Pake 6 Cara Ini Biar Jatah Undangan Nikah Buat Kolega Orang Tua Kamu Gak Membludak

Problematika dari sebuah acara pernikahan kadang bukanlah datang dari kedua mempelai. Tapi dari orang tua! Mereka punya teman di mana-mana, yang mana semuanya harus diundang. Malah kadang, undangan dari mereka itu bisa lebih banyak dari undangan untuk temen-temen kamu. Biar gak membludak, mending pake cara-cara ini.

1. Dari awal kamu udah jatahin

Kalo dari awal udah kamu omongin baik-baik kalo kamu hanya mampu menyediakan sekian pax untuk kolega orang tua, pasti mereka juga mau ngerti kok. Masa maksa sih?

2. Adain alternatif syukuran

Seandainya gak berhasil juga, ya adain syukuran gitu lah di rumah, buat ngurangin jatah undangan resepsi. Syukuran bisa dipake buat menjamu tetangga deket, atau malah temen-temen mama papa kamu juga.

3. Gak usah bilang berapa pax

Atau kamu gak usah bilang-bilang berapa tepatnya kamu sediain itu paxnya. Supaya orang tua gak kelepasan undang sana-sini dan akhirnya jadi harus ngurangin jatah undangan pihak lain.

4. Kamunya juga gak usah ngundang banyak-banyak orang sih

Makanya dari pihak kamunya juga gak usah banyak undangan. Temen kamu yang deket juga paling berapa orang sih. Atasan, orang-orang yang dihormati, juga gak akan nyampe 20 orang kan? Batasin aja satu pihak 70 orang. Kamu, calon kamu, mama kamu, papa kamu, mama mertua, papa mertua, semua cuma enam pihak. Harusnya sih bisa dipadetin jadi semua total paling mentok 500 pax lah.

5. Jadiin surat undangan sebagai tiket masuk

Bak wahana taman bermain, jadiin si surat undangan kamu tuh sebagai tiket masuk yang bisa berlaku untuk dua, atau paling banyak tiga orang. Jadi nanti meski semua temen mama-papa kamu dan si calon itu banyak, tapi tetep bisa terkontrol dan terhitung berapa banyaknya. Daripada gambling kan, ngundangnya dua, yang dateng lima.

6. Makanya BAYAR SENDIRI

Kalo kamu nyiapin sendiri, bayar sendiri, terus orang tua cuma tinggal duduk manis doang di pelaminan, kan pasti enak tuh. Mereka gak ikut pusing, gak ikut campur juga soal ini itu kan kamu semua yang atur. Kalo orang tua yang pengertian, pasti gak akan ngutuk kamu jadi batu kok.

Intinya sih harus ngomong baik-baik aja, jangan sampe kamu beban harus ngundang banyak orang, terus kamu jadi ragu untuk nikah karena takut dana gak cukup. Di sisi lain juga kamu harus maklum sama ego orang tua soal pernikahan anaknya. Pasti mereka juga pengen dipandang baik sama kolega mereka. Yang penting jangan sampe berantem ya.