Pilih Sendiri Mana Album Lokal Terbaik 2016 Versi Kamu

Tahun 2016 menyisakan banyak album yang bagus, meski secara jumlah tak sebanyak 2015 kemarin, namun setidaknya banyak diantara album lokal kita yang lumayan layak buat diberikan cap terbaik.

Tapi, MBDC kan bukan media musik, jadi kami gak punya kompetensi buat ngasih predikat terbaik. Nah, ada baiknya gimana kalo kamu aja yang nentuin mana dari 11 album di 2016 yang udah kami saring ini yang terbaik menurut kalian?

Pilih sendiri ya

1. Endank Soekamti - Soekamti Day

Album studio ketujuh trio pop punk asal Kota gudeg. Yang menarik dari album ini adalah proses rekamannya dilakukan di sebuah pulau di Lombok. Bahkan Erix Soekamti sendiri nge-take bassnya dari atas kapal, mungkin ini satu-satunya musisi yang nge-take bas di atas kapal. Ck! ck! ck!

2. Pee Wee Gaskins - A Youth Not Wasted

Absen 6 tahun, Pee Wee Gaskins kembali dengan album baru yang lebih cadas, baik segi produksi rekaman, songwriting dan lain sebagainya. Ibarat meja kayu jati yang kokoh, padat, nihil cacat, apalagi keropos.

3. Raisa - Handmade

Sebuah album dari Raisa yang selain keren dari musik, tapi juga kreatif sekaligus inovatif secara kemasan. Kaya gimana? Nih kaya video yang di bawah ini,

4. Sisitipsi - 73 %

Sebuah album dari generasi kesekian dari band-band IKJ yang seger, meski nuansa musiknya masa lalu, tapi liriknya kocak, bawaannya pengen ngumpul bareng temen-temen, melingkar :)

5. Tulus - Monokrom

Sebuah album terbaru dari tulus yang meski judulnya lebih ke karya satu warna, tapi musiknya tetap berwarna-warni, kaya lukisan.

6. Peonies - Landscape

Pendatang baru segar di arena indiepop lokal, beatnya seger, ramah di kuping. Cocok buat temen perjalanan dari pusat kota ke pinggiran.

7. Gerald Situmorang - Solitude

Setelah wara-wiri di Barasuara, bassist Gerald Situmorang akhirnya kembali ke fitrahnya sebagai gitaris dengan merilis solo perdananya. Kontemplatif, personal, intimate!

8.The Trees and The Wild - Zaman, Zaman

Lama absen, unit pop asal Jakarta kembali dengan kemasan musik yang mengawang-awang, ibarat melakukan seri perjalanan ke Ruang Angkasa, soundtrack keren buat film macam The Martian.

9. Petaka - Sebuah Dedikasi

Unit hardcore punk asal ibukota yang menggebrak blantika musik keras dengan 14 nomor, cocok menambah keceriaan ber-skateboarding ria di Kalijodo.

10. Elephant Kind - City J

Setelah beberapa mini album, akhirnya jadi juga album debut dari dance pop asal Jakarta ini, Sama kaya covernya "This album is gold"!

11. Indische Party - Analog

Rilisan terbaru dari revivalis musik enampuluhan. Anthem asik di bar, tapi cocok juga didengerin streaming kalo pas ngajak anjing peliharaan jalan-jalan di taman suropati.

Nah, dari sekian banyak album ini,

Mana album lokal 2016 favorit kamu?

  • Endank Soekamti - Soekamti Day
  • Pee Wee Gaskins - A Youth Not Wasted
  • Raisa - Handmade
  • Sisitipsi - 73 %
  • Tulus - Monokrom
  • Peonies - Landscape
  • Gerald Situmorang - Solitude
  • The Trees and The Wild - Zaman, Zaman
  • Petaka - Sebuah Dedikasi
  • Elephant Kind - City J
  • Indische Party - Analog

See Results