Ini Gimana Sih, Capek-capek Tes SIM C Hasil Ilmunya Malah Dipake Buat Ngelanggar Aturan

Udah bukan rahasia umum kalo tes SIM C itu susah banget. Ujian tertulis oke lah bisa aja tricky tapi bisa juga cuma jadi urusan sepele. Tapi terutama buat cowok nih ya, tes praktik SIM itu susah banget lho, mana kaki gak boleh turun sekali pun lagi.

Ya gitu deh, udah ngantri panjang, proses gak bisa di-buru-buru, SIM yang udah jadinya juga baru minggu depan bisa diambil, tapi pada kenyataannya setelah turun ke jalanan malah tetep aja ilmu yang didapat selama tes gak diaplikasikan. Tetep aja jadi orang brengsek gak tau aturan.

1. Padahal udah tau rambu-rambu artinya apa

Dalam tes tertulis atau yang sistem sekarang itu pake tes komputer, kan udah ada tuh pertanyaan-pertanyaan soal gambar rambu. Udah belajar juga meski pake SKS alias sistem kebut semalam, ngeh juga sama rambunya kalo ketemu di jalan raya, eh tetep aja selama gak ada polisi ya bodo amat.

2. Ngerti kalo ada prioritas di jalanan

Ya kalo ada suara sirine sih sebaiknya minggir dan biarkan mereka lewat ya. Eh ini mah malah ikutan ngebut di belakang konvoi tanpa merhatiin keselamatan. Yang ada malah jadi bikin ribet pengendara lain.

3. Tau arti JPO itu apa

Kalo mau pake alasan "dikejar waktu" ya semua juga gak ada yang mau terlambat lah. Tapi malah pake fasilitas yang gak seharusnya, kayak misalnya naik ke JPO. Padahal udah tau kalo itu tuh bahaya.

Emang mau kepeleset terus jatoh berguling-guling? Sakitnya sih gak terlalu ya. Malunya itu lho.

4. Tes kelincahan yang berujung terlalu lincah

Ya memang kalo motor tuh keuntungannya adalah bisa sailp sana salip sini, secara kan ukurannya kecil dan fleksibel banget. Makanya ada tes zig-zag, biar kalo mau nyalip tuh bisa pake ilmu. Biar elegan. Eh ini malah dipake ngehindarin orang, tiang, pohon, hidran, bahkan tumpukan batu sekalipun di trotoar. Elah.

5. Tes angka 8 biar sigap

Kalo lagi di jalan kan gak ada yang tau ya, bakal terjadi apa aja. Gak selalu bisa terduga semua kejadian tuh. Makanya tes ngelewatin angka 8 tuh biar bisa ngambil ancang-ancang, memprediksi, dan mengeksekusi ngelesan dengan baik. Bukan cuma ayam atau kucing lewat, tanaman yang tau-tau muncul juga suka nyusahin.

6. Gak berhasil-berhasil

Kalo gagal, ya namanya juga lyfe. Itu kan sambil ngajarin ilmu sabar, ya gak? Tapi beda sih sama orang-orang sini. Sini mana? Sini Indonesia maksudnya. Kalo udah di jalan, ya kalo di posisi paling depan baru bisa bersabar. Selama masih berada di belakang mobil-mobil sih tetep aja maksa pengen ke ujung lampu merah.

7. Padahal udah ribet

Udah tau pake ngelewatin proses panjang bikin SIM tuh. Segala pake surat ini surat itu, tes begini begitu, ya ekspektasinya supaya warga Indonesia bisa jadi pribadi yang tau aturan, dan disiplin. Tapi kenyataannya malah jadi buka celah para calo ya. Gak tau ah. Katanya sih udah gak ada calo. Tapi gak tau juga deng.

Ya kan? Udah susah-susah dapet SIM, tapi ilmunya gak barokah. Gak berfaedah. Tetep aja di jalan masih kayak orang purba.