[INFOGRAFIS] Cara Mengelola Uang Jajan Bulanan

MBDC udah tau lah yang namanya mengatur keuangan itu susah-susah gampang. Selalu jadi permasalahan banyak orang, gak terkecuali kamu yang masih nerima uang jajan bulanan dari orang tua. Makanya nih MBDC mau bantuin kamu, cara mengelola uang jajan bulanan. Simak!

Awal Bulan

Karena MBDC paham di saat-saat seperti ini kamu pasti tergoda buat foya-foya. Secara kan uang kamu lagi banyak-banyaknya. Tapi jangan dihabisin semua buat kesenangan. Kamu sisihin buat tabungan sama belanja bulanan. Biar setelah itu hidup kamu juga tenang. Di awal bulan kamu juga dipersilahkan buat makan enak dan beli barang-barang yang udah kamu incer dari lama. Kelihatan dari uang yang disisihin buat makan sampe tujuh belas persen. Paling gede sendiri tuh.

Tengah Bulan

Di tengah bulan uang buat makan sengaja diturunin, soalnya disisihin buat uang transport. Ya, kalau kemarin kamu udah makan enak, sekarang giliran kamu memanjakan tubuh dengan naik transport yang biayanya lebih mahal. Misalnya kalau sebelumnya kamu ke mana-mana naik bus, sekarang gantian naik ojek atau taksi. Apalagi kalau kamu udah mulai sering pulang malem karena keasikan nongkrong, atau udah mulai susah dapet tebengan kan.

Akhir Bulan

Gak bisa dipungkiri, tapi emang begini kenyatannya. Tapi MBDC tetep gak ngebiarin kamu makan obat maag di akhir bulan kok. Makanya tuh kamu lihat masih ada sekitar delapan persen buat uang makan. Tapi kenapa gak ada uang buat nongkrong ya? Soalnya temen-temen gak ada yang bisa diajakin juga tanggal segitu. Karena duit mereka udah habis, kalau kamu sih masih cukup. Malah  ada lebihnya tuh dua persen buat jaga-jaga.

Ya udah gih langsung praktekin aja. Mumpung baru dapet kiriman kan dari papa mama.