Gak Sadar ternyata dari 6 Lagu ini Kamu Bisa Melihat Perkembangan Teknologi Komunikasi

Lagu gak cuma sekadar lagu. Musisi menciptakan lagu gak cuma sekadar kumpulan kata-kata yang jadi lirik ditambah dengan melodi manis trus jadi lagu yang asik.

Terkadang pemilihan kata dalam lirik menandai sebuah perkembangan jaman.

Sebut saja teknologi komunikasi,

Dengan cuma menyimak 6 lagu ini, kamu bisa ngeliat bagaimana sih perkembangan teknologi komunikasi dari jaman ke jaman.

Simak yuk,

1. Surat 

Dulu, satu-satunya media komunikasi adalah dengan surat. Surat sangat populer, termasuk juga kantor pos dan tukang posnya. Bisa jadi dulu remaja-remaja (yang sekarang udah jadi oma-oma) sering menunggu surat dari kekasihnya di medan perang, menunggu kapan mereka pulang. Sangat klasik!

Berikut salah satu lagu yang mencatat tentang teknologi media komunikasi yang satu ini.

2. Telepon

Kata om Wikipedia, Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Telepon ada banyak macamnya, dari telepon rumah sampai telepon umum.

Salah satu lagu yang hit (pada jamannya) ketika telepon mulai digunakan adalah lagu ini,

3. Radio Break

Radio Break ngetren pada remaja yang gedenya di era 80-an awal. istilahnya dulu 'bermain pesawat di udara', dengan memakai alat komunikasi berupa Handy Talkie (kebanyakan sih merknya Motorolla). Ini adalah sistem komunikasi 1 arah, percis kaya satpam, polisi atau supir taksi sekarang pake. Nah dulu, ya anak-anak muda yang pake.

Nah, lagu yang pas buat ngerayain nikmatnya ngobrol di udara adalah lagu yang satu ini.

3. Pager

Kalo radio break hits di era 90-an, nah menginjak era 90-an, maka yang ngehits waktu itu adalah sebuah benda yang bernama pager. Ini adalah alat penerima pesan, sebelum ada handphone yang bisa SMS. Pager adalah alat telekomunikasi yang merupakan sebuah alat elektronik dan memungkinkan menyampaikan informasi dan pesan dari suatu tempat ketempat lainnya dengan jarak yang terkadang tergolong cukup jauh.

Nah, ada lagu yang sempet ngetren buat ngerayain nikmatnya memakai alat komunikasi yang satu ini.

Ini dia,

4. Facebook

Jaman berganti, surat, pager punah, pun demikian dengan radio break, cuma jadi barang antik. Era milenium ditandai dengan munculnya social media, sebuah media internet based yang didalamnya ada beragam jenis pilihan yang intinya menghubungkan kamu dengan orang lain di jagad dunia yang terpisah jauh ini.

Setelah dulu friendster, lalu Myspace, ada fenomena social media namanya Facebook. Inti dari Facebook dulu adalah nemuin lagu temen-temen SMA atau SMP kamu dulu tepat di depan mata kamu dan kamu bisa berinteraksi langsung kalo kamu nge-add.

Lucu ya?

Nah, grup band GIGI menangkap fenomena ini dan dituliskan dalam lagunya yang berjudul "My Facebook".

5. Myspace, Friendster, Youtube

Di era internet serba cepat mengubah kebiasaan orang, yang tadinya bangun tidur bisa baca koran sama olahraga atau ngopi, ini langsung buka hp, cek facebook, friendster, myspace, atau Youtube.

Ini lah yang dipertanyakan sama Igor lewat lagunya "Online"

6. Blackberry Messenger (BBM)

Hadirnya mobile phone Blackberry atau BB lumayan booming di tanah air. Karena dengan hp ini, kamu gak perlu keluar pulsa buat SMS-an, cukup minta pin BB, kamu bisa chat sepuasnya tanpa kena biaya pulsa. Asik banget kan? udah pasti pacaran lebih asik kalo udah pake BB.

Coboy Jr, pun mengalami nikmatnya hal ini,

Menarik ya, perkembangan teknologi dari dulu sampai sekarang?