Inilah Alasan Seseorang Suka Gigit-gigit Sedotan

Mungkin kamu sering liat temen kamu yang tiap minum pake sedotan, sedotannya tuh digigit-gigit sampe gepeeeeng banget. Kalo gak sedotan tusuk gigi. Atau apapun lah yang bisa digigit. Atau jangan-jangan kamu sendiri suka kayak gini? Trus mungkin kamu jadi bertanya-tanya: Kenapa ya aku/temenku suka banget gigit-gigit sedotan? Apakah aku tidak normal?

Ternyata ini ada penjelasan ilmiahnya.

Oral Fixation

Oral fixation adalah sebuah kondisi oral yang mana seseorang punya obsesi tanpa sadar dengan mulutnya. Orang-orang ini biasanya ingin sekali untuk ngisep (hush! - red) atau ngunyah sesuatu setiap saat. Nah, kondisi ini lah yang kemudian akan membawa seseorang ke gigit-gigit apapun, mulai dari gigit kuku, sedotan, tusuk gigi, rokok, atau apapun lah yang masuk mulut. Semua anak-anak, biasanya usia empat sampai delapan bulan, akan mengalami fase yang satu ini.

Trus Kenapa Aku Kayak Gini Terus?! Aku kan bukan anak-anak!

Penjelasan gampangnya sih karena kamu ngerasa lebih nyaman aja sih kalo kamu ngunyah-ngunyah atau gigit-gigit. Keinginan ini bisa juga jadi pelampiasan dari rasa grogi yang kamu alami. Selain itu, kalo menurut Sigmund Freud, ini ada hubungannya sama trauma yang dialami seseorang di masa kecilnya dan juga ada hubungannya sama menyusui. Menurut Freud, seseorang yang waktu kecil menyusuinya gak puas bisa punya tendensi untuk oral fixation ini.

Nah gitu deh jadi. Kalo menurut MBDC sih, daripada kamu suka ngisep-ngisep atau gigit sedotan, mending kamu ngisep atau gigit yang lain. Lolipop misalnya.