5 Bisnis yang Belum Bisa Dijalanin Di Indonesia

Bisnis-yg-belom-bisa-jalan-di-Indo

Ah Indonesia. Banyak banget kesempatan untuk berbisnis di Negara yang termasuk sebagai salah satu emerging country versi Jim O’neill yang menggiurkan bagi banyak investor karena pemerintanya lagi ngeluarin banyak Bonds.

Oke, kamu yang sering baca dan main kemari juga tau kalau ada banyak banget usahawan di Indonesia, bisnisnya sih macem-macem, mulai dari yang paling standar kayak jualan kaos sampe yang illegal kayak jualan manusia.

Ini adalah bisnis yang menurut MBDC belom bisa dijalanin di Indonesia beserta alasannya.

Zipcar

zipcar

Jadi ini adalah bisnis penyewaan mobil gitu, cuma yang bikin unik, kamu gak perlu kontak ownernya buat nyewa mobil. Cukup register dari mobile apps, di verify, dan kamu bisa make mobil dari Zipcar ini dari area terdekat dengan posisi kamu.

Yang bikin keren, Zipcar ini punya teknologi yang ngebolehin verified usernya pake kartu buat masuk mobilnya, sementara kunci mobilnya ditaro di dalem mobil. Harganya juga relative murah karena pemakaiannya diitung perjam. Trus kalau kamu tinggal di daerah A, gak perlu mikirin biaya parkir di sana kalau kamu make Zipcar ini.

Kenapa belum bisa di Indonesia:

Selain sistem penggunannya yang cenderung ribet bagi Negara dunia ketiga kayak Indonesia, tingkat edukasi yang rendah dan tingkat kriminalitas yang cenderung tinggi juga menjadi jawaban untuk ketidakcocokan bisnis ini di Indonesia, terlebih di Jakarta.

Nanti yang ada malah mobilnya dicolong, sekalinya minta polisi buat nyariin, kudu bayar dulu, dan birokrasinya bikin si pelaku berkesempatan buat peretelin mobil colongannya.

Xtreme sandbox

ES-index

Jadi si Extreme Sandbox ini sebuah wahana permainan dimana pelanggannya diperbolehkan bermain dengan alat berat di lahan yang udah ditentukan gitu. Jadi semacam buat yang penasaran pengen mengendalikan alat berat, Extreme Sandbox ini jadi jawabannya.

Kenapa belum bisa di Indonesia:

Selain keterbatasan lahan, bukan, bukan karena lahannya gak ada, tapi lahannya cenderung dijadiin mall semua, alasan lain yang menurut MBDC menjadikan bisnis ini belum visible di Indonesia adalah lagi-lagi karena orang Indonesia kelewat kreatif. Alih-alih mainan alat berat, malah masuk koran ada tragedi pembunuhan orang dilindes bulldozer.

Atau enggak pada malam hari, tanah kosongnya dipake buat gejol sama pemuda-pemudi harapan bangsa. Hmmm. Kasian. Nanti digrebek ormas loh.

I do, now I don’t

donowidont-650x371

Sebuah website jual-beli buat perhiasan gitu. Yang bikin unik, website ini khusus jual-beli perhiasan bekas gitu, biasanya sih dari pasangan yang udah cerai gitu.

Kenapa belum bisa di Indonesia:

Selain penggunaan e-commerce di Indonesia belum maksimal, bisnis jual-beli perhiasan bekas ini cukup sensitive di Negara seperti Indonesia. Bisa aja ternyata kamu beli cincin kawin mantan gebetan kamu gitu, bukannya tunangan malah gagal move on. Belum lagi komentar berbau SARA yang malah makin menunjukan seberapa rendah tingkat edukasi di Indonesia.

Spot Hero

SpotHero

Sebuah aplikasi yang membuat penggunanya bisa mencari tempat parkir terdekat.

Kenapa belum bisa di Indonesia:

Ehem. Lahan parkir di kota-kota besar Indonesia kayaknya lumayan banyak ya. Terus juga ada sebuah pekerjaan yang siap membimbing dan memandu orang Indonesia dalam urusan parkir-memarkir. Kalau penggunaan aplikasi semacam ini udah maksimal, bisa-bisa apps developernya diprotes sama persatuan tukang parkir se-Indonesia.

Trunk Club

RrydjqF

Siapa sih yang gak demen shopping? Trunk Club ini sebuah bisnis yang bergerak di male clothing company gitu. Yang ngebedain trunk club sama yang laen adalah sistemnya. Jadi, kamu bakalan di data dulu lebih pengen pake outfit yang kayak gimana, terus di data brand clothing mana yang jadi preferensi kamu.

Buat apa?

Nanti, registered membernya bakalan di kasih personal fashion assistant yang bakalan nelpon dan ngebolehin registered member buat konsultasi seputar gaya berpakaian. Nah, dari situ, Trunk Club bakalan langsung ngirim item-item fashion yang suitable buat membernya ke depan rumah mereka, baik dari preferensi gaya maupun budget yang di data dari preferensi brand sebelumnya.

Tanpa perlu bayar dulu.

Kalau setelah di anter, kamu ngerasa cocok, bisa langsung lanjut ke proses pembayaran online, kalau gak suka, tinggal di balikin lagi ke alamat posnya Trunk Club.

Kenapa belum bisa di Indonesia:

Yah. Jangankan yang beginian. Yang jualan dari forum aja masih sering diboongin dibilang “udah transfer ya!” padahal belom masuk tuh duit. Jangan-jangan kalau bisnis ini ada di Indonesia, terus dikirim ke kosan temen kamu, kamu liat dan kamu suka sebelum temen kosan kamu tau, kamu tuker lagi isinya sama pakean bekas kamu yang udah belel. Kasian temen kamu.

Yak, itu dia bisnis-bisnis yang menurut MBDC belum bisa diaplikasiin di Indonesia. Kamu tau bisnis keren lain diluar sana? Selain bisnis perjudian dan prostitusi ya, basi, yang gituan mah MBDC udah tau. sharing dong!

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!