Hakim Ketok Palu, Led Zeppelin Menang di Pengadilan

Akhir-akhir ini, kalo ngomongin band rock legendaris yang namanya Led Zeppelin, pasti lagi hangat-hangatnya sidang kasus plagiarisme yang menimpa band ini atas lagu "Stairway to Heaven", sebuah mahakarya Led Zep (begitu band ini sering disingkat) yang ditengarai adalah hasil jiplakan dari lagu "Taurus" milik band bernama Spirit.

Seperti yang dikutip dari Rolling Stone, di hari ketujuh sidang, tepatnya pada Kamis (23/06) lalu, hakim ketua Gary Klausner akhirnya mengetok palu sebanyak tiga kali dengan putusan lagu "Stairway to Heaven' adalah murni hasil karya Led Zeppelin dan bukan plagiat dari lagu "Taurus" milik Spirit seperti yang dituduhkan.

Putusan ini bukan tanpa sebab, pengacara Spirit, Francis Malofiy sendiri pasalnya juga gak bisa ngebuktiin bahwa Led Zeppelin melakukan tindakan penjiplakan.

Gitaris Jimmy Page dan vokalis Robert Plant dari Led Zeppelin mengaku puas atas putusan hakim, ia senang bahwa akhirnya kasus ini berakhir baik. Label mereka, Warner Music Group pun menyatakan hal yang sama.

Sementara menanggapi putusan hakim, dari pihak Spirit, pengacara Francis Malofiy tetap menghormati putusan akhir itu, meski dirinya sendiri tetap kecewa.

Perlu diketahui bahwa sedang pengadilan Led Zeppelin vs Spirit ini dimulai sejak Selasa (14/06) lalu. Pengacara Spirit, Francis Malofiy sendiri sudah lama mengajukan kasus plagiarisme ini, tepatnya dari bulan Mei 2014. Wah udah lama juga ya?

Nah, bagi yang penasaran, kek gimana lagu Led Zeppelin "Stairway to Heaven" yang ditengarai sebagai plagiat dari lagu "Taurus" dari Spirit? Nih dengerin yuk

Ini lagu "Stairway To Heaven" milik Led Zeppelin

Dan ini lagu "Taurus" milik Spirit

Masih belum yakin kalo sama? Nih ada orang yang coba bandingin dengan mainin langsung di gitarnya. Coba liat deh,

Menurut kamu sama persis gak?

  • Mirip doang sih, tapi gak plek sama
  • Kayanya sama deh

See Results