Seri Mainan Tongkrongan: Capsa

Seri-Mainan-Tongkrongan-Capsa-

Nongkrong adalah kegiatan yang paling mengasyikan, mau itu sendiri (boker) maupun rame-rame. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dari nongkrong, bisa ide brilian, pengetahuan, dan tentunya temanTapi gak semua nongkrong bisa menghasilkan hal baik sih. Makanya sangat disarankan adanya sebuah aktifitas positif dalam sebuah tongkrongan, misalnya kayak bikin permainan.

Nah, untuk seri pertama dari seri mainan tongkrongan, MBDC mau mengupas tuntas soal Capsa. Yuk mari simak.

Apa Itu Capsa?

Menurut yang MBDC temuin di internet Capsa itu artinya 13, karena setiap pemain dapetin 13 kartu masing-masing (nanti dijelasin lebih lanjut). Trus Capsa juga kadang disebut Big Two, karena kartu paling tinggi itu 2. Kartu yang dipake Capsa adalah kartu Remi biasa minus Joker, karena Joker jahat sukanya gangguin Batman. Aaaaak. Ya pokoknya Joker gak diikutsertakan deh.

Kenapa Capsa?

Capsa sangat populer di kalangan anak kuliahan apalagi yang kerjaanya cuma dateng doang ke kampus tapi titip absen. Tapi gak anak kuliahan doang sih yang suka main ini, anak sekolahan juga ada yang mainin. Capsa jadi populer karena permainannya yang gak rumit namun menarik (karena pake taktik dan strategi) dan tentunya bikin ketagihan. Makanya kalau lagi nongkrong gitu permainan pertama yang kecetus buat dimainin, biar gak bosen pasti Capsa deh.

Hukuman

Ini hal yang paling menarik dari permainan tongkrongan macam Capsa ini. Pemenang itu gak dapet apa-apa selain kebanggaan di antara pemain, tapi justru yang kalah dapet hukuman. Ya hukumannya gak berat sih tapi lumayan bikin malu (karena kadang hukumannya bisa bedakin atau coret muka) atau capek (karena kadang hukumannya jongkok atau berdiri). Oiya selain itu yang kalah dapet kehormatan buat ngocok k….ngocok apa hayo? ngocok kartu dong tentunya. Tsk, dasar pikiran kamu kotor banget deh.

Cara Main

Paling enak sih dimainin sama 4 orang. Jadi kalau kamu nongkrongnya lebih dari 4 orang, katakanlah 6 gitu ya, mendingan kamu bikin peraturan yang kalah ganti aja. Kenapa 4 orang? biar pembagian kartunya pas dan kartunya abis kebagi semua ke tiap pemain. Kan ada 52 kartu, trus dibagi 4, jadinya tiap orang dapet 13 kartu.

Sebelum kamu main, kamu harus tau juga urutan kembang dari yang paling cupu sampe paling gede. Begini urutannya

[caption id=“attachment_19227159055” align=“alignnone” width=“560”]Wajik Wajik[/caption]

[caption id=“attachment_192271” align=“alignnone” width=“560”]keriting keriting[/caption]

[caption id=“attachment_19227159057” align=“alignnone” width=“396”]Hati/Lope Hati/Lope[/caption]

[caption id=“attachment_19227159058” align=“alignnone” width=“560”]Sekop Sekop[/caption]

Tapi kalo kamu susah ngingetnya, kamu bisa persimpel dengan kayak gini

Makan wajik

[caption id=“attachment_19227159059” align=“alignnone” width=“560”]Kue wajik Rasanya enak gak sih?[/caption]

 Bareng Cewek Berambut Keriting

[caption id=“attachment_19227159060” align=“alignnone” width=“468”]Rambut keriting lucu juga ya cewek keriting[/caption]

Tapi Sakit Hati

[caption id=“attachment_19227159063” align=“alignnone” width=“560”]Sakit Hati masih galau aja[/caption]

Kemudian Ambil SEKOP, Gali Kuburan sendiri

[caption id=“attachment_19227159064” align=“alignnone” width=“560”]lebih baik mati aja deh lebih baik mati aja deh[/caption]

 Sekarang udah tau kan? ya anggap aja tau ya.

Trus angka paling besar itu 2 dan paling kecilnya 3. Jadi kalau daun yang paling cupu itu wajik, berarti kartu paling cemen ya 3 wajik.

Sekarang kita masuk ke teknis mainnya dimana pemain yang paling cepet ngabisin 13 kartu adalah pemenangnya. Nah, ngabisinnya dengan cara melawan kartu yang lebih kecil sampai akhirnya gak ada lagi kartu yang bisa ngelawan kartu paling besar. Trus seperti itu sampe salah satu dari ke empat pemain kartunya habis.

Cara ngeluarin kartu bisa seperti ini

Ketengan/Satuan

Sesuai dengan namanya, kartu yang kamu keluarin satuan gitu atau diketeng kalo bahasa tongkrongannya. Jadi kamu bisa ngeluarin kartu sebiji sebiji misalnya keluarin King Sekop atau 3 Hati.

