8 Pertanyaan Seputar Twitter yang Bikin Penasaran Tapi Kamu Gak Tau Mau Tanya ke Siapa

Yeay Twitter ulang tahun yang ke-10! Kamu pasti punya Twitter kan? Apa kamu bahkan udah gak pake Twitter lagi? Hmm, gimana pun Twitter memang menyimpan kenangan ya. Banyak juga pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab —atau kamu males nyari sendiri, yang masih ngegantung sampe sekarang. Bingung tanya sama siapa? Gak usah ditanya juga MBDC mau bantuin jawab kok.

1. Kenapa Logonya Burung?

Kamu pasti mikirnya: "Karena namanya Twitter," maka logonya burung ya? Masuk akal kan kalo dipikir dengan logika: burung berkicau mengeluarkan suara chirping atau tweeting, maka nama Twitter pas bila digambarkan dengan sebuah burung?

Memang itu betul, tapi ternyata burung bukanlah logo awal Twitter. Twitter awalnya diberi nama Twttr, merujuk dari short-codes 5 angka untuk SMS di Amerika sana, dan juga karena waktu itu domain twitter.com udah ada yang pake. Jadi setelah 6 bulan berjalan, baru deh domain tersebut dibeli dan mereka menggunakan logo Twitter.

Twitter_logo via freelargeimages.com

Logo Twitter

Baru abis itu berevolusi sedemikian rupa sehingga logonya jadi gambar burung.

Twitter_logo_blue via roiinvesting.com

Larry

Nah ternyata si burung juga punya nama sendiri lho. Dia diberi nama Larry the bird karena si co-founder Twitter, Biz Stone, ngefans sama Larry Bird, seorang pemain NBA dari Boston Celtics.

larry-bird via mashable.com

Larry the Bird

Gitu.

2. Kenapa Warna Biru Dominan Banget di Twitter?

Kalo kamu perhatiin, hampir setiap media sosial pake warna biru. Sebut saja Facebook, Instagram, hingga LinkedIn. Dengan biru yang berbeda-beda, mereka tetep aja menggunakan biru. Ternyata ada nilai psikologi tertentu lho di balik warna biru. Warna biru melambangkan intelektualitas, kejernihan, komunikasi, dan ketepatan. Tujuannya sih supaya konsumen (pengguna) menghabiskan waktu lebih banyak.

3. Kenapa Cuma 140 Karakter?

new-tweet via twitter.com

Tuh, cuma mentok sampe 140 doang

Nah karena pada awalnya si pencipta Twitter itu pengen nyediain sarana yang asik untuk kabar-kabaran seasik SMS-an, maka sesuai dengan karakter yang bisa muat dalam satu buah SMS yaitu 140 karakter, satu tweet dalam Twitter juga jumlah karakternya disamain dengan SMS. Makin ke sini makin banyak juga sih yang menyediakan fasilitas biar kamu bisa ngetwit lebih dari 140 karakter seperti contohnya dengan TwitLonger.

4. Kenapa Kalo Gak Pasang Profile Picture di Twitter Default-nya Itu Telor?

twitter-egg via rebeccapandit.files.wordpress.com

Telor merah, yang slalu memabukkan diriku kuanggap~

Tentu kamu tau kan kalo burung itu binatang ovipar? Nah kalo belum pasang profile picture kayak misalnya pas baru bikin banget akun, dianggapnya masih newbie, masih baru, atau bisa dibilang masih bayi lah kalo manusia mah. Makanya digambarkan dengan bayi burung, yaitu telor. Setelah ganti profile picture juga itu dianggapnya telornya menetas yang berubah jadi foto kamu.

5. Ikan Pausnya ke Mana?

Kamu yang main Twitter dari pertama kali Twitter ada, pas masih baru bisa di komputer doang, pasti nyadar deh kalo Twitter sering banget over-capacity, mungkin pas server Twitter belom secanggih sekarang kali ya. Nah kalo lagi over-capacity gitu tuh suka muncul paus yang kiyut banget lagi diangkut sama burung. Tapi sekarang udah gak ada... Sedih deh.

6. Kenapa Punya Akun Twitter Kalo Harus Digembok?

protected-acc via tecnobitt.com

Digembok

Mungkin banyak yang mikir kayak gini ya. Tapi masuk akal gak sih kalo punya akun media sosial tapi pake digembok? Terus buat apa punya dong? Yaaa memang kalo misalnya kamu baru bikin akun kan pasti secara otomatis akun kamu itu sifatnya publik dan bisa diliat oleh 300 juta akun yang aktif. Kalo kamu tujuannya punya Twitter cuma buat ngobrol-ngobrol sama keluarga, temen-temen deket, terus untuk mcro-blogging alias curhat, ya gak apa-apa juga kalo mau private. Males juga kan diliat orang banyak yang gak dikenal pula.

7. Kenapa Doi Belum Folback Juga Sih?

follow-me-on-Twitter-please via naotg.wpengine.netdna-cdn.com

Plis plis plis

Mungkin itu kesalahan bukan ada di orang yang gak mau follow kamu balik, tapi ada di kamunya. Kalo kamu maksa minta follow ya lama-lama kan bakal ngeselin juga. Jadi ibaratnya, folback itu sama kayak respect; earned, but not given. Camkan itu, kisanak.

8. Kenapa Sejak Ada Path Sekarang Twitter Jarang Dipake Orang Indonesia?

Pasti kamu bertanya-tanya juga tentang hal ini.

Jawabannya cuma satu. Karena di Path bisa lebih pol sombong dan pamernya.

pamer via pbs.twimg.com

Merah semua nih ye

Coba bayangin ngeupload foto di Twitter, udah gak keliatan berapa orang yang ngeliat foto itu, gak tau berapa orang yang suka/gak suka udah gitu gak tau respon apa aja yang mereka berikan (komentar jahat, mendukung, atau mencekal gitu misalnya). Gak asik banget kan. Makanya Twitter sekarang dipake untuk jadi sarana nyari berita terbaru aja deh.

Kamu sendiri punya pertanyaan gak untuk Twitter? Pertanyaan apa yang paling bikin kamu penasaran dan belum terjawab sampe sekarang? Coba kamu tanya Google deh. Kemungkinan besar kamu akan dapet jawabannya. Amin.