mau minta beliin mainan. Kalo mau beli mainan harus susah-susah nangis dulu, beda kayak anak kecil jaman sekarang yang udah langsung disodorin mainan mau itu nangis atau nggak. Karena susah beli mainan, makanya kesempatan buat beli pistol Doblis ini pun ada saat lebaran tiba, dimana anak-anak bisa ngumpulin duit hasil bertamu ke rumah sodara ataupun tetangga. Saat itu lah dunia terasa indah buat anak-anak dan tentunya abang-abang mainan.

Cara Main

Mainan pistol Dolbis gampang banget. Kamu tinggal masukin aja pelurunya ke tempat naro peluru di pistol. Abis itu tinggal tembak-tembak deh selama delapan kali. Kalo udah gak bunyi lagi, tinggal ganti pelurunya, trus tembak-tembak lagi deh. Begitu aja terus sampe bosen. Oiya, kamu juga harus hati-hati mainan pistol ini, jangan ditembakin dekat telinga, karena suaranya lumayan bisa bikin kuping sakit.

Koleksi

Berpuluh-puluh tahun sudah lewat, tapi pistol Doblis masih melekat dalam sanubari anak-anak kecil jaman dulu yang sekarang tentunya udah gede dong (apanya yang gede?). Yap, sekarang banyak orang dewasa yang masih suka berburu pistol Doblis sekedar untuk mengoleksi. Nah, kalo kamu pengen juga, kamu bisa cari aja di internet, banyak yang  jual. Atau kalau kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa ke Blok M Square, di sana ada juga tuh yang jual. Oiya harga pistol Doblis yang plastik kisaran harganya 50ribuan, sedangkan yang bahannya besi sekitar 100ribuan.

Yaudah yuk yang masih inget sama mainan ini boleh langsung berbagi cerita dan pengalaman di komen.