Ini Dia 20 Negara Teraman untuk Solo Traveler, Indonesia Gimana? (Part 1)

Mungkin aja kamu tipe pejalan penyendiri, mungkin juga kamu suka bersosialisasi. Atau, malahan mungkin kamu sangat suka tantangan. Apa pun tipe atau karaktermu, yang pernah Jalan2Men bahas juga di sini, mungkin ada saatnya kamu ingin berliburan atau bertualang seorang diri. Mungkin kamu ingin lebih mengenal dirimu sendiri dan batasan-batasan diri saat menghadapi dunia di luar sana dan bertemu orang baru.

Enggak ada salahnya kalau kamu berencana melakukan solo traveling, Jalan2Men sangat mendukung kamu. Asal kamu menyusun persiapannya dengan matang, ya, karena kamu benar-benar akan mengandalkan dirimu sendiri. Dan mungkin, bagi solo traveler, hal yang perlu diperhatikan saat memilih destinasi adalah keamanannya. Untuk itu, baru-baru ini situs Travel & Leisure berbagi 20 destinasi teraman untuk solo traveler yang mereka rangkum dari berbagai sumber.

Ini dia daftarnya.

1. Selandia Baru

Wah, negara satu ini emang terkenal banget dengan keamanannya bagi road tripper, banyak pejalan yang rela menyewa mobil van berbulan-bulan untuk mengeksploari negeri yang menjadi setting film Lord of the Rings ini.

2. Norwegia

Terkenal sebagai kota yang mahal banget, tapi Norwegia wajib masuk daftar tujuan solo traveler. Apalagi Aurora berasal dari sini (eh!). Dengan nuansa kota pelabuhan yang berwarna-warni, kamu bakal jatuh cinta dan bonusnya, kamu bisa menyaksikan aurora di sini!

3. Swiss

Terkenal sebagai tujuan ski, bukan berarti negara ini engak cocok bagi solo traveler. Bermodal Swiss Rail Pass, kelilingi negeri pegunungan ini dengan kereta dan singgahlah di kota-kota kecilnya yang luar biasa cantik.

4. Kosta Rika

Inilah negara paling bahagia di dunia! Berada di Amerika Tengah, negara ini memiliki keindahan alam, mulai dari gunung, hutan, sungai, hingga lautan yang memukau. Dan tentunya enggak semahal Swiss, kan?

5. Austria

Negara kecil ini terkenal dengan tradisi dan sejarah berbagai orang besar yang berasal dari sini. Buat pencinta destinasi budaya dan sejarah, cocok banget mengelilingi negara asalnya Sigmund Freud ini.

6. Vietnam

Percaya enggak, ternyata Vietnam adalah negara paling bahagia nomor 2 di dunia, di bawah Kosta Rika! Terkenal dengan destinasi alam dan sejarahnya yang kental. Buat orang Indonesia, sih, Vietnam mirip-miriplah suasananya karena sama-sama Asia.

7. Cile

Nama Cile baru-baru ini makin terangkat setelah banyak diekspor oleh para traveler. Terkenal dengan gurun pasirnya yang indah, Atacama, dan lautan serta pegunungannya yang membentang, dijamin petualangan di Cile enggak akan terlupakan seumur hidup.

8.  Jepang

Jepang enggak pernah ada matinya. Mau cari yang alami-alami? Banyak! Mau cari makanan enak? Berlimpah! Mau cari dunia hiburan dan mainan langka? Lengkap. Apalagi, Jepang sudah dikenal dengan kedisiplinan dan keamanannya, ini negara yang wajib dikunjungi solo traveler.

9. Swedia

Masih dari daratan Eropa, Swedia juga negara yang lengkap untuk dijelajahi, mulai dari destinasi alam dan urbannya. Apalagi, Ikea asalnya dari sini, tuh.

10. Indonesia

Wah, kalau ngomongin Indonesia mah bisa jadi satu artikel sendiri, nih. Apa coba yang enggak ada di Indonesia? Mau alam, budaya, sejarah, semua ada. Belum lagi masyarakatnya yang selalu ramah menyambut traveler dari mana pun. Dan seperti biasa, buat solo traveler dari luar negeri, Bali menjadi destinasi utama yang diincar. Kalau kamu punya temen yang mau main ke Indonesia seorang diri, kira-kira kamu baka nganjurin ke mana? Coba tolong share di bawah, ya.

Bersambung...