15 Barang ini Wajib Kamu Bawa Kalau Mau Solo Trip Aman dan Nyaman!

Mungkin aja di tahun 2017 ini kamu mulai menyandang status baru, kembali single, lajang, jomblo. Apa pun gelarnya itu. Rencana trip yang kamu susun dengan indahnya hancur berantakan karena kamu kehilangan pasangan jalanmu. Kamu meratapi nasib seorang diri. Padahal tiket dan hotel sudah dilunasi.

Jangan sedih. Jalan2Men ingin kamu tetap ngepak barangmu dan susun kembali rencanamu yang sudah amburadul. Kamu bisa aja, kok, traveling sendirian! Asalkan kamu mempersiapkannya dengan matang, dijamin perjalananmu akan makin berkesan. Apalagi enggak bakal ada yang ngatur-ngatur kamu atau dikit-dikit bilang capek dan minta gendong.

Yang pasti, barang bawaan adalah hal utama yang harus kamu pikirkan. Jangan sampai kamu jalan sendiri tapi bawaanmu kayak mau pindahan kosan. Untuk gampangnya, ini dia 15 barang yang wajib kamu bawa kalau mau solo tripmu aman sentosa dan nyaman bersahaja.

1. Koper atau carrier?

Ini tergantung pilihanmu, sih. Yang pasti kalau pilih koper, mesti yang kuat dan tahan banting, juga antiair biar aman digeret-geret kalau tiba-tiba hujan. Kalau kamu lebih suka pakai ransel, bisa pertimbangkan carrier yang volumenya sesuai kebutuhan atau lamanya perjalananmu, bisa 30 atau 45 liter.

2. Ransel yang nyaman

Ini bisa berupa daypack atau ransel biasa yang berbahan tipis dan antiair, supaya enggak membebani kamu. Ransel ini akan berisi barang-barang penting seperti dokumen perjalanan, bekal makanan, atau jaket dan buku bacaan untuk di jalan.

3. Plastik kedap udara

Ini bermanfaat banget untuk menghemat ruang di tas atau koper kamu karena membuat isinya kedap udara. Cocok banget untuk membungkus baju, jadi aman dari tumpahan air juga. Bisa juga untuk membungkus barang-barang pribadimu yang penting.

4. Tas pinggang

Selain ransel yang praktis dipakai jalan seharian, kamu mungkin juga butuh tas pinggang. Cari yang bisa muat kamera dan uang atau dokumen lain, biar gampang diakses dan aman karena menempel terus di pinggangmu.

5. Jaket berkantong banyak

Bisa berbahan polar, parasut, ataupun katun tebal seperti parka. Pilih jaket yang menurutmu nyaman dan kamu suka. Fungsi kantong biar bisa memuat kebutuhan penting dalam perjalanan, misal buat menaruh uang receh, obat, senter, dan lain-lain. Lebih enak lagi kalau waterproof, sih.

6. Syal

Banyak fungsinya, bisa menutupi leher saat panas atau menghangatkan saat dingin. Bisa juga untuk menutupi kepala dan jadi selimut di pesawat. Selalu bawa sepotong syal saat bepergian, ya.

7. Tas lipat

Ini sudah banyak dijual di luar sana. Sebelum dipakai, bentuknya kecil dan bisa dikantongin. Kalau butuh tinggal dibuka deh, bisa untuk belanja makanan atau buah ke pasar, misalnya. Sekalian go green juga, hemat plastik!

8. Sepatu nyaman

Nyaman ini beda-beda tiap orang, mungkin ada yang nyaman dengan sneakers, ada juga dengan boots atau Converse. Apa pun itu, pilih yang kuat dan tetap enak dipakai jalan jauh, ya.

9. Senter kepala

Daripada bawa-bawa senter biasa yang berukuran besar, mendingan bawa senter kepala atau headlamp. Ini berguna buat saat darurat, misalnya kamu nyasar tengah malam tengah hutan, gitu.

10. Folder plastik

Bisa untuk mengamankan dokumen dan uangmu dari tumpahan air, juga tetap menjaganya rapi di dalam tas. Perlu banget disiapkan kalau bakal trip panjang.

11. Dry bag

Ini berguna banget kalau kamu jalan-jalan ke laut, bisa memuat kamera, dompet, dan HP-mu. Bisa juga dipakai jalan sehari-hari pas lagi musim hujan. Modelnya ada yang ransel ada juga yang selempang, sesuaikan dengan kebutuhanmu.

12. Pakaian dalam sekali pakai

Bisa dibeli di mini market, ini berguna banget untuk membuatmu bawaan lebih ringan. Daripada dibiarkan bikin bau di dalam tasmu.

13. Tisu basah

Penolong di saat kamu ketumpahan kopi atau saus atau saat kamu enggak sempat mandi. Tinggal elap dan kamu langsung harum. Seharum tisu basah.

14. Kantong obat pribadi

Isinya sesuaikan dengan kebutuhanmu, tapi jangan lupa sertakan vitamin, balsam atau minyak angin, juga obat antimabuk.

15. Sendal jepit

Ini sepele dan mungkin bisa dibeli di tempat tujuan, tapi sendal jepit adalah penolong saat darurat. Saat kamu mau ke toilet atau mandi di tempat umum misalnya, enggak mungkin pakai sepatu atau nyeker, kan? Bisa juga dipakai kalau lagi hujan dan becek.

Sumber