7 Hal Indonesia Banget yang Sering Dilakukan Musisi Luar Kalo Lagi Manggung Di Indonesia

Udah berapa banyak ya musisi atau band luar yang udah konser di Indonesia dari dulu sampai sekarang? Wah, kayanya udah gak keitung kali ya.

Kalo mau disebutin satu per satu juga bakal banyak. Mau disebutin konser mana yang paling keren juga gak bakal ada habisnya.

Tapi ada yang unik yang mungkin kamu lupa kalo ternyata para musisi ini pernah melakukan hal yang Indonesia banget.

Indonesia banget? Maksudnya gimana ya?

Nih simak deh 7 hal Indonesia banget yang sering dilakukan musisi luar kalo lagi manggung di Indonesia.

1. Ngucapin selamat malam di awal konser

Ucapan selamat malam pake bahasa Indonesia umum dilakukan oleh musisi luar ketika lagi konser di Indonesia. "Selamat Malam, Jakarta" contohnya, adalah salam yang diberikan Morrissey ketika konser di Jakarta tahun 2012.

2. Say hello aja

Ucapan salam buat penonton gak musti pas pembukaan konser doang, mungkin bisa jadi di tengah-tengah konser bisa, ya hanya sekadar sebelum pengantar lagu. Contohnya kaya konser Sepultura berikut ini tahun 1992 di Surabaya.

3. Manggil Orang Penting di Indonesia

Memanggil seseorang yang erat hubungannya dengan Indonesia itu adalah hal Indonesia yang pernah dilakukan musisi luar ketika konser di Indonesia. Ini kejadian ketika Arkarna lagi konser di Jakarta. Saat itu, ia memanggil pak Jokowi, yang pada saat itu masih jadi Gubernur DKI Jakarta. Arkarna pun membiarkan Jokowi nyanyi lagu betawi.

4. Bawain lagu pop Indonesia

Apa yang kurang Indonesia dari musisi yang konser di Indonesia yang bawain lagu pop Indonesia? Hal ini juga dilakukan oleh Arkarna waktu konser di perayaan HUT RCTI tahun 2015. Waktu, mereka bawain lagu "Kebyar-Kebyar" yang diciptakan oleh musisi Indonesia, Gombloh.

5. Bawain lagu Kebangsaan Indonesia

Yang satu ini gak kalah menariknya. Ketimbang bawain lagu populer Indonesia, ada musisi yang bawain lagu Kebangsaan Indonesia, alias Indonesia Raya. Siapa mereka? Siapa lagi kalo gak Guns 'N Roses (GNR). Kejadiannya waktu GNR konser di Jakarta tahun 2012, saat itu gitaris GNR mainin lagu "Indonesia Raya" dengan iringan gitar. Satu stadion mendadak nyanyi bareng.

6. Ngobrol sama orang Indonesia pake bahasa Indonesia

Bahasa adalah alat komunikasi yang paling ampuh untuk menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia. Lebih asik lagi jika kedua orang ngobrol dengan bahasa yang sama. Nah hal ini kejadian pas lagi konser Belle and Sebastian di Jakarta tahun 2010. Saat itu vokalis mereka, Stuart Murdoch mendadak haus dan ingin minum air. Kepada penonton, ia bilang "Saya harus ingin minum", Stuart pun memanggil pelayan dan ngobrol apakah ia punya minuman.

7. Saying goodbye pake bahasa Indonesia

Say goodbye di lagu terakhir adalah momen paling berkesan. Nah, band The Temper Trap di konsernya di Jakarta tahun 2013 yang lalu punya cara yang menarik buat merayakannya dengan ngobrol bahasa Indonesia untuk say goodbye. Simak aja.

Eh tapi kan vokalisnya Temper Trap bukannya orang Indonesia ya? Eaaa, udah pasti bisa bahasa Indonesia laah.