Tukang Kopi Ini Nekat Jualan di Tengah-tengah Konser

Bagaimana perasaan kamu bila kamu lagi asik-asiknya nonton konser eh tiba-tiba ada tukang kopi tiba-tiba masuk ke area konser tanpa permisi menjajakan kopinya?

"Ya elah, ngapain nih tukang kopi tiba-tiba masuk ke sini?

"tu tukang kopi itu masuknya bayar gak ya?"

"Security mana sih security?"

"Si artis yang manggung gak keganggu tuh?"

Beberapa pertanyaan ini mungkin bakal muncul di benak penonton yang gak ngeliat kalo ada tukang kopi tiba-tiba masuk di ruang konser, apalagi ruang konser keren sekelas Gedung Kesenian Jakarta.

Mungkin ini satu-satunya pemandangan yang terjadi di sepanjang konser di Gedung Kesenian Jakarta, dimana ada tukang kopi masuk ke ruang konser.

Hal unik ini terjadi di tengah-tengah konser duo Senyawa, musisi eksperimental asal kota Gudeg, yang digelar Kemis (22/12) malam lalu.

Tapi tenang, si tukang kopi masuk ke gedung konser ini bukan tanpa sebab, tapi ini atas permintaan sang artisnya sendiri.

ooo jadi ini disengaja ya?

Iya, karena ini adalah adegan yang sudah disiapkan buat mengantarkan Senyawa pada lagu mereka yang berjudul "Kereta Tak Berhenti Lama".

Konsepnya luar biasa, penonton seolah disuguhin sama fragmen yang keren, yang pikirnya beneran, ternyata ini bagian dari pertunjukan. War biasahh Senyawa!

"Insiden tukang kopi" bukan satu dari gimmick atau hal-hal unik yang ada di konser Senyawa kemarin. Ada permainan cahaya dan video latar yang mendukung tiap komposisi yang mereka suguhin di satu jam lebih pertunjukan konser mereka yang diberi tajuk "Konser Tanah+Air" ini.

Berbekal olah suara dari Rully Sabhara serta bebunyian yang dihasilkan dari alat-alat musik eksperimental yang dibuat sendiri oleh musisi Wukir Suryadi, nampaknya menghipnotis ratusan orang yang hadir dalam konser malam itu.

Bunyinya harmonis, meski tak seharmonis musiknya Slank, tapi bagi MBDC yang awam dengan musik eksperimental macam gini, seperti ada sensasi tersendiri menikmatinya. Ada perasaan marah, sedih, macem-macem deh. Ini bukti bahwa bunyi tanpa lirik aja bisa menghipnotis.

Sayangnya, belum banyak orang yang bisa ngeh ada musik eksperimental seperti yang dimainin Senyawa. Ini sebabnya mereka lebih sering 'mentas' ke luar negri (menurut info udah lebih dari 30 negara), main bareng dan kolaborasi musisi-musisi keren dunia dari Damo Suzuki, Keiji Haino, Oren Ambarchi, Sun Ra Arkestra, Melt Banana, Death Grips, Trevor Dunn, Swans, hingga Bon Iver (tahu "Skinny Love" kan?).

Sebuah konser penutup tahun yang menarik dan berkesan. Mudah-mudahan generasi musisi eksperimental dalam negri gak cuma mentok di Senyawa aja ya, mudah-mudahan deh yang nonton bisa terinspirasi bikin musik-musik kaya gini, biar lebih beragam aja musik Indonesia.

Berikut ini foto-foto seru dari konser Senyawa kemarin,

Picture 1 of 7