Kok Essien Berani Pindah ke Persib? Padahal 5 Pemain Dunia Ini Pernah Gagal di Indonesia

Persib Bandung bikin kejutan, walaupun kabar Michael Essien bakal merapat ke klub Ibukota Jawa Barat itu udah heboh dari jauh-jauh hari, tapi tetep aja liat Essien ada di Bandung bikin kaget kita semua. Eh gak semua sih, buat yang suka bola doang. Tapi MBDC penasaran, kenapa Essien tetep mau merumput di Indonesia, apa dia belom tau nasib para pemain kelas dunia ini?

1. Marcust Bent

Striker asal Inggris, Marcus Bent, pernah main buat Mitra Kukar. Skillnya Bent udah gak diraguin lagi, namanya terkenal pas masuk skuad Inggris u-21. Tapi siapa sangka, mantan bintang Charlton Athletic ini malah gagal di Indonesia, dia dipecat manajemen Mitra Kukar karena gak produktif. Yah, sia-sia 3M cuma dapet 5 gol dari Bent.

2. Erick Djemba Djemba

Fans MU pasti tau siapa dia. Gelandang eks United yang namanya panjang ini pernah main di Persebaya, tapi ya gitu. Karena ISL sempet gak jelas, Djemba-Djemba akhirnya dipecat dan sempet main sepakbola tarkam bareng klub Persewangi, klub asal Banyuwangi. Katanya sih dia terpaksa karena gak punya uang buat mudik ke kampung halaman. Sekarang dia ada di divisi 5 liga swiss, kasian banget dah.

3. Lee Hendrie

Dulu sih Hendrie terkenal sebagai anak muda berbakat. Ya walaupun akhirnya dia satu kali tampil buat timnas Inggris, tapi penampilannya di Aston Vila gak jelek-jelek amat. Anehnya dia berani pindah ke Bandung FC pas liga Indonesia terjadi dualisme pada tahun 2011. Akhirnya dia gak lama deh di Indonesia, terkahir dia main di Basford United, gak tau deh itu klub apaan.

4. Richard Knooper

Mungkin kamu yang hobinya nontonin liga Inggris ama Spanyol doang, gak kenal sama Knooper, tapi kalo kamu demen nonton Liga Belanda, pasti tau dia, soalnya dia pernah berseragam Ajax dan Fayenoord sebelum akhirnya hijrah ke PSM Makassar. Tapi karena dinilai kurang bagus, dia cuma 4 bulan saja di Indonesia, sian ya.

5. Ivan Bosjnak

Pemain yang satu ini juga gak begitu terkenal, tapi jangan salah, walaupun dia cuma main sekali di Piala Dunia 2006, dia masuk ke dalam 8 besar tendangan bebas terbaik barengan sama Zidane. Tapi nasibnya buruk setelah permainannya di Persija Jakarta gak memuaskan The Jak yang waktu itu sedih ditinggal Bambang.

Sebenernya pemain-pemain di atas cuma sebagian. Kalo kamu tau nama-nama kayak Roger Mila, Kempes, Amaral, dan beberapa pemain veteran kelas dunia lainnya, mereka gak sejago yang kita bayangkan. Mungkin faktor usia juga sih ya. Tapi kebanyakan gak sesuai ekspektasi, karena mereka dibandrol mahal sama klub-klub di Indonesia.

Gimana ya nasib Essien ke depan? Minta komentarnya dong!