Kirain Umur 20-an Itu Seru, Gak Taunya Ada 7 Hal Ini yang Berhasil Bikin Kamu Kaget

YASSSS~! Ulang tahun ke-20 baru aja dijalani. Masuk usia 20, kamu merasa seperti orang dewasa yang bahagia. Tapi, tunggu sampe kenyataan bikin kamu kaget sendiri. Kirain seru, gak taunya... Kok gini sih????

1. Cari Duit

Namanya juga usia produktif. Sayang aja sementara punya banyak tenaga dan stamina tapi gak dimanfaatkan untuk cari uang. Sebelum milih jurusan kuliah aja juga udah kebayang-bayang kerja apa. Tapi kenyataannya.... Kenyataan seolah menampar. Woi sadar. Nyari duit susah tauk.

2. Liat Temen Nikah Mewah

Kalo yang nikah dibayarin orang tua sih gak perlu kaget. Tapi yang pake duit sendiri itu tuh yang bikin kaget. Padahal pacar sama-sama punya, keinginan nikah juga ada, tapi kok modal bisa beda? Kenyataan itu pahit ya. Ujung-ujungnya cuma bisa nyesel kenapa gak nabung dari dulu.

3. S2 di Luar Negeri Gak Semudah Keliatannya

Kuliah di luar negeri memang cita-cita umum yang dimiliki nax gawl. Tapi, pas dulu SMA kan belum ngerti tuh gimana caranya, dan modalnya juga gede banget kalo S1 langsung ke luar negeri. Makanya kebanyakan dari kamu nunggu entar aja S2 yang kuliah di luar negeri, dan pake berprinsip harus pake duit sendiri segala. Nyatanya, meh, boro-boro nabung buat S2, beli sepatu keds aja dicicil tiga bulan.

4. Dari Umur 20 ke 30 Itu Cepet Banget

Emang gitu sih, pas kecil pasti kamu pengen cepet-cepet gede. Pengen buru-buru bisa punya kontrol ke semua hal tanpa diintervensi siapapun termasuk orang tua kamu. Tapi nyatanya, umur 20-an itu susah untuk dinikmati karena berlalunya cepet banget. Perasaan baru kemaren lulus kuliah, eh bulan depan udah ulang tahun ke 28 aja. Sampe kaget jadinya.

5. 24 Jam Gak cukup

Sekeras apapun kamu berusaha, ternyata waktu 24 jam yang kamu (dan orang-orang di seluruh dunia) miliki itu gak akan cukup untuk melakukan semua to-do list kamu hari itu. Sehari bagaikan ilusi semata. Cepet banget deh berlalunya. Terakhir liat jam itu masih jam 10 pagi, eh tau-tau udah jam lima sore.

6. Mahalnya Liburan

Selama ini kan kamu liburan ke sana-sini enak-enak aja karena kamu gak mikirin apa-apa kecuali baju apa yang mau kamu pake di hari kedua, atau sendal apa yang cocok sama topi pantai yang baru kamu beli. Tapi setelah liburan bayar sendiri..... Kok ke Bandung dua hari aja mahal banget ya?

7. Quarter Life Crisis

Kalo selama ini kamu ngerasa orang yang ngalamin so-called quarter life crisis itu lebay dan hanya mitos semata, kamu akan kaget saat kamu mengalaminya sendiri. Kayak kehilangan arah dan tujuan, gak tau harus gimana, gak tau juga mau minta tolong ke siapa. Sulit memang.

Nah kan. Setelah dewasa jadi tau kalo tumbuh besar itu gak semenyenangkan yang kamu liat waktu kamu bocah dulu. Kalo udah kayak gini, pengen gak sih balik lagi ke masa kecil?