Ini dia 7 Hal Gratis yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Kenawa, Sumbawa

Bali dan Lombok adalah dua pulau berpantai indah yang sering dikunjungi traveler. Tapi, kalau bergeser lagi ke timur, masih banyak pulau lain yang punya pantai indah yang masih alami, contohnya Sumbawa. Dari Terminal Mandalika di Mataram (Lombok), kita tinggal naik angkutan umum ke Pelabuhan Kayangan. Terus nyeberang dengan feri sekitar dua jam setengah ke Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat.

Nah, begitu mendekati Poto Tano pasti akan terkagum-kagum dengan keindahannya. Bukit kecokelatan membentang dan langit biru cerah. Di sekitar pelabuhan inilah ada sebuah pulau tak berpenghuni yang banyak dikunjungi para pejalan dan pecinta dunia laut. Mudah saja ke sana, dari pelabuhan naik ojek ke dermaga Pulau Kenawa. Kemudian, tinggal mencari perahu untuk disewa. Cukup dua puluh menit melaut kita akan tiba di Kenawa.

Ciri khas pulau ini adalah padang rumput yang luas dengan sebuah bukit menjulang. Ada juga pondok-pondok, yang sayangnya sudah rusak karena tak terurus, yang berjejer di pinggir pantai. Perahu pun merapat di pinggir pantai, dermaga tak bisa dilewati karena sudah rusak. Suasana tenang dan alami pun menyambut kita. Lalu, apa yang bisa kita lakukan di pulau yang seharusnya dirawat dengna baik ini? Ada banyak, dan semuanya dijamin gratis alias tak perlu biaya ini-itu.

1. Berenang dan berjemur

Ini yang paling mudah , apalagi kalau kamu ingin bersantai-santai menikmati suasana dan pemandangan. Tinggal bawa kain untuk alas, pakai kacamata dan topi, siap tiduran di pasir, deh.

2. Snorkeling

Kalau hobi menjelajahi laut, apalagi taman bawah lautnya, haruslah mencoba snorkeling di Kenawa. Tapi, perlu diingat tidak ada penyewaan peralatan di sini. Jadi, bawa sendiri peralatan yang diperlukan atau bisa bertanya kepada tukang perahu karena mereka biasanya juga punya peralatan.

3. Piknik di padang rumput

Boleh banget, asalkan kamu bawa perlengkapan piknik dan makanan. Pilih tempat yang tak terlalu berumput, dekat ke pantai. Konon, katanya di sini juga sering ditemukan ular sehingga kita sebaiknya piknik di tempat yang terbuka saja, jauh dari semak-semak.

4.Menikmati sunset dari bukitNah, ini yang paling seru. Mendaki bukit di tengah pulau sambil menunggu matahari terbenam. Katanya pemandangannya bagus banget dan wajib dicoba!

5. Berkemah

Kamu juga boleh berkemah di pulau ini, cari lokasi yang datar dan terbuka. Biasanya orang-orang berkemah di bagian yang agak tinggi, yang tak terlalu banyak semak. Siapkan semua perlengkapan tenda dan makanan yang dibutuhkan.

6. Berfoto-foto

Ini juga sah-sah saja dilakukan di Pulau Kenawa, yang penting perhatikan keselamatan. Jangan berbuat aneh-aneh dan merusak alam demi sebuah foto.

7. Bawa kembali sampah yang kamu hasilkan

Kalau sudah piknik dan berkemah tentu akan menyisakan sam pah bekas makanan dan lain-lain, harap kumpulkan sampahmu di kantung plastik lalu bawa kembali ke daratan untuk dibuang ke tempat sampah. Sebab, di pulau ini tak terdapat tempat sampah yang layak, jadi kamu sendiri yang harus menjaga kebersihan dan kelestarian pulau ini. Jangan sampai merusak lingkungan, ya!