10 Lagu-Lagu Britpop Underrated Tapi Enak Banget Buat Dikulik

Kalo Indonesia punya lagu kebangsaan "Indonesia Raya", tapi buat kamu anak indies pasti udah hafal banget sama 'lagu-lagu kebangsaan' nya. Contohnya aja kaya "Wonderwall"-nya Oasis, "Creep"-nya Radiohead, "Song 2"-nya blur, "Disco 2000"- Pulp, dan lain sebagainya. Kalo sampe kamu gak tahu lagu ini, wah sepertinya kamu musti tes dulu seberapa indies kah kamu

Nah, tapi saking hafalnya kamu sama lagu kebangsaan ini, kamu jadi ngerasa lagu ini terlalu overrated. Hafalan banget lah. Padahal nih, selain lagu-lagu kebangsaan yang populer di atas, ada juga lho lagu-lagu britpop/indies yang underrated tapi enak banget buat dikulik, buat dimainin pas lagi ngeband atau sekadar gitaran aja Minggu siang sambil ngeliat cuaca di luar yang mendung.

Nah, pas banget nih, kontributor Malesbanget, Adimart Arminadi punya 10 lagu britpop yang meskipun underrated tapi enak banget buat dikulik,

1. Blur - "Sweet Song" 

Terdapat di album Think Thank, "Sweet Song" merupakan lagu yang sesuai judulnya, manis. Musiknya yang lembut ditambah vokal Albarn yang kalem cocok banget didengerin bareng gebetan, apalagi main gitar didepannya.

2. Oasis - "Little James" 

Lagu kalem ini ada di album Standing On The Shoulder Of Giants yang merupakan album paling tidak laku milik Oasis. Tapi jangan salah, album ini memiliki materi yang cukup mumpuni untuk band sekelas Oasis. Buru deh dikulik!

3. Pulp - "Dishes" 

Dengerin lagu ini dinyanyiin sama Om Jarvis itu bisa bikin meleleh. Single yang terdapat dalam album This is Hardcore ini emang romantis banget liriknya. Paslah buat dijadiin modus ngegebet gebetan kamu. Sadis kan? Makanya buruan dikulik. Kalo dari videonya sih, kayanya maennya dari F deh

4. Suede - "This Time" 

Dengerin lagu ini bisa bikin kamu baper, apalagi ngedengerinnya di dalem mobil sore-sore pas pulang kerja terus kamu kangen sama keluarga kamu. Lagu ini ada di double album Scifi - Lullabies. Boleh banget dikulik.

5. Radiohead - "Last Flower" 

Mungkin ini termasuk salah satu single Radiohead yang paling sendu dan emosional. Vokal Thom Yorke terasa lirih di sini. Apalagi musiknya cuma piano & gitar akustik. Tambah baper deh. Terdapat di album In Rainbows disc 2.

6. Supergrass - "Tales Of Endurance (Parts 4, 5 & 6)" 

Kalau biasanya Supergrass terkenal akan musiknya yang ceria, berbeda dengan lagu ini. Terlihat banget tingkat kedewasaan mereka baik di lirik maupun di musik. Single ini terdapat di dalam album Road to Rouen yang kelam.

7. Morrissey - "America Is Not The World" 

Lagu yang terdapat di dalam album You Are The Quarry ini emang cocok banget buat ngegambarin hasil pilpres Amerika kemarin. Walaupun ada beberapa lirik yang sudah tidak relevan dengan Amerika sekarang.

8. The Smiths -"Asleep" 

Gaya vokal Morrissey yang sendu gelisah ditambah musik dan lirik yang depresif bikin Asleep jadi lagu yang cocok didenger pas kamu lagi galau. Tapi inget be positif yah guys. Lagu ini ada di album The World Won’t Listen.

9. Manic Street Preachers - "Sex, Power, Love And Money"

Diantara semua lagu yang ada di list, cuma lagu ini yang berapi-api baik dari lirik maupun musiknya. The Manics emang dikenal sebagai band yang suka menyuarakan isu-isu politik. Terdapat dalam album Futurology, album yang mendapat respon bagus dari kritikus.

10. Coldplay - "Brothers & Sisters" 

Jauh sebelum Coldplay kehilangan arah seperti sekarang, mereka sempat punya single yang cakep. Masih dengan musik orisinil mereka, lagu ini seperti sequel dari "Yellow" dan "Shiver". Sayangnya lagu ini hanya B-side dan tidak ada dalam rilisan album mereka. Tapi bukan berarti gak asik buat dikulik kan?

Gimana guys? Oke-oke ngga playlistnya? Boleh tambahin kalo ada lagu britpop/indies underrated lainnya yang lebih keren.