Yuk, Cicipi 6 Kuliner Nikmat di Singkawang Berikut ini!

Jalan-jalan ke destinasi baru enggak afdol rasanya kalau enggak coba kuliner khasnya. Apalagi di Indonesia, yang variasi makanannya enggak ada habisnya. Nah, kalau kamu berencana jalan-jalan ke Singkawang, kamu harus singgah di 6 tempat ini dan cicipin makanan andalannya.

1. Bubur Gunting

Tenang! Walaupun Singkawang terkenal dengan tatung-tatung ajaib saat perayaan Cap Go Meh, bukan berarti makanannya juga ajaib. Bubur gunting bukannya berisi gunting, melainkan, biji-biji kedelai kupas yang berendam di dalam kuah kental manis, bersama potongan cakwe. Nah, cakwe yang aslinya berukuran panjang dipotong-potong dengan gunting, jadilah namanya Bubur Gunting. Kamu bisa temukan gerobak penjualnya di bawah pohon rindang di Jalan Antasari. Datangnya pagi-pagi, ya!

2. Mie Tiaw Asu

Bukan, ini bukan mi dengan daging anjing. Walaupun dalam bahasa Jawa ‘asu’ berarti anjing, kita tidak sedang di Jawa. ‘Asu’ di sini berasal dari kata ‘asuk’, yang artinya paman. Pernah juga saya mendengar kedai ini disebut Mie Tiaw Asoh. Ya, apa pun namanya, yang memiliki dan memasak mie tiaw di sini seorang paman yang menjamin makanannya halal.

Mi yang dipakai berbentuk pipih seperti kwetiau, tapi tidak selebar kwetiau. Diracik dengan kecap, taoge, telur, daun cengkok manis (mirip daun katuk), dan perasan jeruk nipis, oh… lidah bisa menari-nari saking enaknya, dan perut yang keroncongan bisa berdansa kesenangan dibuatnya. Penasaran? Cari saja Mie Tiaw Asu di Jalan Yos Sudarso. Tidak ada plang bisnisnya, tapi tempat ini cukup terkenal untuk kamu tanyakan ke penduduk sekitar.

3. Mie Kering Haji Aman

Singkawang memiliki banyak pilihan kuliner yang mengandung babi. Tapi Mie Kering Haji Aman ini aman untuk kamu yang hanya makan makanan halal. Pemilik kedai mi ini seorang keturunan Tionghoa mualaf.

Walaupun judulnya Mie Kering, hidangan disajikan dengan pilihan kuah yang gurih. Silakan guyur mi dengan kuah sesuai selera kamu, atau biarkan kering. Pelengkapnya macam-macam, seperti potongan daging ayam, bakso ikan, jamur, telur dadar tipis-tipis, taoge, sawi, lobak asin, dan lain-lain. Mi yang digunakan berukuran tipis dan kecil, cocok untuk diseruput.

Mie Kering Haji Aman berlokasi di pinggir Kota Singkawang, bisa kamu temukan saat hendak memasuki kota dari arah Pontianak. Tepatnya di Jalan Batu Harapan Nomor 16.

4. Rujak Ebi

Hampir sama dengan rujak pada umumnya, Rujak Ebi ditambahkan serutan ebi kering di atasnya. Rasanya jadi unik banget, segar dan gurih. Cocok banget ditemani es campur! Kalau penasaran pengin coba, kamu tinggal datang ke kawasan Pasar Hongkong, tempatnya gampang dicari, kok.

5. Choi Pan

Buat yang keturunan Tionghoa pasti udah biasa sama jajanan satu ini. Nah, di Singkawang gampang banget kalau mau cari Choi Pan yang terbuat dari tepung beras yang diisi irisan bengkuang dan dicampur udang, ayam, ikan, dan lain-lain. Di atasnya ditaburkan bawang putih yang digoreng. Makin enak kalau dimakan hangat-hangat.

6. Kopi Nikmat

Untuk para peminum kopi, jangan sampai melewatkan Toko Kopi Nikmat di tengah-tengah Kota Singkawang. Kopinya terkenal enak, dengan biji yang didatangkan dari Jawa dan Sumatera, dan diracik secara manual. Kalau kamu bukan peminum kopi, mesti mampir juga karena mereka juga menyediakan minuman selain kopi. Penganan ringan pun tersedia, seperi bolu, pai telur, dan risoles.