Menyambut GMT dan Nyepi, Matajiwa Rilis Single Baru

Rabu (9/03) besok bakal ada peristiwa yang menting, pertama adalah Gerhana Matahari Total (GMT),  Fenomena ini akan melintasi 12 provinsi di Indonesia pada pagi hari dengan durasi 1,5-3 menit. Bersamaan dengan fenomena alam tersebut, berlangsung juga sebuah Hari Besar Keagamaan bagi umat Hindu (khususnya di Indonesia) yaitu Nyepi. Nyepi punya tujuan untuk memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/ microcosmos) dan Bhuana Agung (alam semesta/ macrocosmos).

Demi perayakan peristiwa penting tersebut, duo Anda Perdana dan Reza Achman yang bernaung dalam bendera MATAJIWA merilis single baru mereka untuk diperdengarkan kepada pendengarnya di seluruh tanah air. Adapun single yang berjudul "INTI" ini telah dirilis pada hari ini, Selasa (8/03) serentak di beberapa radio di Indonesia, tepat pukul 15.00.

"Waktu tersebut kami pilih guna menghormati semua ritual yang akan dilaksanakan esok hari (perayaan Gerhana Matahari dan hari Raya Nyepi)," ungkap mereka dalam siaran persnya.

MATAJIWA menulis lagu "INTI" terinspirasi dari festival matahari yang bernama Inti Raymi, sebuah perayaan suku Inca yang sarat akan nuansa religius. Inti dari lagu “INTI” adalah ode untuk memahami peran matahari secara holistik dan kemudian diaplikasikan ke dalam kehidupan umat manusia. Berat banget ya? Gak juga sih, kan kita sendiri juga udah tahu arti matahari dalam kehidupan kita.

"Itu (lagu ‘INTI’) sebenarnya penggambaran dari sebuah penilaian baik dan buruk, pro dan kontra, atau apapun yang berlawanan. Dia (matahari) gak pernah punya niat untuk niat mendiskriminasi atau membuat salah satu pihak merasa susah ataupun senang, karena semua udah ada jatahnya masing-masing. Kebiasaan manusia kan pada umumnya menghakimi, jadi di lagu itu poinnya adalah gak perlu mendiskriminasi seseorang selama orang itu gak bikin susah orang lain," ujar gitaris/vokalis Anda Perdana. 

Oiya, single "INTI" ini ada dalam album perdana mereka bertajuk 1 yanng diriils dalam dua seri pada kurun 2013 - 2014. Pada tahun 2015, Album  “1” menduduki peringkat pertama di majalah Rolling Stone Indonesia bulan Januari. Masih di tahun yang sama, album tersebut juga masuk ke dalam nominasi Album of the Year pada ajang Indonesia Choice Awards. Selain album, Matajiwa juga merupakan nominasi Group/ Band or Duo of the Year di ajang yang sama.

Penasaran dengan lagunya? Simak video musiknya berikut ini,

Kalo bumi ini gak ada matahari, menurut kalian gimana

  • gelap - gelapan asik dong
  • wah kalo bisa jangan, butuh banget matahari
  • masa mau gelap terus, perlu terang juga sih kalo pas jalan-jalan
  • matahari adalah inti kehidupan

See Results