5 Air Terjun Keren yang Wajib Kamu Kunjungi di Bali Tengah dan Utara

Ngomongin Bali pasti bakal membuat kita langsung teringat sama laut biru dan turis-turis bule yang berjemur di pinggir pantai. Memang, sih, itulah salah satu daya tarik utama Bali, apalagi di wilayah selatan Bali.

Nah, kalau bosan dengan laut dan enggak pengin kulit gosong karena sinar matahari mentereng, mungkin ini saatnya kalian bergeser ke Bali Tengah dan Bali Utara. Hah, emangnya di sana ada apa?

Ada banyak, mulai dari alam yang sejuk, lautan biru, hingga puluhan air terjun!

Kebanyakan air terjun di Bali Tengah dan Utara ini masih sangat alami dan asyik untuk didatangi, kalau datang di waktu tertentu juga pasti pengunjungnya lebih sepi dan kamu bisa menikmati suasana dengan bebas.

Berikut ini adalah 5 air terjun yang bisa kamu kunjungi saat traveling ke Bali Tengah dan Utara.

1. Air Terjun Blemantung

Terletak di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, air terjun ini berjarak sekitar 70 km dari Denpasar, butuh waktu perjalanan 2 jam mencapainya. Karena terletak di wilayah Bali Tengah yang terkenal dengan alam serta persawahannya yang membentang luas, mata kamu bakal seger sepanjang hari lihat yang ijo-ijo.

Nah, Air Terjun Blemantung ini berada di antara perkebunan kopi yang subur, dengan ketinggian mencapai 50 meter, kamu akan terpukau dengan keindahan air terjun ini. Jangan lupa siapkan baju ganti karena dijamin kamu bakal loncat ke air!

2. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit adalah salah satu air terjun yang sangat populer di Bali. Lokasinya yang strategis, dilewati oleh jalan raya menuju Bedugul dan Singaraja, membuat akses ke air terjun ini sangat mudah. Terletak di Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, jarak air terjun ini dari Denpasar sekitar 66 km dan 16 km dari Kawasan Wisata Bedugul.

Kalau berencana berkunjung ke Bedugul dan melihat pura di tengah danau, jangan lupa juga mampir ke Air Terjun Gitgit. Kondisi jalan menuju objek wisata alam ini sudah bagus, kita tinggal menuruni tangga menuju air terjun. Ada beberapa air terjun yang bisa dikunjungi di sini, antara lain Air Terjun Campuhan (Air Terjun Gitgit), Air Terjun Mekalongan, dan Air Terjun Beringkat. Jarak antara ketiganya tidak terlalu jauh, kita hanya perlu lanjut berjalan kaki beberapa ratus meter. Di bawah Air Terjun Gitgit juga terdapat kolam yang bisa direnangi, yang penting ingat selalu dengan keamanan saat bermain air.

3. Air Terjun Munduk

Sesuai namanya, air terjun ini berada di Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Jaraknya sekitar 70 km dari Denpasar atau 20 km dari Kawasan Wisata Bedugul. Desa Munduk berada di dataran tinggi, karena itu udaranya sangat sejuk dan cocok dijadikan destinasi wisata alam. Air Terjun Munduk berada di antara perkebunan penduduk, perlu berjalan kaki sekitar 200 meter dari tempat parkir untuk mencapainya.

Walaupun tidak terlalu tinggi, hanya mencapai 15 meter, keindahan Air Terjun Munduk tidak kalah dengan air terjun lainya di wilayah utara bali.

4. Air Terjun Aling-Aling

Air Terjun Aling-Aling berada di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, tepatnya sekitar 11 km dari pusat Kota Singaraja atau sekitar 80 km dari Denpasar. Untuk mencapai air terjun setinggi 35 meter ini, kita harus menuruni anak tangga sejauh beberapa ratus meter. Di sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi dengan view alam dan persawahan yang menyegarkan.

Air Terjun Aling-Aling terlihat sangat indah karena berada di antara tebing-tebing tinggi dengan pepohonan serba hijau.Di bawahnya juga terdapat kolam cukup dalam yang bisa direnangi sepuasnya. Yang penting, perhatikan selalu langkah saat menginjak batu karena biasanya cukup licin.

5. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul semakin populer belakangan ini karena kealamian dan keindahannya. Jalan menuju air terjun ini cukup jauh, daritempat kaki kita harus menuruni jalan sempit dan tangga ke bawah. Tapi, air terjun ini sangat indah karena memiliki sekitar 7 air terjun yang letaknya terpisah-pisah.

Air Terjun Sekumpul cukup tinggi, ada yang mencapai 80 meter dan menimbulkan suara deburan yang sangat kencang. Pengunjung boleh saja berenang atau bermain air di sini, tapi ingat selalu untuk menjaga keselamatan diri. Air Terjun Sekumpul kini semakin dikenal orang luar, tak hanya masyarakat di sekitar desanya.

Karena itu, kalau ingin berkunjung ke Air Terjun Sekumpul, dan juga air-air terjun lainnya, ingat selalu untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan alam di sekitarnya.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi kelima air terjun di Bali Tengah dan Utara di atas? Kalau kamu pernah berkunjung ke sana atau punya pengalaman seru dan ingin merekomendasikan air terjun keren lainnya, boleh banget tinggalkan komentar di bawah.