Angka-angka Populer dan Maknanya

Meskipun banyak orang benci matematika, tapi gak dipungkiri kalo manusia itu terobsesi dengan angka. Di berbagai tradisi, ada angka-angka yang dianggap keramat, bawa sial ataupun bawa keberuntungan. Malah gara-gara kepercayaan tertentu akan angka dan jadi patokan untuk ngejalanin hidup. Sebagian orang lagi, ngaitin kejadian acak terus nyambungin sama angka tertentu abis itu dipake buat masang.

MBDC kumpulin nih angka-angka populer dan maknanya:

1. 13

Angka ini terkenal karena dianggap membawa sial, malah ada orang-orang yang punya pemikiran irasional kalo angka ini buruk dan harus dihindari jauh-jauh. Sampe-sampe ada namanya sendiri untuk ketakutan akan angka 13 yaitu Triskaidekaphobia. Makin populer aja berkat film horror Friday the 13th.

Yang unik, ada juga negara yang beranggapan sebaliknya. Di Italia, angka 13 disebut sebagai angka keberuntungan. Sedangkan, angka tujuh belas disebut sebagai angka sial.

Sejak lama, hari Jumat tanggal 13 jadi hari yang dianggap gak baek. Di negara berbahasa Spanyol, bukannya Friday the 13th yang ditakutin orang, tapi justru hari Selasa. Begitu juga, orang Yunani yang mikir kalo Selasa dinaungin the God of War.

2. 7

Kebalikan dari angka 13, angka tujuh lebih deket ke keberuntungan. Misalnya: Jumlah warna di pelangi, jumlah lapisan surga, jumlah keajaiban dunia dan kalo di sepak bola nomer tujuh selalu dipake sama pemain-pemain sayap yang keren.

Selain itu, nomer 7 juga dikenal sebagai jumlah dosa paling mematikan dalam kepercayaan umat kristiani.

3. 666

666 seringkali disebut sebagai Number of the Beast. Nomer ini identik dengan setan dan banyak dipake oleh kelompok musik metal buat nampilin betapa seremnya mereka.

4. 888

Angka yang ini dalam penomoran kristiani melambangkan Jesus dan juga dianggap sebagai lawan dari angka 666.

Sedangkan, bagi masyarakat tionghoa angka 888 dianggap angka yang bawa beruntung banget. Sampe kalo ada nomer telpon yang ada angka ini, harganya premium.

5. 17

Tanggal 17 selalu diinget karena merupakan hari kemerdekaan negara Indonesia. Meskipun sebenernya, secara umum Indonesia baru diakuin berhari hari setelah tanggal ini.

Buat cewek-cewek, umur 17 dianggap penting banget dan dirasa harus dirayain segede mungkin. Karena di usia ini, seorang cewek dianggap udah dewasa dan udah bisa ngurus KTP. Yang lucu, walaupun pake bahasa Inggris, di Amerika yang terkenal justru Sweet Sixteen, saat dimana remaja dibolehin nyetir.

6. 27

Di dunia musik, umur 27 dikenal karena banyaknya musisi yang meninggal di usia ini. Brian Jones, Jimi Hendrix, Jim Morrison, Janis Joplin, Kurt Cobain sampe yang terbaru Amy Winehouse semua meninggal di usia ini dengan alasan yang berbeda-beda.

Gara gara banyak yang meninggal, sampe ada nama khusus buat mereka yaitu 27 Club.

7. 86

Angka ini sebenernya berasal dari kode sandi kepolisian, yang artinya “Dimengerti”. Semacam ‘Jangkrik, bos’ gitu deh. Juga dikenal di jalanan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan suap. MBDC gak ngerti sih kenapa, ada yang tahu?

8. 64

Angka ini pasti familiar banget buat mereka yang sering naik angkot, biasanya disebut sama supirnya buat ngingetin kalo sebenernya angkotnya masih lowong. Enam-empat di sini artinya “Rapetin dong duduknya”

9. 11 12

Angka ini sering terdengar kalo misalnya lagi ngebandingin sesuatu, artinya yaitu mirip atau hampir sama.

"Kamu sebelas dua belas deh mukanya sama yang ada duit 500"

10. 69

Kalo yang ini gak usah dijelasin lagi kali ye.

Apa? Kamu belum ngerti juga? Kira kira gini sih, MBDC ilustrasiin ye. Ada orang yang tipenya suka ngasih, ada orang yang tipenya suka nerima. Nah kalo 69, dua duanya bisa ngedapetin sekaligus. Gitu.

Ngerti?

Nggak?

11. 48

Kalo yang ini dikenal karena konon kabarnya Siddharta Gautama duduk dibawah pohon selama 48 hari untuk mendapat pencerahan.

48 menit juga adalah waktu total satu game NBA.

Tapi, sebenernya angka ini ada karena alesan lain sih.

[caption id=“attachment_19227163739” align=“alignnone” width=“448”]Tahu kan, artinya? Tahu kan, artinya?[/caption]

Ada yang MBDC lewatin? Coba kasih tahu di kolom komen

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!