Selain 112, 212, ini Angka-angka Lainnya yang Wajib Kamu tau Kalo Kamu Suka Musik

Denger-denger tanggal 11 Februari (11/02) mau ada aksi demo lagi ya? Wah, kalo beneran jadi, ini jadi aksi kesekian setelah aksi 212 di Monas tahun kemarin.

Eh tapi ngomongin soal angka, selain 112 atau 212, ada banyak lho angka-angka penting yang kamu tau kalo kamu suka musik.

Berikut diantaranya

141

Adalah singkatan dari 14/01 atau 14 Januari, tanggal dimana kali pertama grup band Sonic Youth, Foo Fighters dan Beastie Boys datang untuk kali pertama (dan gak tau lagi kapan mereka akan datang kedua kalinya) di bumi pertiwi ini pada tahun 1996. Bersama dengan mereka ada 3 band dari Indonesia yang berkesempatan membuka festival yang bertajuk Jakarta Pop Alternative Festival ini adalah PAS band (Bandung), Nugie (Jakarta) dan Netral (Jakarta).

Nih ada kenangan-kenangan foto di hari bersejarah itu.


 

105

Singkatan dari 1 Mei. Selain hari buruh tentunya, 1 Mei 1995 adalah hari dimana anak muda pecinta musik mendapatkan pencerahan ketika salah satu stasiun musik dari negri Paman Sam, MTV (Music Television) tayang pertama kali lewat televisi swasta ANteve. Semenjak MTV hadir di bumi pertiwi, anak muda mulai banyak mengerti soal apa itu musik alternatif rock, britpop dan lainnya. Thank you MTV!

Vincent dan Desta pernah jadi bagian dari acara MTV. Gak persaya? Simak di bawah ini

903

Singkatan dari tanggal 9 Maret. Tanggal keramat bagi insan musik Indonesia dan pelaku industri musik. Tanggal 9 Maret diambil dari tanggal lahir komponis Indonesia WR Soepratman (beliau lahir tanggal 9 Maret 1903). Siapa WR Soepratman? Dia lah yang menciptakan lagu kebangsaan "Indonesia Raya"

108

Diambil dari tanggal 10 Agustus, tepatnya tahun 1909, ini adalah hari dimana sosok orang yang paling berpengaruh dalam sejarah musik, dari jazz, blues, rock n roll dan lainnya lahir. Ya, dialah Clarence Leonidas Fender atau yang dikenal dengan nama sapaan Leo Fender. Ia lah pencipta dari instrumen, terutama gitar, dengan merk Fender. Merk ini yang dipakai triliyunan lebih gitaris rock sepanjang masa, dari Jimi Hendrix, John Mayer sampai kamu.

224

Singkatannya 22 April. Tanggal bagi sebuah perayaan penting yang namanya Record Store Day (RSD). Konon ini adalah 'lebarannya' anak-anak pecinta rilisan fisik. Karena biasaya di tanggal ini semua toko musik independen ngumpul jadi satu dalam sebuah bazaar musik. Sejarah RSD bermula di tahun 2007 ketika beberapa pencinta musik asal Amerika bertemu di Baltimore dan berniat untuk merayakan suatu hari dimana semua merayakan apa yang dinamakan sebagai 'budaya toko musik independen' agar tetap tumbuh dan eksis terus. RSD Indonesia sendiri baru ikutan perayaan ini dari tahun 2013 dan berlangsung terus sampai tanggal 22 April nanti.

Nah, jangan lupa dicatat ya tanggal-tanggal penting ini!