Shaggydog Siap Menggoyang Festival SXSW 2016

Di tengah sibuknya jadwal panggungnya di dalam negri, kumpulan musisi asal Jogja, Shaggydog memberitakan sebuah kabar yang bikin kaget sekaligus bangga. Yes, kira-kira 10 hari lagi mereka bakal cabut ke Austin, Texas, Amerika Serikat buat memenuhi undangan main di festival bergengsi di sana yang bertajuk The South by Southwest (SXSW) Music Conference & Festival  yang digelar 15-20 Maret nanti

SXSW sendiri bukan festival sembarangan. Festival ini adalah sebuah perhelatan akbar insan musik yang digelar tahunan di Austin. Event ini selalu dinantikan, dimana ada sekitar 30.000 praktisi hiburan serta 3000 media massa yang berpartisipasi dalam festival yang sudah digelar sejak 1987 ini.

Semua hal yang terkait dengan industri musik dan hiburan tumpah ruah di event ini, mulai dari perusahaan pembuat alat musik, kritikus musik dan film, promotor, label, publisher, percetakan yang membuat kover album, sampai rumah produksi film, semuanya ada.

Belum lagi dari bandnya. Nama-nama seperti Metallica, Coldplay, Justin Timberlake, Prince, Bruce Springsteen, Norah Jones, Iggy Pop, Green Day, Johnny Cash pun pernah main di sini. Figur penting dalam dunia hiburan juga banyak yang jadi pembicara di panel diskusi musik SXSW dari Elliott Mazer (produser Neil Young), Tony Brown (MCA Records) sampai David Fricke (majalah musik Rolling Stone). Belum lagi bintang film dari Sandra Bullock,Paul Walker, Ethan Hawke, Elijah Wood sampai sutradara sekelas Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez pernah menjadi talent dan pembicara di panel diskusi film SXSW. Meriah, bukan?

SXSW via facebook.com

Jadwal Shaggydog di SXSW

Tahun 2016 ini, SXSW bakal dimeriahkan oleh band-band dari Mercury Rev, NOFX, Jamie XX dan masih banyak lagi. Shaggydog sendiri dijadwalkan akan bermain 2 kali yaitu di hari Kamis 17 Maret 2016, pukul 8 malam di Flamingo Cantina (515 E 6th St) serta di hari Sabtu 19 Maret 2016 pukul 9 malam di Russian House (307 E 5th St).

Shaggydog menjadi band Indonesia ketiga yang main di festival SXSW ini. Di tahun-tahun sebelumnya, band seperti The S.I.G.I.T dan White Shoes And The Couple Company pun pernah mencicipi panggung festival ini.

Dalam sejarah main ke luar negeri, Shaggydog cukup makan asam garam, mereka pernah 2 kali diundang tur ke Belanda. Tahun 2009, mereka pernah diundang ke Australia. Ini bukti bahwa musik Shaggydog bisa diterima tak hanya di pendengar musik tanah air, namun juga meluas dalam skala internasional.

Info terbaru mengenai SXSW 2016 bisa diakses melalui: http://www.sxsw.com/

Buat yang penasaran seperti apa penampakan SXSW tahun ini, nih cuplikannya