Sejarah Internet

Halo. Biar kamu gak bosen main ke MBDC, sekali-sekali MBDC mau ngasih pengetahuan yang beda buat kamu. Buat variasi gitu, biar kamu juga pinteran dikit, isi pikirannya gak cuma cara nyari cabe-cabean, bikin cewek basah, cowok tegang, atau ngajak pacar ML. Kali ini, MBDC mau membahas sesuatu yang penting banget, tapi sering kali terlupakan. Tiap hari benda ini kita pake, udah lama ada dan telah mengubah dunia, tapi gak banyak yang tau asal muasalnya.

Apakah itu… Bukan, kita bukan mau ngebahas tentang jemuran. Tapi kita mau bahas tentang asal muasal Internet. Yok semua merapat. Yang gak rapet juga yuk sini, boleh ikutan juga kok.

Perang Dingin 

Setelah selesai Perang Dunia II, Amerika sama Uni Soviet ceritanya masih sensi-sensian gitu, kayak 2 cewek yang abis berantem.

[caption id=“attachment_19227163011” align=“aligncenter” width=“760”]Kurang lebih kayak gini Kurang lebih kayak gini[/caption]

Kedua negara raksasa ini saling bersaing dalam berbagai hal, seperti teknologi, espionase, pendidikan dan lain-lain, pengen nunjukin siapa yang lebih hebat ke dunia, sekaligus mengukur kekuatan masing-masing, kalo-kalo ada perang lagi.

Nah taun 1957, Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit buatan manusia pertama kali ke luar angkasa, yang disebut Sputnik. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa di saat itu, dan Amerika pun kelabakan. Gak mau kalah, Amerika pun menggandakan usaha-usahanya dalam memajukan tekonolgi, dan lahirlah beberapa agensi baru untuk tujuan-tujuan tersebut, diantaranya adalah NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang tujuannya buat eksplorasi luar angkasa, dan ARPA (Advanced Research Projects Agency), yang tujuannya untuk ngembangin teknologi militer.

ARPANET 

ARPA, atau yang sekarang udah ganti nama jadi DARPA (D-nya itu Defense) merupakan tempat lahirnya cikal bakal Internet. Konsep awalnya adalah mencari bentuk komunikasi baru yang karena mereka parno, misalnya Soviet tiba-tiba nyerang dan melumpuhkan jaringan telepon mereka. Adalah J.C.R. Licklider yang memiliki ide untuk membuat jaringan komunikasi lewat komputer pada tahun 1962. Lalu pada 1966, seorang ilmuwan lain yang bernama Leonard Kleinrock membuat teori “Packet Switching,” yaitu teori gimana teknisnya mengirim data-data lewat komputer dengan dipecah terlebih dahulu dan dikirim lewat jalur yang terpisah, dan jika ada satu jalur yang terputus, makan data bisa lewat dari jalur yang lain, jadi lebih rentan terhadap serangan daripada jaringan telepon.

Kedua orang tersebut dan timnya lah yang orang-orang yang menemukan Internet. Pada tahun 1969, “Internet” pertama kali online dengan nama ARPANET, yaitu jaringan antara 4 komputer di universitas-universitas di Amerika, yaitu UCLA, UCSB, Stanford, dan University of Utah. Pas jaman ini komputer masih sedikit jumlahnya, dan masih segede-gede rumah. Cuma beberapa pihak yang punya.

[caption id=“attachment_19227163012” align=“aligncenter” width=“760”]Kurang lebih segede gini lah. Kurang lebih segede gini lah.[/caption]

ARPANET terus berkembang dari 4 komputer di Amerika, sampe nyambung ke beberapa komputer di Eropa. Tapi karena makin banyak komputer yang tersambung, protokol Packet Switching udah gak efisien lagi untuk untuk menyopangnya.

TCP/IP

Di akhir dekade 70an, Vinton Cerf berhasil mengembangkan cara baru untuk komputer-komputer di dunia agar bisa berinteraksi lebih mudah, yang dia beri nama Transfer Control Protocol (TCP), lalu gak lama kemudian dia juga nambahin protokol baru yaitu Internet Protocol (IP). TCP/IP inilah yang kita pake sampe sekarang. Kasarnya, komputer-komputer bisa saling “berkenalan” lewat jaringan seluruh dunia untuk mentransfer data. Internet pun makin berkembang selama dekade 80an, digunakan oleh ilmuwan, peneliti dan negara untuk saling bertukar data.

World Wide Web

Internet pun berkembang terus, seiring juga dengan kemajuan tekonologi komputer. Pada tahun 1991, seorang ilmuwan dari Swiss bernama Tim Berners-Lee bikin terobosan baru. Jadi kalo sebelomnya Internet cuma dipake buat tuker-tukeran data, dia mencetuskan World Wide Web, yaitu sebuah “web” untuk menyimpan informasi dimana semua orang yang punya Internet bisa mengakses. Mungkin analoginya, kalo sebelomnya data itu bisa diakses secara A La Carte, satu-satu gitu, dengan World Wide Web ini data ada di meja Buffet, semua orang bisa ngambil.

[caption id=“attachment_19227163013” align=“aligncenter” width=“760”]Internet Internet[/caption]

Lalu pada 1992, peneliti-peneliti di U of I (University of Illinois ye, bukan sekolahan di Depok ama Salemba itu) menciptakan Web Browser pertama kali, yang membuat akses untuk internet lebih kece melalui Web Page gitu. Jadi pengguna Internet bisa ngeliat tulisan dan gambar dalam satu halaman, dan juga ada Hyperlink yang bisa diklik. Sebelomnya MBDC gak tau bentuk Internet kayak apa, mungkin kayak DOS ato BASIC gitu kali ya, cuma tulisan doang.

DotCom

Di tahun yang sama, karena aksesnya juga jauh lebih mudah, pemerintah Amerika pun mengeluarkan peraturan kalo Internet boleh dipake untuk kepentingan komersil, bukan untuk sharing informasi doang. Dan web page yang komersil menggunakan kode Dot Com (.com) di alamatnya untuk menandakan kalo tujuannya untuk komersil. Pada era ini lah Internet pun meledak, karena dengan Internet orang bisa jualan apa aja, darimana aja. Dan inilah awal dari Internet yang kita kenal dan pake sekarang. MBDC juga dulu lahirnya lewat Internet lho! Beberapa pemuda visioner yang kreatif bertemu di Internet dan akhirnya terjadilah website kesukaan kalian semua ini!

Begitulah ceritanya. Nah, anak-anak yang manis, sekarang udah waktunya tidur, jadi sana cuci muka sama sikat gigi. Oh iya kalo ada yang mau nambahin, silakan di comment section di bawah yak. Kalo ada yang mau request kira-kira pengantar tidur apa yang asik buat selanjutnya, monggo di comment juga.

RELATED POST

RECENT POST

Jalan2Men 2019 IS BACK!


6 Genre Film yang Jangan Kamu Tonton Pas Ngabuburit


7 Tipe Ibu-Ibu yang Perlu Kamu Waspadai


Bahaya, Ini Dia 5 Bahaya Laten Spoiler yang Perlu Kamu Waspadai!