Sambut Hari Musik, Grup Band Bangkutaman Rilis Lagu Khusus Untuk Lokananta

Kapan hari musik Nasional mulai dicanangkan? Pasti gak pada inget deh,

Kalo ngomongin Hari Musik Nasional, kita perlu berterimakasih sama mantan presiden kita, Pak SBY. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) No. 10 Tahun 2013, Presiden SBY menetapkan hari ini sebagai Hari Musik Nasional.

Nih liat beritanya

Dari tahun 2013, sekarang tahun 2017, masih penting gak sih peringatan Hari Musik Nasional buat kamu?

Mungkin saja banyak yang tidak memedulikan, apalagi merayakannya dalam sebuah acara atau apapun. Seakan-akan tak ada yang memedulikan hari yang diambil dari tanggal lahir musisi Indonesia Wage Rudolf Supratman, penggubah lagu kebangsaan “Indonesia Raya” itu.

Eh, ada yang pernah dengerin versi asli lagu "Indonesia Raya" ciptaan WR Soepratman gak,

Ini dia nih,

Sebegitu kurangnya kepedulian masyarakat musik Indonesia akan Hari Musik Nasional, begitu juga dengan sebuah tempat yang bernama Lokananta. Ini lah perusahaan rekaman musik pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1956. Berlokasi di Solo, Lokananta terkenal telah lama melakukan produksi dan duplikasi piringan hitam, kaset audio hingga cakram padat.

Meskipun terdapat sedikit perubahan pada fungsi dan peran yang dijalankan, sebagai lembaga resmi milik pemerintah, Lokananta masih senatiasa terus bergeliat untuk merawat aset musik yang dimiliki. Dedikasi tersebut di kemudian hari banyak menginspirasi banyak pihak, antara lain Bangkutaman, untuk selalu mendukung kampanye akan pendokumentasian dan pengarsipan karya-karya musik anak negeri.

“Kami menyambut baik project ini, kolaborasi seperti inilah contoh wujud nyata sebuah bentuk apresiasi terhadap nilai-nilai yang kita miliki. Dan kami berharap apresiasi seperti ini dapat dilakukan oleh banyak pihak di luar sana, tidak hanya kepada Lokananta, tetapi lebih besarnya kepada nilai budaya dan upaya pengarsipan yang telah dilakukan pihak-pihak lain.”ungkap Kepala Lokananta, Miftah Zubir.

"Kami merasa, Bangkutaman dan Lokananta ada kesamaan, bahwa kami sudah lama ada dan kami tetap produktif loh. Hari Musik Nasional tanggal 9 Maret adalah momentum yang pas sekali untuk kami, band indie yang sudah 17 tahun berkarya di Indonesia dengan pesan humanis dan sosial, untuk memberi apresiasi sekaligus mengingatkan bahwa kami semua masih ada (Bangkutaman, Lokananta, Hari Musik Nasional). Ini lah upaya penyadaran sekaligus pengenalan akan eksistensi kami semua sebagai bagian dari kebanggaan Indonesia," ungkap Irwin Ardy akan proyek yang diberi tajuk Bangkutaman untuk Lokananta ini.

"Sedikit mungkin yang ngeh kalo 9 Maret itu adalah Hari Musik Nasional dan bingung bagaimana kita harus meresponnya. Juga tentang Lokananta, sebuah tempat yang harus di-preserve dengan baik sehingga bisa bertahan terus sampai anak cucu kita, "ungkap Wahyu Acum.

Adalah sebuah lagu berjudul "Lukisan", lagu yang ditulis oleh Wahyu Acum di bus ketika perjalanan dari Padang menuju Pekanbaru pada 9 Oktober dua tahun lalu.

Lagu “Lukisan” dari Bangkutaman akan dirilis pertama kali lewat situs resmi rollingstone.co.id untuk kemudian penikmat musik bisa membeli atau men-streaming-nya lewat layanan musik Digital, dari iTunes, Apple Music, Spotify, Deezer, JOOX dan lain sebagainya.

Seluruh penjualan dari streaming juga pengunduhan lagu “Lukisan” akan diwujudkan sebagai aksi sosial yang akan juga berkolaborasi dengan Lokananta nantinya.

Kek gimana sih musiknya? Nih coba simak sekelebatnya di sini yah,


Canggih kan? ini baru cara yang keren buat ngerayain Hari Musik Nasional!