7 Hal yang Dibeli Cuma Pas Lebaran dan Alasannya

Lebaran di Indonesia identik banget sama segala hal yang serba baru. Maka tren belanja jelang Lebaran akan selalu ada tiap tahunnya. Semua orang akan beli ini itu buat dipake pas Lebaran doang. Karena setelah Lebarannya selesai, barang-barang itu akan tersimpan gitu aja. Nah, berikut 7 hal yang pasti dibeli pas Lebaran.

Kaftan

Pertama tentu adalah baju baru, tapi buat cewek-cewek baju baru itu adalah kaftan. Biasanya kaftan dipake khusus pas hari pertama Lebaran, mulai dari pas pergi solat Ied sampe acara salam-salaman. Kenapa perlu banget beli Kaftan? Ya biar kelihatan lebih rapi dong, udah gitu biar seragaman juga sama anggota keluarga yang lain. "Kan masih ada kaftan yang lama?" Kan tadi udah dibilangin alasannya biar seragaman sama yang lain, kalau dia pake yang lama, nanti beda dong. Lagian emang kamu gak tau ya, di sini tuh ada peraturan gak tertulis yang harus dipatuhi, pantang hukumnya buat pake baju yang sama di lebaran berikutnya. Tapi dengan gitu, berarti abis ini gak akan dipake lagi. Kan tiap tahun ganti.

Kue Lebaran

Selain karena di hari biasa jarang yang jual, sementara bikin sendiri kadang males ya. Jadi kue nastar dan kawan-kawannya pasti gak pernah absen tuh, akan selalu dibeli tiap kali Lebaran. Tujuannya biar meja tamu gak kosong dong, apalagi kan hari lebaran gitu pasti banyak sodara yang dateng. Gak enak kan kalau diliat gak ada cemilan sama sekali. Walaupun biasanya kue-kue ini akan tetep kalah saing sama opor ayam dan ketupat sih.

Mukena

Entah kenapa, ibu-ibu selalu merasa perlu banget buat beli mukena baru tiap kali Lebaran? Udah gitu bukan mukena yang sembarangan lagi, alias yang harganya mahal banget. Kalau perlu yang dijahitnya pake benang emas. Padahal mukena ini pasti cuma dipake pas solat Ied doang, abis itu ditaro aja deh di lemari. Alasannya sayang, takut rusak. Lah ngapain dibeli kalau bukan dipake? Ya semoga sih bukan cuma pengen pamer ke tetangga doang.

Sarung

Hampir sama kayak mukena, dibeli buat dipake buat solat Ied doang. Karena buat hari-hari biasa, pake celana panjang aja merasa udah cukup. Tapi selain buat solat, biasanya orang beli sarung pas lebaran buat hadiah THR juga sih. Makanya kamu gak akan lihat tuh orang belanja sarung di hari biasa. Orang bagi-bagi THRnya setahun sekali.

Sajadah

Karena ini termasuk perlengkapan solat juga, jadi orang-orang pasti akan beli sejadah pas Lebaran. Gak lengkap dong kalau cuma sarung atau mukenanya yang baru. Sejadahnya juga harus baru. Biar dari ujung kaki sampe ujung kepala semua baru. Walaupun lagi-lagi setelah solat Ied, sejadah mahal ini akan tersimpan rapi di dalam lemari. Karena buat di rumah pake yang biasa aja lah.

Uang

Kapan lagi kamu bisa lihat orang beli uang pake uang? Cuma ada di Lebaran Idul Fitri doang. Karena banyak orang pengen bagi-bagi THR, akhirnya momen inilah dijadikan peluang oleh sebagian orang buat nyari nafkah dengan menawarkan jasa tukar uang receh. Tapi kata MUI ini haram lho.

Apapun yang Ada Embel-Embel Lebaran

Pada akhirnya semua yang ada embel-embel Lebaran, biasanya akan dipake cuma pas hari raya itu aja. Setelah itu dia harus terima nasib kalau mengendap di lemari, di gudang, atau bahkan dijual lagi. Lagipula kalau mau beli di hari biasa, kamu juga pasti mikir dua kali kan? Orang gak ada uang THR.

Kamu punya kebiasaan kayak di atas gak? Beli barang-barang ini cuma pas lebaran doang. Kalau ada yang belum disebutin, tambahin di bawah dong. Biar rame.