Seri Mainan Jaman Dulu: Tazos

Seri-Mainan-Jaman-Dulu--Tazoz

Pertengahan 90an anak-anak SD maupun SMP seneng banget jajan snack baik itu Chiki Balls, Chitato, atau Cheetos. Mereka beli snack tersebut mungkin karena berdasarkan suka aja, tapi sebagian besar dikarenakan ada hadiah di dalamnya, yaitu Tazos.

Tazos merupakan produksi Frito-Lay, yang merupakan salah satu divisi dari PepsiCo untuk prodak makanan ringan. Tazos merupakan gimik berupa kartu lumayan tebal dengan bentuk lingkaran dan octagon. Trus ada yang bergergi (bisa dibentuk2) ada juga yang rata. Ditambah gambar-gambar tokoh kartun membuat Tazos pun jadi incaran anak-anak, termasuk anak-anak Indonesia. Taktik dagang yang cukup baik. Di Indonesia sendiri Tazos bergambar Tiny Toons yang pertama kali masuk dan langsung populer. Nah setelah seri Pokemon keluar, popularitas Tazos pun semakin menjadi.

[caption id=“attachment_19227163070” align=“alignnone” width=“560”]Ini contoh tazos pokemon Ini contoh tazos pokemon[/caption]

Dari Koleksi Sampe Kapal-Kapalan

Karena dari satu snack cuma dapet satu Tazos, gak heran kemudian Tazos pun jadi koleksi yang bisa dijadikan bahan nyombong. Biasanya sih koleksi Tazosnya suka disimpen di kaleng, tempat pensil, kantong plastik, atau album yang emang udah disediain buat naro Tazos. Lagi-lagi taktik dagang yang bagus.

[caption id=“attachment_19227163071” align=“alignnone” width=“560”]Kalo punya duit bisa beli tempat buat khusus buat nyimpen tazos Kalo punya duit bisa beli tempat buat khusus buat nyimpen tazos[/caption]

Tapi Tazos gak cuma sekedar buat dikoleksi aja, sebuah iklan TV sempat menggambarkan cara bermain Tazos dengan cara menumpuk beberapa Tazos, lalu kemudian dengan Tazos gacoan berusaha menjatohkan tumpakan Tazos tersebut. Permainan yang Tazos seperti ini pun cukup populer saat itu, tapi gak sepopuler dengan yang menggabungkan beberapa Tazos bergerigi menjadi kapal-kapalan atau bentuk-bentuk lain yang keren.

[caption id=“attachment_19227163072” align=“alignnone” width=“560”]Ini bentuknya apa ya? Ini bentuknya apa ya?[/caption]

Sayangnya di tahun 2000an Tazos udah gak ada lagi dalam snack. Bukan cuma itu, snack-snack juga udah mengasi fatamorgana, maksudnya bentuknya keliatan penuh eh pas dibuka ternyata penuh angin, hahahaha.

Sekedar info, Tazos itu seri gambarnya mulai keren-keren, ada yang seri The Simpsons sampai Star Wars. Sayang banget yah udah gak ada lagi di Indonesia, kan bisa jadi koleksi yang keren sangat itu.

[caption id=“attachment_192271” align=“alignnone” width=“560”]tazos-star-wars keren kan?[/caption]

Kamu dulu koleksi Tazosnya seberapa banyak? Ceritain dong di komen

 

 

 

 

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!