11 Lagu yang Sempet Bikin Geger Netizen Sepanjang Tahun 2016

Wah, gak kerasa udah mau Natal dan Tahun Baru aja ya.

Perasaan Tahun Baru baru kemaren, eh udah mau Tahun Baru lagi aja. Pasti kamu bakal bilang gitu ya menginjak bulan Desember.

Ya, gak kerasa begitu cepat hari berlalu sampe gak kerasa kurang dari 2 minggu lagi kita bakalan ganti tahun.

Gimana kabar tahuh 2016 kamu-kamu semua? Apakah bagus atau jelek nih ceritanya.

Sepanjang tahun 2016 ini sadar gak sadar kamu sebagai netizen pasti pernah geger gara-gara banyak hal, termasuk kalo denger lagu tertentu.

Nah, ngomongin soal lagu, kami punya 10 lagu di sepanjang tahun 2016 ini yang sempet bikin geger netizen, kaya kamu.

Penasaran? Yuk kita flashback!

1. Tahu Bulat 

Kira-kira di bulanb Februari, fenomena 'tahu bulat' makin menarik perhatian. Bukan hanya penemuan tahu bulat yang emang orang baru pernah liat, tapi juga gara-gara lagu jingle-nya.

Sang nempelnya lagu bulat sampe-sampe dibikin banyak versi

Dari yang versi Padalarang,

sampe ada versi reggae-nya,

sampe ada yang niat bikin lagu yang terinspirasi dari Tahu Bulat, dirilis label internasional pula. Ck! ck! ck!

Populer banget ya tahu bulat?

2. Azaz dan Fikri - "Yee Tu Hantu"

Kalo ini lagu dibawain band black metal, pasti ini bakal jadi lagu black metal paling serem yang pernah dibuat.

Liriknya lugas banget. Eh tapi meskipun iramanya Qasidahan, tapi tetep aja baca lirik plus nonton video musiknya tetep merinding sih. Takut jadi hantu, hiiiy

3. Nova Rizqi Romadhon - "Lelaki Kerdus"

Penyanyi cilik, Nova Rizqi menyanyikan lagu yang berisi curhatan (sekaligus pesan) tentang ayah yang meninggalkan ibunya, karena sang ayah menikah lagi.

Berlatar belakang irama Qasidah, lagu ini punya lirik yang sedih. Ketika menyebar di social media, lagu ini spontan bikin geger netizen.

4. Young Lex ft AwKarin - BAD

Gara-gara lagu ini lah, nama cewek milenials yang naik gara-gara drama di Youtube yang ditonton jutaan viewers ini jadi sensasi.

Lagu ini juga sekaligus menaikan sosok Young Lex sebagai rapper yang akhirnya kontroversional dan bikin geger netizen, khususnya netizen di dunia hip hop.

5. Young Lex Ft SkinnyIndonesian24 , Reza Oktovian , Kemal Palevi , Dycal - "GGS (Ganteng Ganteng Swag)" 

Di bulan Maret, sekumpulan Youtuber yang doyan musik hip hop, membuat lagu GGS (Ganteng-Ganteng Swag).

Muatan liriknya sih positif, meskipun ada beberapa lirik yang kurang sopan. Dari sini orang pengen tahu apa sih artinya Swag. Padahal kita udah tahu duluan.

6. Rae Sremmurd ft. Gucci Mane - "Black Beatles" 

Apa yang menjadikan lagu ini jadi fenomenal, sempet bikin geger netizen dan jadi lagu hits nomor 1 di Amerika di tahun 2016?

Kita udah tahu jawabannya,

Tidak lain tidak bukan gara-gara Manequin Challenge, yang jadi viral di Amerika, hingga di seluruh dunia. Dimulai dari awal November oleh sekumpulan anak kampus di Jacksonville, Florida, yang akhirnya merebak kaya virus sampe ke kampanye calon presiden Hillary Clinton dan yang terbaru ini di festival musik DWP.

7. Rapper Bunot - "Bocah Kampung"

Ketika lagu ini diunggah pada 14 November 2016, spontan lagu ini langsung jadi viral di social media.

Dengan lirik yang catchy "Bocah Kampung" sebenernya punya pesan kalo bocah kampung punya kegelisahan mereka sendiri atas lingkungnan gaya bocah kampung di sekitarnya. Selain itu pesan disampaikan juga positif, tentang cita-cita, hidup bersaudara, sampai rajin menabung, mengaji dan sebagainya, termasuk mengkritik koruptor juga lho.

8. Anji - "Dia" (AHYcover)

Lagu aslinya sih sebenernya udah beredar lama, tepatnya April 2016, cuma memang gak ada yang ngeh banget kalo yang nulis dan nyanyiin adalah Anji. Tidak gara-gara video yang bikin geger netizen ini,

Nah, baru deh gara-gara dipopulerin sama AHY untuk sang istri, Annisa yang tengah berulang tahun, lagu ini langsung naik daun lagi. Bukan cuma lagunya yang naik daun, sampe-sampe gitaris pengiring AHY juga sempet naik daun lho.

9. Awkarin - "Candu"

Buntut dari video musiknya Awkarin yang tampil bersama Young Lex di lagu berjudul "Bad" yang mana, menuai kontroversi dan komentar negatif di dua juta umat netizen,

Si gadis millenials ini kembali dengan video debutnya yang bertajuk "Candu". Komentar netizen bikin gengges, yang pastinya gak jauh beda sama di video "Bad" yang ngomongin baju jaring, kalo di "Candu" pada rame ngomongin 'jilat perangko'

10. Sari Roti 

Heran, padahal lagu jingle Sari Roti udah sering banget kita dengerin secara pagi-pagi kita sering banget makan Sari Roti yang selalu dijual oleh abang-abang tukang roti Sari Roti yang muter keliing komplek.

Daaan, gara-gara Demo 212 alias Wiro Sableng yang kejadian di Ibukota beberapa waktu lalu, nama Sari Roti langsung beken lagi dan orang-orang mulai banyak ngulik lagu ini.

eh, ada versi remixnya lagi,

11. Om Telolet Om

Yang ini rada absurd sih, sebuah fenomena yang udah muncul sekitar 8 bulan yang lalu, cuma gak tahu kenapa jadi viral dan naik lagi sekarang.

Tuh kan, sampe-sampe masuk website internasional sekaliber Billboard.com lho, cuma gara-gara para DJ internasional dari Zedd, Martin Garrix sampai The Chainsmokers ngetwit nanyain tentang Om Telolet Om.

Tuh, jelas kan sepanjang tahun 2016 ini ada lagu apa yang populer dan bikin geger netizen? Seru ya tahun 2016 ini. Mudah-mudahan tahun 2017 tambah seru lagi ya.