7 Situasi Dimana Minus One dan Lip sync Adalah Jalan Terakhir Buat Artis Pas Tampil

Berasa familiar sama lip sync dan Minus One?

Ah, udah pasti kedua istilah ini gak asing lagi deh di kuping kamu secara kamu udah bisa ngeliat itu di acara TV pagi-lagi.

Tapi bagi yang masih belum tau, Lip-sync atau yang biasa disebut playback adalah kondisi panggung dimana penyanyi atau band hanya cuap-cuap dan bergaya di atas panggung, karena musik dan vokalnya udah direkam sebelumnya.

Sedangkan Minus One adalah ketika penyanyi bernyanyi secara live tapi anggota band lainnya hanya pura-pura mainin alat musiknya aja.

Lip sync umum dilakukan banyak band dan penyanyi. Dari penyanyi dangdut sekelas Ayu Ting Ting sampai diva sekaliber Mariah Carey. Malah pernah sang Diva asal Amerika itu ketauan lipsync.

Coba liat deh

Emang sih si lipsync atau minus one ini mengundang pro dan kontra di kalangan musisi. Ini ditambah dengan hadirnya acara-acara TV yang menampilkan musik live di programmnya.

Tapi ternyata kalo iseng dikulik, ada situasi tertentu dimana band itu sering melakukan lipsync atau minus one.

1.  Soundsystem gak lengkap

Seringnya di acara TV pagi gak punya fasilitas alat yang gak mendukung performance live. Misalnya gak ada stand mike, gak ada monitor instrumen, adanya monitor vokalnya aja, mixer dan lain sebagainya. Akhirnya ya satu-satunya cara ya lipsync atau minus one

2.  Kebijakan stasiun TV-nya

Biasanya sih buat acara TV. Lip sync dilakuin emang buat menghemat waktu dan ngemudahin proses mixing. Kebayang kalo live, mereka kudu cekson lagi, yang mana ini membuang waktu tim produksi.

3. Vokalis yang sakit

Kadang ini juga bisa dari faktor penampil, baik band atau vokalisnya. Misalnya sang vokalis lagi sakit tenggorokan, jangan kata nyanyi, mau ngomong aja sulit, ya akhirnya lip sync adalah jalan terbaik.

4. Buat Battle

Ada acara TV di luar negri udah mulai muncul segmen yang menyertakan lip sync battle untuk bintang tamunya. Di Indonesia juga ada. Kalo gini ya emang konsepnya gitu.

5. Cuma berlaku buat boyband/girlband

Kadang musik yang dibuat buat mengiringi boyband/girlband itu rame lho, selain dari full band bisa jadi ada orkestranya juga. Nah kebayangkan kalo mereka tampil live di TV, cuma kaya 15 menitan gitu, belum ditambah mikrofon untuk si masing-masing anggota, paling minim berenam. lah gimana kalo JKT48?

6. Penyanyi Dangdut juga

Berapa instrumen yang harus dibawa tampil live di sebuah stasiun TV? Dari gendang, bas, gitar, suling, keyboard, dan kebayang berapa monitor yang kudu orang TV siapin untuk instrumen ini, belum buat vokalnya. Ribet kan?

7. Ruangan syuting yang gak cukup

Ada situasi dimana syuting TV itu dilakukan di luar studio, kaya di cafe di taman, dsb. Atau mungkin di studio TV yang ruangannya emang kecil sehingga gak muat untuk menampung alat band dan tetek bengeknya.

Nah, gimana apakah band kamu rela untuk lipsync?