Pair/Per

2 kartu dengan angka yang sama. Kalau ada kartu per dengan kembang yang sama, maka yang lebih unggul adalah kartu per yang punya kembang paling hebat, dalam hal ini adalah sekop.

[caption id=“attachment_19227159052” align=“alignnone” width=“560”]Ini contoh pair king Ini contoh pair king[/caption]

Threes

Ngeluarin 3 kartu sekaligus dengan angka yang sama.

[caption id=“attachment_19227159085” align=“alignnone” width=“560”]Nah ini namanya threes as Nah ini namanya threes as[/caption]

Paket

Selain itu, kamu juga bisa ngeluarin kartu dengan cara borongan atau paketan. Biasanya sih kartunya lebih dari 3 gitu deh. Kartu paketnya juga banyak banget kombinasinya

Seri

Seri adalah kombinasi 5 kartu yang angkanya berurutan, misalnya 10,Jack,Queen,King,As. Nah, kalau temen kamu juga punya seri, trus kartu siapa yang lebih besar? Jawabannya itu dari kartu terakhir di dalam urutan serinya. Kalau kartu seri kamu 5,6,7,8,9, sedangkan temen kamu 10,Jack,Queen,King,As berarti yang menang temen kamu. Trus gimana kalau kartu serinya kamu sama percis urutannya kayak temen kamu? Tinggal diliat dari kembangnya dari kartu terakhir di deretan kartu seri kamu. Misalnya kartu kalian sama-sama 10,Jack,Queen,King,As, tapi As kamu adalah As hati sedangkan temen kamu Asnya sekop. Berarti kartu yang menang adalah kartu temen kamu.

[caption id=“attachment_19227159086” align=“alignnone” width=“560”]ini contoh kartu seri ini contoh kartu seri[/caption]

Flush

Ini kombinasi 5 kartu dengan kembang yang sama, misalnya 3 Hati, 4 Hati, Queen Hati, As Hati. Nah, flush ini bisa digunain buat ngelawan kartu seri atau kartu flush lain yang punya angka paling kecil atau kembang yang lebih cupu.

[caption id=“attachment_19227159087” align=“alignnone” width=“560”]ini flush sekop ini flush sekop[/caption]

Polo

Nah, flush bisa dikalahin sama kombinasi Polo yang merupakan gabungan 3 angka kembar plus 2 angka kebar. Misalnya 3 Heart, 3 Sekop, 3 Wajik, 2 Sekop, 2 King. Polo in disebut polo 3 karena yang diutung itu 3 angka yang samanya.

[caption id=“attachment_19227159091” align=“alignnone” width=“560”]ini contoh kartu polo Queen ini contoh kartu polo Queen[/caption]

[caption id=“attachment_19227159092” align=“alignnone” width=“560”]kalau yang ini mah Polo Srimulat kalau yang ini mah Polo Srimulat[/caption]

 

Bom

Ini yang paling seru nih, Bom bisa kamu gunain buat sikat kartu 2 (seharusnya kartu ketengan gak bisa dibales sama paketan, tapi dengan bom bisa. Kombinasi kartu bom sendiri terdrii 4 kartu berangka sama plus1 kartu bebas. Misalnya 3 Wajik, 3 Keriting, 3 Heart, 3 Sekop plus 4 Hati. Nah, biasanya sih kalo bom udah keluar berarti permainan selesai. Oiya, kalau kamu dapet angka 2 sampe 4 buah, permainan harus diulang, karena gak aci aja gitu.

[caption id=“attachment_192271” align=“alignnone” width=“560”]Bom Siap ngebom[/caption]

Straight Flush

Kombinasi 5 kartu berurutan dengan kembang yang sama. Ini adalah paketan tertinggi dalam Capsa yang bisa ngalahin cuma Straight Flush juga yang punya kombinasi lebih tinggi dari angkanya. Kalau angkanya sama berarti yang terakhir diliat kembangnya.

[caption id=“attachment_19227159090” align=“alignnone” width=“560”]ini yang paling tinggi ini yang paling tinggi[/caption]

Udah segitu dulu kali ya dari MBDC. Semoga artikel ini bermanfaat lahir batin bagi kehidupan tongkrongan kamu. Tapi inget, Nongkrong boleh tapi jangan narkoba

Oiya, kalau ada yang mau nambahin silahkan lho.

Selamat bermain!

 

 

RELATED POST

RECENT POST

Kamu Pasti Ngalamin 8 Hal Ngeselin Ini Pas Bangun Tidur, Dijamin Kesel Sekesel-keselnya


Pake 7 Cara Ini Biar Gak Ngantuk Pas Naik Motor


7 Aktivitas Yang Gak Pas Kalo Sambil Ngebir


Buat yang Mau Beli iPhone X, Coba Pikir-pikir, Bisa Secanggih Hape Ini Gak?